Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » Sosialisasi GOOGLE MAPS bersama GERKATIN Kota Malang




MEMASYARAKATKAN Google Maps dan Meng-Google Maps-kan masyarakat. Sebagai bagian dari komunitas global Google Local Guides, kami, MALANG LOCAL GUIDES, tentu memiliki kepentingan agar semakin banyak orang yang bisa memetik manfaat dari keberadaan aplikasi Google Maps.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka pada Minggu (25/11/18) yang baru lalu komunitas MALANG LOCAL GUIDES mengadakan meet up sekaligus melakukan sosialisasi tentang penggunaan aplikasi Google Maps kepada kelompok Gerkatin (Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia) Kota Malang.

Sebagian Peserta


Acara tersebut mengambil tempat di kantor Gerkatin Kota Malang Jl. Ijen no. 34, Kota Malang, dan berlangsung dari pukul 08:00-10:00 WIB. Tak kurang dari 30 orang peserta menghadiri acara yang dikemas santai ini. Dan untuk membantu kelancaran komunikasi selama acara, kami dibantu oleh Yanda Sinaga, guru bahasa isyarat, yang akan menerjemahkan bahasa Indonesia ke dalam bahasa isyarat Indonesia (Bisindo) maupun sebaliknya.

Dibantu Menterjemahkan Bahasa Isyarat oleh Yanda Sinaga (berdiri)


Tepat pukul 08:00 WIB acara dibuka oleh Ario Wicaksono, anggota MALANG LOCAL GUIDES, yang menyampaikan maksud kedatangan teman-teman local guides ke sini, yakni untuk mensosialisasikan penggunaan aplikasi Google Maps.

Walaupun sudah dibantu oleh Yanda Sinaga untuk menerjemahkan kata-katanya ke dalam Bisindo, namun Ario juga mencoba menggunakan bahasa isyarat untuk memperkenalkan dirinya kepada teman-teman tuli yang hadir kendati masih sangat terbata-bata. Menurut pengakuannya, ia baru mempelajari penggunaan bahasa isyarat tersebut selama tiga puluh menit.

"Langsung bisa!" ungkapnya.

Panduan Alfabet Bahasa Isyarat Indonesia yang Ternyata Tidak Terlalu Susah


Acara kemudian dilanjutkan dengan pengenalan penggunaan aplikasi Google Maps yang disampaikan oleh Bambang Afrianto, salah seorang senior di MALANG LOCAL GUIDES sekaligus Batu Local Guides. Dalam sesi ini Bambang mengajarkan cara memberikan rating dan ulasan untuk tempat-tempat yang ada di Google Maps.

"Rating bintang 1 artinya kamu benci (dengan pelayanan di tempat itu), tapi kalau bintang 5 itu artinya cinta," terang Bambang.

Selama sesi ini rekan-rekan local guides yang lain mendampingi teman-teman Gerkatin. Mereka nampak antusias sekali belajar memberikan rating dan ulasan di Google Maps. Bahkan ketika ada yang salah memberikan rating bintang 1 padahal yang dimaksudkan adalah memberikan rating bintang 5, ia berkali-kali meminta pemakluman dan segera memperbaiki ulasannya. Kami pun serentak tertawa dan memaklumi. Yang namanya belajar, tak perlu takut salah, bukan? :)

Mendampingi Belajar Penggunaan Google Maps


Selain mengajarkan tentang cara memberikan rating dan ulasan, Bambang Afrianto juga mencoba menambahkan tempat di Google Maps karena diketahui kantor Gerkatin Kota Malang ini belum tercatat di Google Maps. Ketika tulisan ini dibuat, lokasi kantor Gerkatin Kota Malang di Google Maps sudah berhasil ditambahkan dan published.

Mendampingi Belajar Penggunaan Google Maps


Dalam acara kali ini, selain bersama-sama belajar tentang cara penggunaan Google Maps, kami juga belajar bahasa isyarat. Rekan-rekan Gerkatin Kota Malang dengan sabar mengajari kami beberapa isyarat dasar, seperti misalnya alfabet bahasa isyarat Indonesia, isyarat terima kasih (yang mirip dengan isyarat kissbye), serta cara mengatakan Malang Local Guides dan Batu Local Guides dalam bahasa isyarat.

Karena, ternyata, bahasa isyarat ini adalah bahasa yang sangat ekspresif, maka selama belajar bahasa isyarat ini pun kami terbawa dengan aura positifnya.

Belajar Bahasa Isyarat


Di samping mengajarkan kepada kami beberapa isyarat sederhana, ternyata rekan-rekan Gerkatin Kota Malang juga berbaik hati membuatkan simbol isyarat untuk menyebut "local guides." Simbol isyarat "local guides" adalah tangan kiri menunjukkan simbol huruf "L", yang dipadukan dengan tangan kanan menunjukkan isyarat huruf "G" dalam bahasa isyarat internasional yang diletakkan tepat di bawah isyarat huruf "L".

"Sehingga nanti kalau Local Guides ingin berfoto, bisa sambil menunjukkan isyarat ini," ucap ibu Sumiati, pengurus Gerkatin Kota Malang.

Ah, ini hadiah yang sangat menyenangkan bagi kami. :)

Simbol isyarat Gerkatin sendiri adalah huruf "G", namun dengan tangan kanan yang dimodifikasi menunjukkan isyarat "I love you" (mirip dengan simbol salam metal).

Ibu Sumiati (Gerkatin Kota Malang) Menunjukkan Simbol Isyarat untuk Local Guides


Sebelum mengakhiri acara, seluruh peserta pun menyempatkan mengambil foto bersama di halaman kantor. Turut pula berfoto bersama dua orang dari Gerkatin Kota Malang yang mengenakan kostum karnaval yang baru saja berkeliling di area hari bebas kendaraan bermotor. Kemudian kami pun berpisah dengan sebuah janji untuk kembali bertemu di kelak kemudian hari.

Belajar Penggunaan Google Maps


Terima kasih kepada Dini Rachmawati yang sudah memperkenalkan MALANG LOCAL GUIDES kepada Gerkatin Kota Malang, ibu Sumiati pengurus Gerkatin Kota Malang yang sudah menyambut kami dengan tangan terbuka, Bambang Afrianto yang sudah berkenan menyampaikan materi cara penggunaan Google Maps, Yanda Sinaga yang menjembatani komunikasi di antara kami, serta seluruh rekan MALANG LOCAL GUIDES, Batu Local Guides, dan Gerkatin Kota Malang yang sudah menyempatkan hadir.

Sampai jumpa di #MalangLocalGuidesMeetUp selanjutnya. Salam! (iori)


Persiapan Berfoto Bersama



—————

TEKS: Ario Wicaksono
FOTO: @iorikun301

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply