Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » » » » Local Guides Meet Up: How to Contribute to Local Guides Connect

(ki-ka) Atikers, Rivani, Nunung Afuah, Ardi, Masjon


ANDA Local Guides? Level berapa? Sudah sering berkontribusi di Local Guides Connect? Sudah mengerti apa maksud board-board topik yang ada di sana? Yakin?

"Orang paling sering menyalahartikan board topik Local Stories sebagai topik tentang apa-apa saja yang bisa ditemui di kota tempat tinggal mereka. Bukan. Itu lebih cocok masuk ke board topik Travel. Local Stories adalah board topik tentang sosok Local Guides di satu kota dan sumbangsih positifnya terhadap lingkungan tempat tinggalnya," terang Nunung Afuah, Connect Moderator.

Nah, loo.. :)

Nunung Afuah —Connect Moderator


Bertajuk "LOCAL GUIDES MEET UP: HOW TO CONTRIBUTE TO LOCAL GUIDES CONNECT", meet up komunitas MALANG LOCAL GUIDES kali ini berlangsung pada hari Sabtu (16/02/19) pukul 18:00 WIB - 21:00 WIB dan mengambil tempat di NGALUP COWORKING SPACE, Jl. Sudimoro, Perum d'WIGA Regency Blok R 1 no. 7, kota Malang - Jawa Timur, dengan menghadirkan narasumber Nunung Afuah, Connect Moderator.

Kendati sore itu kota Malang baru saja diguyur hujan lebat, namun hal tersebut tidak mengurangi antusiasme 6 orang Local Guides untuk menghadiri meet up kali ini. Ada Penulis, Nunung Afuah, Rivani, Mas Jon, Christophorus Ardi, dan juga Atikers.

"Ini seperti di kelas pelatihan Advanced," ujar Nunung Afuah. "Pesertanya cuma segini."

Les privat, Kak.. :)

Event Hall Ngalup Coworking Space


Setelah menunggu kehadiran Atikers yang tersasar entah di kompleks perumahan mana (Anda local guides? Hahaa..), tepat pukul 19:30 WIB acara sharing santai tentang seluk-beluk ber-Local Guides Connect inipun dibuka. Telat? Santai, saja. Namanya juga sharing santai. Hehee..

BACA JUGA: Apa itu Google Local Guides?

Dalam meet up kali ini Nunung Afuah membagikan beberapa tips ber-Connect yang baik yang sudah ia pelajari selama menjadi Connect Moderator. Di antaranya:

"Gunakan user name yang unik supaya tidak tertukar dengan user Connect yang lain. Dan usahakan gunakan nama sendiri tapi bukan nama yang berafiliasi bisnis, misalnya Nunungjilbab, karena bisa ter-suspend oleh sistem," ucapnya.

Ini seram :(

Suasana Kelas Privat


Selain menjelaskan pentingnya menggunakan nama sendiri sebagai user name di Connect, Nunung Afuah juga menjelaskan ada yang baru di aplikasi Google Maps, yakni: hashtag. Tanda pagar. Tagar.

BACA JUGA: MLG Foodcrawl: Nikmatnya Bakso Solo Sawojajar. Ada Bakso Bakarnya Juga!

Menurut Nunung, di Indonesia penggunaan tagar-tagar ini barangkali belum terlalu luas, namun di luar negeri (tercatat Nunung Afuah setidaknya sudah dua kali ke San Fransisco, Amerika Serikat) penggunaan tagar sangat membantu untuk mencari tempat dengan layanan yang spesifik di Google Maps.

Nunung mengungkapkan bahwa dulu ketika di San Fransisco dia acapkali memasukkan tagar #halalfood di kolom pencarian Google Maps ketika sedang mencari warung makanan halal di areanya. Atau tagar #vegan. Di Google Maps sendiri, tagar ini diperbolehkan paling banyak lima buah tagar.

#letsguide #localguides #localguidesconnect #malanglocalguidesmeetup #rizkyridhodidangdutacademyindosiar

Live di Instagram @MalangLocalGuides


Selayak guru les privat yang baik, Nunung Afuah juga menerangkan secara detil board-board topik yang bisa ditemui di local guides connect, yakni Home, Photography, Travel, Food & Drink, Local Stories, Meet-Ups, How-tos, Announcements, Help Desk, serta Idea Exchange.

Konon, orang sering salah memasukkan topik tulisannya ke board-board topik yang sudah disediakan di Connect. Permasalahannya satu: communication gap. Perbedaan bahasa. Betul, di Connect sebetulnya sudah tersedia algoritma penerjemah yang bisa mengalihbahasakan ke dalam 33 bahasa yang berbeda. Namun karena yang menerjemahkan adalah robot, maka kadang hasil terjemahannya terasa kurang luwes dan mengakibatkan terjadinya kesenjangan pemahaman.

BACA JUGA: Sosialisasi Google Maps Bersama GERKATIN Kota Malang

Sebagai contoh board topik Local Stories. Orang sering beranggapan bahwa topik ini adalah tentang cerita-cerita lokal, tentang bermacam hal yang ada atau terjadi di daerah tempat tinggal mereka. Padahal bukan demikian. Local Stories adalah topik tentang sosok individu local guides di berbagai daerah yang memiliki sumbangsih positif bagi kemajuan masyarakat di daerahnya, dan hal tersebut penting untuk diceritakan kepada local guides lain sebagai sebuah inspirasi positif.

Mendengar penjelasan itu kami, peserta kelas meet up privat, pun kompak berkata: "Ooo.."

Suasana Meet Up yang Swantee Sayang


Seperti halnya forum-forum komunitas lainnya, berinteraksi di Local Guides Connect-pun ada etikanya. Kami menyebutnya "5 Nilai-nilai Inti Connect." Five Core Values Local Guides Connect. Yakni: 1) Kami menyambut. Siapapun boleh menjadi Local Guides. Dan ketika ada orang-orang baru yang bergabung, kami menyambut dan merangkul mereka;

Membahas Connect Live (d/h Local Guides Summit)


2) Kami bijaksana. Gunakan Connect dengan tidak serampangan. Berinteraksilah dengan bijak; 3) Kami membantu. Saling membantu ketika ada yang kesulitan dengan Connect, sehingga komunitas ini bisa tumbuh dan berkembang secara sehat; 4) Kami orisinal. Tulisan, foto, dan video yang dibagikan merupakan karya asli dan diunggah eksklusif untuk Connect. Kami hanya membagikan konten yang memang kami memiliki hak untuk membagikannya; dan 5) Kami waspada. Ketika melihat ada sesuatu yang salah, semisal unggahan yang tidak pantas, kami menandai dan melaporkan unggahan tersebut sebagai "laporan konten yang tidak pantas."

"Intinya," sebut Nunung Afuah, "orang menulis di Connect adalah karena dia ingin berbagi tentang topik penting tertentu yang layak untuk diketahui kepada orang lain."

Les Privat


Tepat pukul 21:15 WIB "Local Guides Meet Up: How to Contribute to Local Guides" inipun diakhiri setelah pegawai Ngalup Coworking Space-nya pura-pura berdehem. Jam operasional sudah berakhir sejak 15 menit yang lalu. Kamipun bubar. Tapi tahukah Anda bahwa sebetulnya masih ada beberapa hal menarik lain yang juga diungkap Nunung Afuah pada meet up malam itu? Namun dia sudah mewanti-wanti: "Off the record!"

#ashiaaap :)

Teknologi Augmented Reality yang Akan Segera Diterapkan di Google Maps. Kayak main Pokemon




—————
DISCLAIMER:

Ini adalah meet up bersponsor. MALANG LOCAL GUIDES berterima kasih kepada NGALUP COWORKING SPACE yang telah mensponsori meet up kali ini dengan menyediakan ruang pertemuan, perangkat proyektor, sound system, serta koneksi internet untuk digunakan secara gratis. Mereka mengerti bahwa tidak satupun dari Local Guides yang menjanjikan kontribusi dalam bentuk apapun terkait bisnis yang bersangkutan sebagai imbal-balik atas sponsor yang diberikan.



NGALUP COWORKING SPACE

Jl. Sudimoro, Perum d'WIGA Regency
Blok R 1 no. 7, kota Malang-Jawa Timur
Ngalup Coworking Space
https://maps.app.goo.gl/WMALn


—————
TEKS dan FOTO: Ario Wicaksono (IG: @iorikun301)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply