Slider

New Info

Wisata Malang

Kuliner Malang

Life & style

Games

Tips & Trik

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » » » Aktivitas Malang Local Guides: PHOTOWALK DI HOTEL ALPINES BY ARTOTEL, KOTA BATU


"...FROM the mountain to the valley, hear our praises rises to You; dari gunung hingga ke lembah, dengarlah puji-pujian yang kami haturkan ke hadirat-Mu.."
—Hillsong Worship: "Hear our Praises" (1999)

"Nantinya kalimat itu akan dipasang di salah satu instalasi hotel ini. Menjadi tagline dari Alpines by ARTOTEL," ujar Marsha Sukma, Asisten Marketing & Communication Manager Alpines by ARTOTEL, sembari menunjukkan desain yang dimaksud di gawainya. Bentang alam Kota Batu yang bergunung-gunung dan dihiasi dengan lembah-lembah yang menawan terbayang jelas di kutipan tersebut.

Hotel Alpines by ARTOTEL

Mural Bergambar Peta Kota Batu

Photowalk Komunitas MALANG LOCAL GUIDES


Sore itu, Selasa (23/10/18) pukul 15:00-18:00 WIB, komunitas MALANG LOCAL GUIDES berkesempatan melakukan hotel visit sekaligus photowalk di hotel Alpines by ARTOTEL, Jl. Trunojoyo no. 9, Kota Batu, Jawa Timur, yang direncanakan akan mulai beroperasi pada bulan November 2018 mendatang. Alpines by ARTOTEL merupakan sebuah hotel bisnis bintang 4 anggota Curated Collections by ARTOTEL Group yang memadukan konsep gaya hidup dan resort dalam desain dan pelayanannya. Tak kurang dari 12 anggota komunitas MALANG LOCAL GUIDES menghadiri meet up dan photowalk kali ini.

"Mohon maaf datangnya agak terlambat karena di Malang hujannya deras sekali," ucap salah seorang peserta apologetik. Cuaca yang kurang menentu akhir-akhir ini kadang membuat janji bertemu menjadi sedikit meleset. Di Kota Batu sore itu cuacanya mendung-mendung manja. Khas cuaca daerah pegunungan.

Mural Bergambar Peta Kota Batu

Nescafé Dolce Gusto Menjadi Standar di Setiap Kamar Alpines by ARTOTEL

Koridor Berhias Mural


Menjulang setinggi enam lantai dan satu lantai rooftop, Alpines by ARTOTEL melibatkan tujuh orang seniman lokal dalam mempercantik dinding-dinding hotelnya, dengan tiap satu orang seniman diberikan keleluasaan menghias satu lantai dengan karya seni mural khasnya. Dan masing-masing keenam lantai tersebut dihiasi instalasi mural dengan tema yang berbeda. 

Di antara ketujuh seniman yang dilibatkan terdapat nama-nama seperti misalnya Ebby Dwijaya yang khas dengan seni pop dan gambar-gambar menyerupai malaikat dalam ukuran mini, lalu Evan Raditya Pratomo alias Papercaptain dengan seni ukiyo-e yang khas, serta seniman asli Kota Batu, Suwandy Waeng, yang tersohor dengan karya-karya transparency dan layeringnya. Khusus untuk Suwandy Waeng, ia dipercaya mengerjakan lobby dan area publik lainnya. Sejak tahun 2011 ARTOTEL memang terkenal dengan perhatiannya terhadap seni kontemporer Indonesia.

Out of the Blue

Area Lobby

Memberikan Rating dan Ulasan di GOOGLE MAPS


Acara meet up komunitas MALANG LOCAL GUIDES kali ini bertempat di "Out of the Blue" (OOTB), café yang menyediakan kudapan-kudapan ringan dan berbagai minuman yang diracik khusus dengan sentuhan bahan-bahan lokal pilihan. Yang menarik, nama OOTB ini digunakan secara harafiah dengan menanggalkan unsur warna biru dalam rancangannya.

Selain OOTB, di Alpines by ARTOTEL juga terdapat dua tempat makan lainnya, yakni "Sangkar" yang merupakan restoran berkonsep buffet breakfast dengan masakan-masakan Indonesia dan oriental, dan "Sky Lounge" di area rooftop dengan menu-menu American dan barbeque. 

Berfoto Bersama Kaktus Artistik

Area Lobby

Bersantai di Satu Sudut Out of the Blue


Sembari menunggu beberapa peserta meet up yang lain datang, beberapa orang mulai memesan minuman dan kudapan-kudapan ringan. Satu minuman yang laris dipesan adalah Wastu Island, racikan teh dan beberapa rempah lokal serta daun mint yang akan menimbulkan sensasi hangat yang bertahan lama di tubuh, cocok dengan udara Kota Batu yang dingin. Menurut Rangga Handika, Food & Beverages Manager Alpines by ARTOTEL, beberapa rempah yang digunakan diambil langsung dari petani-petani yang ada di sekitaran Kota Batu.

"Beberapa rempah diambil dan dipilih langsung dari pengepul di Gunung Panderman sebelum rempah-rempah tersebut mereka jual di pasar," tuturnya.

Pun kopi yang ditawarkan. Ia diracik secara khusus oleh jawara roaster kopi Indonesia: Common Grounds Coffee Roasters; juara Barista tahun 2014, 2016, 2017, juara Latte Art 2014-2018, Brewers 2018, dan juara Cup Tasters 2018. Di jaringan ARTOTEL mereka menggunakan merek dagang Buka Mata. Dan kopinya memang benar-benar bisa membuat mata peminumnya terbuka. Nikmat sekali!

Instalasi Rotan di Langit-langit Area Lobby

Photowalk

Out of the Blue


Dan begitu makanan dan minuman yang dipesan datang, tanpa sungkan para peserta meet up komunitas MALANG LOCAL GUIDES mengeluarkan ponsel pintar masing-masing untuk coba mengambil foto-foto makanan dan minuman tersebut dari sudut terbaik. Beberapa peserta bahkan sampai bergeser ke lokasi lain untuk mendapatkan pencahayaan dan pemandangan latar yang optimal.

Cahaya Masuk dari Atap Area Lobby

Difoto Sebelum Disantap

Yakiniku Noodles


Tepat pukul 16:30 WIB Marsha mengajak peserta photowalk berkeliling ke seputaran hotel. Namun karena hotel Alpines by ARTOTEL ini belum seratus persen rampung, maka photowalk hanya bisa dilakukan di beberapa kamar di lantai 1 dan area lobby. Di lantai 1, persis di depan lift, terdapat mural Kota Batu yang digambar secara pop khas anak muda. Di lokasi ini beberapa peserta menyempatkan untuk berswafoto dengan gayanya masing-masing.

Setelah puas, tur kemudian berlanjut masuk ke beberapa kamar yang ada di lantai 1. Di sepanjang koridor untuk menuju kamar dihiasi dengan mural bertema Air, yang ketika masuk ke dalam kamar pun masih ditemui mural dengan tema yang sama. Sehingga ada satu kesatuan tema yang padu yang dimulai bahkan sejak di koridor dan bukan hanya di kamar. Di lokasi ini peserta photowalk mengambil foto banyak-banyak serta menyempatkan memberikan rating dan ulasan di Google Maps. Di Alpines by ARTOTEL tersedia sebanyak 142 kamar dengan 6 tipe kamar dan 4 kamar suite, yaitu Studio 25, Studio 30, Loft 40, Studio 50, Artotel Suite, serta Alpines Suite.

Photowalk

Sebagian Peserta Photowalk

Kesibukan di Dapur Out of the Blue


Area lobby menjadi jujugan photowalk komunitas MALANG LOCAL GUIDES berikutnya. Di area ini didapati instalasi anyaman rotan berbentuk awan putih yang berarakan di langit-langit. Menurut Marsha, di area ini nantinya akan disediakan beberapa bean bag untuk pengunjung bersantai seperti di pantai. Dan kalau mereka tidur-tiduran, niscaya mereka akan merasakan sensasi sedang berada di area luar ruang karena efek cahaya matahari alami, awan-awan buatan di atas kepala, serta angin yang bertiup lembut di area lobby ini.

"Standar rancangan ARTOTEL adalah dengan mengadopsi kekhasan lokal tiap lokasi. Untuk Alpines by ARTOTEL dimasukkan nuansa alam yang merupakan kekhasan Kota Batu, serta art (seni) yang belum ada di hotel-hotel lain di kota ini. Konsep ini yang membuat Alpines by ARTOTEL unik," terang Marsha.

Alpines by ARTOTEL mengintroduksi unsur-unsur alam ke dalam konsep rancangannya. Unsur Tanah, untuk tempat tinggal yang membumi, Cahaya dengan penggunaan jendela-jendela kaca besar yang memungkinkan cahaya alami masuk secara melimpah, Angin untuk udara yang bersirkulasi dengan sangat baik, Air dengan kolam air dan ikan, serta unsur Api untuk restoran yang menyajikan sajian-sajian khas Alpines by ARTOTEL.

Welldone Culinary

Out of the Blue dengan Logonya yang Kuning Cerah

Berpose di Depan Logo Alpines by ARTOTEL


Waktu beranjak senja. Di luar, langit mulai menggelap. Dan bulan yang belum bulat sempurna sudah menampakkan wujudnya. Sesi photowalk akan segera diakhiri. Dan ketika Penulis memeriksa kamera, busyet! Ternyata sudah cukup banyak foto yang Penulis ambil. Bahkan indikator baterai menunjukkan sisa satu garis saja! Hotel ini terlalu indah untuk diabadikan, bahkan ketika ia masih belum rampung sepenuhnya.

"Seluruh tempat di hotel ini dirancang instagramable," jelas Marsha sembari tersenyum.

Bhaique!!

Acara meet up dan photowalk komunitas MALANG LOCAL GUIDES di hotel Alpines by ARTOTEL, Kota Batu, pun ditutup dengan sesi foto bersama. Ah, dunia yang indah. Puji syukur kepada Tuhan Semesta Alam.

Pulang

Menikmati Senja, Memandangi Pohon Kelapa

Alpines by ARTOTEL



—————
Foto dan Teks: ARIO WICAKSONO

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply