Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » 5 CONTRIBUTION BADGES DI GOOGLE MAPS DAN HAL-HAL YANG KAMU PERLU TAHU



HAI!

Kalau kamu membuka kolom kontribusi LOCAL GUIDES kamu di GOOGLE MAPS, maka kamu akan mendapati setidaknya 5 buah badge dengan gambar ikon yang luvchu-luvchu di situ.

Ada badge dengan ikon kamera foto di situ, ada yang kamera video, ada badge yang ikonnya berbentuk seperti rumah-rumahan pasir lengkap dengan bendera di tengahnya, ada yang berbentuk kun lalu-lintas, juga badge yang sepintas mirip dengan bentuk mal/toko dengan tanda centang besar di atasnya.

Pun warnanya beragam. Ada yang berwarna merah, ada yang yang biru, dan ada pula yang berwarna hijau.

Badge Master Reviewer


Mungkin kamu akan bertanya: Itu badge apa, ya? Tanda jasa? LOCAL GUIDES dengan tanda jasa?

Sabar, Sobat Sambatku. Itu adalah BAGDE KONTRIBUSI LOCAL GUIDES di GOOGLE MAPS.

Diperkenalkan sejak akhir 2017, dan diperbarui setahun kemudian, BADGE KONTRIBUSI LOCAL GUIDES merupakan tanda penghargaan atas kerja keras dan kontribusi positif LOCAL GUIDES di GOOGLE MAPS, dan terdiri dari 5 badge berbeda.

Kelima badge tersebut adalah (1) badge REVIEWER, merupakan penghargaan atas upaya LOCAL GUIDES dalam membantu orang lain (pengguna GOOGLE MAPS) dengan mereka menuliskan ulasan tentang sesuatu tempat secara detil/terperinci; (2) badge FACT FINDER, adalah penghargaan untuk membantu orang lain memperoleh informasi yang benar tentang tempat-tempat yang ada di GOOGLE MAPS;

Badge Reviewer


(3) badge PHOTOGRAPHER, adalah penghargaan atas upaya LOCAL GUIDES menyajikan foto-foto berkualitas tentang tempat-tempat yang ingin orang kunjungi di GOOGLE MAPS; (4) badge TRAILBLAZER, alias si pionir, merupakan badge penghargaan atas upaya kita menjadi orang pertama yang menambahkan info-info penting tentang sesuatu tempat di GOOGLE MAPS;

dan yang terakhir (5) badge DIRECTOR, ini adalah badge penghargaan untuk video-video apik yang telah kita unggah ke GOOGLE MAPS.

Kelima badge kontribusi ini memiliki tingkat pencapaiannya masing-masing, yang terdiri dari 3 tingkatan pencapaian, yakni NOVICE, EXPERT, dan MASTER, yang secara berurutan diwakili oleh warna merah, biru, dan hijau, dan juga gambar ikon yang makin kompleks mengikuti tingkatan pencapaian dari tiap-tiap badge kontribusi tersebut.

Huft.. ambegan disit!

Badge Fact Finder


Lanjut!

Badge Reviewer. Untuk mendapatkan badge NOVICE REVIEWER, maka kita, kamu, LOCAL GUIDES, musti terlebih dahulu memberikan ulasan/review untuk 3 tempat berbeda di GOOGLE MAPS. Baru kemudian badge Novice Reviewer kamu akan terbuka (achievement unlocked).

Untuk "naik pangkat" ke EXPERT REVIEWER, maka kamu musti: (1) telah mengulas 25 tempat; (2) menulis 5 ulasan sepanjang masing-masing minimal 200 karakter; dan (3) mendapatkan 5 likes dari pengguna GOOGLE MAPS atas ulasan kamu. Sedangkan badge MASTER REVIEWER bisa kamu dapatkan setelah kamu mengulas 100 tempat, menulis 50 ulasan sepanjang minimal 200 karakter, dan memperoleh 50 tanda suka untuk ulasan-ulasan kamu.

Badge Photographer


Badge Fact Finder. Sang Pencari Fakta. Untuk memperoleh badge NOVICE FACT FINDER, maka kamu musti mengusulkan 3 edit tempat yang kemudian disetujui, memverifikasi 3 edit, dan memilih jawaban untuk 25 buah pertanyaan. Persyaratan memperoleh badge EXPERT FACT FINDER: (1) mengusulkan 25 edit tempat yang kemudian disetujui; (2) memverifikasi 25 edit; dan (3) menjawab 250 pertanyaan pilihan ganda.

Sedang untuk mendapatkan badge MASTER FACT FINDER kamu musti: (1) mengusulkan 100 edit tempat yang kemudian disetujui; (2) memverifikasi 100 buah edit; dan (3) menjawab 1.000 pertanyaan pilihan ganda.

Sampai di sini ada pertanyaan? Kalau tidak ada, saya akan lanjutkan.

Selanjutnya badge Photographer. Untuk mendapatkan badge NOVICE PHOTOGRAPHER, persyaratannya adalah kamu musti sudah menambahkan foto dari 3 tempat berbeda di GOOGLE MAPS. Untuk badge EXPERT PHOTOGRAPHER persyaratannya: telah menambahkan 100 buah foto, menambahkan foto dari 25 tempat berbeda, dan foto-foto kamu sudah dilihat minimal 100.000 kali. Sedang badge tertinggi MASTER PHOTOGRAPHER memiliki persyaratan: telah menambahkan 1.000 foto, menambahkan foto dari 100 tempat berbeda, juga memiliki jumlah views foto sebanyak 1.000.000 kali.

Badge Trailblazer


Badge Trailblazer memiliki persyaratan yang berbeda lagi. Untuk memperoleh badge NOVICE TRAILBLAZER, maka si LOCAL GUIDES musti terlebih dahulu menambahkan foto pertama dari 1 tempat di GOOGLE MAPS, menuliskan ulasan pertama dari 1 tempat, dan menambahkan 1 tempat yang telah disetujui.

Badge EXPERT TRAILBLAZER mensyaratkan: (1) telah menambahkan foto pertama dari 10 tempat; (2) menuliskan ulasan pertama dari 10 tempat; dan (3) menambahkan 10 tempat yang disetujui. Dan badge MASTER TRAILBLAZER memiliki persyaratan menambahkan foto pertama dari 50 tempat, menulis ulasan pertama dari 50 tempat, dan menambahkan 50 tempat disetujui ke GOOGLE MAPS, untuk bisa mendapatkan badge-nya.

Yang terakhir badge Director. Sang Sutradara. Ini adalah badge untuk mereka yang senang membagikan pengetahuan mereka tentang sesuatu tempat di GOOGLE MAPS melalui media gambar bergerak. Alias video. Ini adalah badge baru yang diperkenalkan penggunaannya sejak akhir 2018 silam.

Untuk memperoleh badge NOVICE DIRECTOR, kamu hanya perlu menambahkan video dari 3 tempat berbeda di GOOGLE MAPS. Sedang untuk memperoleh badge EXPERT DIRECTOR, Google mensyaratkan telah menambahkan 100 buah video, menambahkan video dari 25 tempat, serta videonya telah ditonton sebanyak 100.000 kali.

Badge MASTER DIRECTOR. Persyaratannya: (1) telah menambahkan 1.000 video; (2) menambahkan video dari 100 tempat di GOOGLE MAPS; dan (3) videonya telah dilihat sebanyak minimal 1.000.000 kali.

Badge Director


Dan seperti itulah sekelumit tentang Badge Kontribusi Local Guides di GOOGLE MAPS. Yang musti dicatat, bahwa kamu, aku, kita, LOCAL GUIDES, semustinya tetap memberikan kontribusi yang obyektif dan kredibel di GOOGLE MAPS.

Jangan malah ulasan kita asal ada, asal banyak, hanya demi mengejar kebanggaan semu, badge kontribusi yang berenteng dan warnanya sudah hijau semua. Tidak. Tujuan kita, LOCAL GUIDES, berkontribusi di GOOGLE MAPS seyogianya adalah untuk memperkaya aplikasi peta kita bersama sehingga kita semua bisa beroleh manfaat sebaiknya daripadanya. Begitu.

Tapi, ngg.., kalau untuk mendapatkan Badge Kesayangan Nomor Satu dari kamu, apa yang musti aku lakukan, ya, Beib?
———————

TEKS: Ario Wicaksono (IG: @iorikun301) disadur dari www.localguidesconnect.com

FOTO: Istimewa/www.localguidesconnect.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply