Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» »Unlabelled » Photowalk Petirtaan Kendedes. Candi Singosari & Candi Sumberawan

Photowalk Petirtaan Kendedes Candi Singosari & Candi Sumberawan

 

 

Halooo ... Local Guides 😉

 

Ini dia keseruan kegiatan Photowalk Malang Local Guides, yang terlaksana pada : 

Hari : Sabtu

Tanggal : 16 September 2017

Pukul : 07.00 - 16.00

Kegiatan : 

1. Photowalk

2. Napak tilas peninggalan sejarah Kerajaan Singosari

3. Diskusi tentang Local Guides

4. Dan tentu saja berburu makanan lokal lalu makan bersama dengan bersenda gurau bersama tak akan pernah kita lewatkan 😊

Lokasi : 

1. Stasiun Singosari

2. Petirtaan Kendedes

3. Candi Singosari

4. Candi Sumberawan

5. Warung Apung - Pemandian Kendedes

 

Kenapa kita memilih situs sejarah sebagai lokasi meetup kali ini?  

Karena kita sebagai local guides berharap dengan review dan mengambil foto lalu mempublikasikannya kepada banyak orang dapat membantu untuk menjaga kelestarian peninggalan sejarah yang ada dan tentu saja hal ini di harapkan bisa membuat generasi muda lebih menghargai sejarah.

 

Senang sekali dengan meetup kali ini, meskipun di mulai dari jam 07.00 pagi dengan beberapa lokasi yang berbeda tapi antusias dari para peserta tak pudar sekalipun sampai acara selesai di sore hari. Peserta tetap bersemangat dari awal sampai akhir. Dimulai dari titik kumpul di Stasiun Singosari jam 07.00 pagi kita mulai dengan saling sapa dan berjabat tangan untuk menjaga kekompakan sesama anggota local guides, beberapa peserta tidak melewatkan untuk review dan ambil foto di lokasi ini karena beberapa peserta baru pertama kali ini berkunjung di Stasiun Singosari.Stasiun Singosari

 

Selanjutnya kami berjalan beriringan dengan kendaraan masing-masing menuju ke lokasi pertama yaitu "Petirtaan Kendedes", Konon ini adalah lokasi dimana Putri Kendedes dari Kerajaan Singosari mensucikan dirinya agar dapat menyatu dengan alam dan berkomunikasi dengan Sang Pencipta, dan pada masanya tidak sembarang orang bisa masuk ke lokasi ini, dan tak hanya itu salah satu keunikan lain dari lokasi ini adalah menurut legenda sumber mata air petirtaan ini adalah dari sungai bawah tanah yang mengalir dari Gunung Arjuna dan Gunung Semeru.Tempat ini masih sangat alami, tidak banyak pemugaran, sangat rindang karena di kelilingi dengan pepohonan, dan suasana mistis masih sangat terasa. Sampai dengan hari ini lokasi ini masih sering di gunakan untuk sembahyang dan melakukan beberapa ritual oleh mereka yang beragama Hindu atau yang beraliran Kejawen.

Salah satu sudut petirtaan kendedes

 

Selanjutnya lokasi kedua adalah Candi Singosari, sama seperti Petirtaan Kendedes candi ini merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Singosari yang berdiri megah, sayang sekali beberapa stupa yang ada di kawasan candi ini ada yang patah di beberapa bagian. Lokasi ini banyak di kunjungi oleh wisatawan manca negara terutama dari negeri kincir angin yaitu Belanda. Candi singosari ini di temukan pada awal abad 18 yaitu sekitar tahun 1800 - 1850 oleh Belanda.

Candi Singosari ini di bangun dengan sistem menumpuk batu Andhesit, yang menurut penyebutannya pada kitab Negarakertagama serta prasasti gajah Mada yang bertanggal 1351 M di halaman kompleks candi,  fungsi dari Candi singosari ini adalah sebagai tempat "Pendharmaan" Raja singosari yang terakhir yaitu Sang Kertanegara yang meninggal pada tahun 1292 M. Berkunjung kesini selain bisa berfoto jika di amati dengan seksama relief yang ada di dinding candi sangat menarik untuk di pelajari, atau sekedar duduk santai di bawah pohon di sekitar candi juga bisa membuat kita lupa waktu.

Foto 360 kita di candi Singosari

 

Kita di salah satu sudut candi singosari

Lokasi ketiga adalah Candi Sumberawan, ukuran Candi Sumberawan ini tidak sebesar dan se-megah Candi Singosari, tapi yang membuatnya berbeda adalah terdapat satu kolam kecil yang airnya mengalir langsung dari mata air Sumberawan, konon katanya mencuci muka di kolam ini akan membuat kita awet muda 😊 *boleh dicoba* dan satu lagi yang membuat berbeda adalah terdapat hamparan pohon pinus di pintu masuk Candi Sumberawan yang cocok untuk spot foto bagi kita para pecinta photography atau untuk sekedar selfie.

Setelah berdiskusi panjang tentang local guides di bawah pohon rindang yang masih dalam kawasan Candi Sumberawan ditemani segelas kopi hitam dan angin sepoi-sepoi, akhirnya kita akhiri meetup kali ini karena jarum jam sudah menunjukkan pukul 15.00 sore, serunya kalo lagi ngobrol itu selalu bikin peserta meetup lupa waktu 😊.

 

Candi sumberawan

 Diskusi santai kita di bawah pohon rindang di kawasan candi sumberawan

 

Oh ya awalnya meetup kali ini hanya terjadwal di 3 lokasi yaitu : Petirtaan Kendedes, Candi Singosari dan Candi Sumberawan. Tapi karena peserta masih antusias untuk menjelajah Singosari maka kita sebagai host merasa ada yang kurang kalau belum menunjukkan beberapa lokasi tambahan yang ada di sekitar lokasi 😂,

dan ahaaaa ...... inilah lokasi lain yang sempat kita kunjungi yang masih sekitaran kawasan Singosari  : 

 

Bakso daging dengan aneka varian isi yang enak dan lezat.

Makan bersama

 

Bakso isi cabai "cak silan"

 

 Warung apung di kawasan pemandian kendedes

 Pengunjung sungai di sebelah warung apung sebagian besar adalah anak-anak

 

 

Sungai kecil di sebelah warung apung yang biasa di gunakan untuk berenang oleh penduduk sekitar.

 

Begitulah serunya kegiatan Photowalk dari Malang Local Guides, masih akan ada keseruan lain di kegiatan berikutnya, tunggu ya ....

Terimakasih kepada para peserta meetup yang telah hadir, terimakasih google local guides yang telah menjadi wadah bagi kita, terimakasih semuanya yang telah memberi kudos dan reply postingan ini.

mari kita berkontribusi !!!

 

see you next event everybody .....

 

Salam hangat dari Malang Local Guides dan Batu Local Guides

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply