Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » Indonesia Local Guides MEET UP NUSANTARA 2 Yogyakarta

PADA 10-12 Agustus 2018 lalu ada sebuah hajatan akbar komunitas Indonesia Local Guides di Yogyakarta. Acara tersebut bertajuk INDONESIA LOCAL GUIDES: MEET UP NUSANTARA 2 YOGYAKARTA (MUN 2). Tercatat tak kurang dari 135 orang Local Guides dari 31 kota di Indonesia menghadiri acara tersebut, termasuk di antaranya beberapa rekan dari MALANG LOCAL GUIDES. 

"Teman-teman dari Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi juga hadir dalam event ini," sebut Heni Murhanayanti, Bendahara MUN 2, dalam sebuah wawancara tertulis dengan MalangLocalGuides(dot)com. Meet Up Nusantara merupakan sebuah gelaran Meet Up komunitas Indonesia Local Guides berskala nasional yang dipelopori pelaksanaannya pada Indonesia Local Guides: Meet Up Nusantara (MUN 1) pada 4-6 Agustus 2017 silam di Kota Batu, Jawa Timur.

Indonesia Local Guides: Meet Up Nusantara 2 Yogyakarta

Sebagian Peserta MUN 2 Yogyakarta Berfoto Bersama


Bukan hanya mempererat tali silaturahmi antar anggota Local Guides se-Indonesia, MUN 2 juga bertujuan mensosialisasikan Local Guides dan kegiatan Local Guides kepada masyarakat umum, sekaligus memperkenalkan kebudayaan dan pariwisata Yogyakarta kepada seluruh peserta Meet Up Nusantara yang berkesempatan hadir. Hal ini sejalan dengan jargon yang kerap didengungkan Google ketika mempromosikan kegiatan Meet Up kepada anggota-anggota Local Guides mereka: Jelajahi kota tempat Anda tinggal, jajal tempat-tempat baru, dan jalin persahabatan!

Sharing Session di Kampung Jawa

Pin dan Stiker dari Beberapa Kota Local Guides yang Berpartisipasi

Salah Satu Lokasi Geowalk


Mengambil tema #jogjatanpanyasar, hal ini dimaksudkan sebagai satu semangat agar kita sebagai Local Guides janganlah sampai tersasar ketika sedang berada di Yogyakarta.

Heni, panggilan akrab Heni Murhanayanti, menerangkan, "Google Maps mempunyai berbagai fitur (di antaranya) review tempat, share location, (hingga) estimasi waktu perjalanan ke suatu tempat. Dan sebagai Local Guides kita (bisa) membantu banyak orang agar tidak tersasar (dengan cara) memberikan ulasan, menambahkan foto, dan mengedit informasi di Google Maps (yang sekiranya masih kurang tepat)."

Sajian Foodcrawl yang Menggoda Selera

Nunung Afuah (Kiri; Blitar Local Guides) Bersama Salah Seorang Peserta MUN 2

Sharing Session di Kampung Jawa


Selaku penyelenggara MUN 2, Yogyakarta Local Guides (YLG) mengemas acara 3 hari tersebut ke dalam berbagai agenda kegiatan yang menarik. Di hari pertama, Jumat (10/08/18), kegiatan yang dilakukan adalah Malioboro Historical Photowalk dan Yogyakarta Heritage Challenge. Dengan dibekali serangkaian petunjuk yang bisa diakses dengan menggunakan fitur-fitur yang terdapat di Google Maps, peserta MUN 2 diajak menjelajahi berbagai tempat bersejarah di seputaran Malioboro serta mengunjungi beberapa hotel ternama di Yogyakarta untuk mengenal beberapa fasilitas yang disediakan dan mencicipi kudapan-kudapan khas yang disajikan di hotel-hotel tersebut.

Lalu pada malam harinya ada sesi diskusi yang menghadirkan tim digital @kratonjogja dan SVTP (Street View Trusted Photographer) Talk di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo.

Berfoto Bersama di Sesi Geowalk Puncak Becici

Berfoto Bersama di Watu Goyang


Pada hari kedua, Sabtu (11/08/18), para peserta MUN 2 diajak melakukan Geowalk di Mangunan, menikmati pertunjukan seni di Watu Goyang, Foodcrawl di Pasar Kakilangit, serta mengikuti tourism talk di Amphitheatre Pinus Becici, dan ditutup dengan Local Guides Talk dan makan malam bersama di Kampung Jawa.  

Pada sesi diskusi Local Guides Talk di Kampung Jawa ini Nunung Afuah (Blitar Local Guides) dan Heni Murhanayanti (Yogyakarta Local Guides) membagikan pengalaman mereka menjadi 2 dari 5 peserta Local Guides Connect Live 2018 terpilih asal Indonesia, yang acaranya akan dilangsungkan pada 16-18 Oktober 2018 mendatang di San Fransisco dan Mountain View, California, Amerika Serikat. Local Guides Connect Live adalah acara Meet Up Local Guides berskala dunia, di mana mereka memiliki kesempatan untuk berdiskusi secara langsung dengan Google tentang pengalaman mereka menggunakan Google Maps dan mendiskusikan berbagai topik terkait. Ada 150 orang Local Guides terpilih dari seluruh dunia yang akan menghadiri acara tersebut.

Bambang Afrianto (Batu Local Guides) dalam Sharing Session di Kampung Jawa

Nunung Afuah (Blitar Local Guides) dalam Sharing Session di Kampung Jawa


Lila, salah seorang peserta MUN 2 dari Malang, Jawa Timur, mengungkapkan bahwa semua kegiatan yang ia ikuti sangatlah menyenangkan dan berkesan kendati ia hanya berkesempatan mengikuti dua dari tiga hari penyelenggaraan MUN 2 karena terkendala oleh masa cutinya yang terbatas.

"Yang paling menyenangkan adalah kegiatan di hari Sabtu (11/08/18) di Mangunan, karena di sana Panitia membentuk kelompok secara acak sehingga aku bisa saling kenal dan akrab dengan peserta Local Guides lainnya. Seru, deh!" sebut Lila dalam sebuah pesan singkat yang dikirimkan kepada MalangLocalGuides(dot)com.


Tourism Talk di Amphitheatre Becici


Dan hari terakhir MUN 2, Minggu (12/08/18), yang bertepatan dengan Hari UMKM Nasional, diisi dengan kegiatan Hyatt Photomarathon serta sesi diskusi dengan Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta dra. Christina Lucy Irawati dan Google My Bussiness yang mengangkat tema #giniginigoonline di Hyatt Regency Yogyakarta.

Ya, kegiatan MUN 2 selama 3 hari yang padat memang telah usai. Namun, harap Lila, semoga perkenalan, pengalaman, dan keseruan yang terjadi di MUN 2 tidak putus hanya sampai acara selesai. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Local Guides di kota lain sehingga secepatnya mengadakan MUN 3, MUN 4, dst.

Sebagai informasi, kegiatan Indonesia Local Guides: Meet Up Nusantara 3 (MUN 3) direncanakan akan diselenggarakan pada tahun 2019 mendatang di Bandung, Jawa Barat.

Sharing Session di Kampung Jawa

Berfoto di Puncak Becici


Dalam wawancara tertulis dengan MalangLocalGuides(dot)com Heni menuturkan, "Bandung dipilih (sebagai kota penyelenggara MUN 3) berdasarkan kesepakatan teman-teman Indonesia Local Guides dengan pertimbangan MUN 1 sudah diselenggarakan di Jawa Timur (Kota Batu), MUN 2 di Yogyakarta, maka MUN 3 bergeser ke daerah Barat."

Di daerah Barat ada Kota Jakarta dan Bandung yang komunitas Local Guidesnya terbilang aktif dalam penyelenggaraan Meet Up. Namun karena tahun 2019 bertepatan dengan tahun penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres), maka kemudian diputuskan Bandung, Jawa Barat,-lah yang akan menggelar MUN 3 karena dinilai lebih memungkinkan ketimbang Kota Jakarta.

"Pilihannya jatuh ke Bandung," ungkap Heni.

Jadi, sampai jumpa di Indonesia Local Guides: Meet Up Nusantara 3 Bandung tahun depan, rekan-rekan Local Guides!

"Huft, capek tangan eikee..," tulis Lila menutup perbincangan dengan MalangLocalGuides(dot)com. Ya, maaf.. (io/MLG)


Berfoto di Sesi Geowalk Mangunan

Berfoto Bersama di Kampung Jawa

Berfoto Bersama di Penutupan MUN 2 Yogyakarta


©Yogyakarta Local Guides

---

FOTO-FOTO: Dokumentasi ANDI BRATA

TEKS: ARIO WICAKSONO

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply