Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » » » » » » » Malang Local Guides Foodcrawl Ayam Cobloos Kawi



Kami penggemar foto-foto sebelum makan siap ramaikan Ayam Cobloos Kawi. Malang Local Guides foodcrawl!
—————




SABTU, 13 April 2019, cuaca kota Malang nampak kurang menentu. Dari pagi langitnya cerah, namun beranjak siang mendung abu-abu gelap mulai menunjukkan wujudnya.

"Kayaknya mau hujan, Mas. Semoga jam 3 (sore) tidak hujan. Hehee.."

Sebuah pesan singkat mampir di ponsel saya. Terbaca di nama pengirimnya: —rahasia— 😛. Saya-pun mengaminkan harapannya.




Betapa tidak, sore itu kami, komunitas MALANG LOCAL GUIDES, akan ada agenda Foodcrawl, yakni event Meet Up (kopi-darat) dari dan oleh Local Guides untuk mengeksplorasi dan menjajal tempat-tempat menarik di kota dengan fokus kegiatan mencicipi kuliner-kuliner khas yang disajikan di rumah-rumah makan yang kemudian mengunggahkan ulasan dan foto-fotonya ke aplikasi peta GOOGLE MAPS, yang kalau hujan, kan, repot jadinya.



Tak seberapa lama kemudian, hujan mengguyur kota Malang. Tidak deras, memang, tapi sudah cukup untuk membuat baju (Jv.) kluncum —basah kuyup— kalau nekat menerobos. Berteduh di warung Indom*e adalah koentji!

BACA JUGA: Jumpa Pers Konser Band Dewolff, Belanda!

Tapi untungnya hujan berhenti tepat sebelum pukul 15:00 WIB. Dan tak kurang dari 10 orang Local Guides peserta Meet Up-pun segera meluncur ke tempat kejadian Foodcrawl. OTW!




Yang menjadi lokasi Foodcrawl komunitas MALANG LOCAL GUIDES kali ini adalah Rumah Makan AYAM COBLOOS KAWI, Jl. Kawi no. 50, kota Malang. Ada yang menarik dari pemilihan nama rumah makan ini. Konon, menurut Dini Rachmawati, Host Meet Up kali ini, nama "AYAM COBLOOS" terinspirasi dari tanggal pembukaannya yang berdekatan dengan tanggal Pemilihan Umum (Pemilu) di tahun 2014 silam.

"Mau nyoblos (maksudnya ikut Pemilu —Red.), Cobloos dulu!" ujarnya.

Hampir pukul setengah empat sore ketika satu-persatu peserta Foodcrawl mulai berdatangan. Sebagian besar sudah saling mengenal, sedang sebagian yang lain hanya kenal sebatas di media sosial.



Menu-menu unggulan AYAM COBLOOS pun segera dikeluarkan. Ayam cobloos, ayam kampus, bebek mesem, burung puyuh, mencureng cumi ireng, tumisan sayur, tahu goreng, es teh, kunir asem, beras kencur, kopi hitam panas, hingga es tape ketan hitam semua tertata di meja.

BACA JUGA: Malang Local Guides Numpak Macyto! #JelangKosmon17a Radio Kosmonita Malang

Tanpa menunggu dikomando seluruh peserta Foodcrawl segera mengeluarkan kamera masing-masing dan mulai memotret beragam hidangan yang disajikan dari berbagai angle yang menurut mereka paling ciamik.




Dari sudut 45 derajat, dari arah depan, komposisi flat-lay(?), semua dicoba. Dan alhasil kami semua ngiler sebelum waktunya. Hehee..

Seolah peka dengan "perasaan" teman-temannya, Dini pun mempersilahkan kami untuk mencicipi menu yang disajikan. Bismillah.



Sembari menyantap hidangan AYAM COBLOOS, Dini mulai bercerita. Bahwa rumah makan ini selain ada di Malang, ia juga membuka cabang (waralaba) di Blitar, Jember, dan Mojokerto (2 cabang). Dan untuk AYAM COBLOOS yang ada di Malang ini, dapur produksinya berlokasi di daerah Mergan.

"Makanan dikirim ke sini sudah dalam kondisi setengah matang, dan baru diolah menjadi siap santap setelah ada yang memesan," tuturnya.

BACA JUGA: 5 Badge Kontribusi di Google Maps!

Rupa-rupanya pemisahan dapur produksi dengan dapur saji semacam ini sudah menjadi tren di kalangan industri rumah makan karena kepraktisannya. Tinggal goreng-goreng sedikit, beri garnish dan sambal (sambalnya ini enak sekali, btw. Ada sambal pedas yang menggunakan bahan-bahan mentah, ada sambal manis yang merupakan sambal matang, juga sambal penyetan yang adalah varian sambal bawang), kemudian sajikan. Pembeli jadi tidak perlu menunggu terlalu lama.




Satu hal lagi yang khas dari menu ayam goreng di AYAM COBLOOS ini: dagingnya super empuk namun tetap terasa moist, lembut dan lembab, ketika dimakan. Agung Setiawan, Manajer Operasional AYAM COBLOOS, ketika didesak oleh para peserta Foodcrawl apa rahasianya hingga tekstur daging ayamnya menjadi seperti ini hanya menjawab singkat: "Rahasia."

Hehehee..



Hari beranjak petang. Semua menu yang terhidang sudah tandas hanya bersisa tulang. Sesuai kebiasaan sebagai Local Guides, kami pun sudah memberikan ulasan dan rating untuk AYAM COBLOOS ini di GOOGLE MAPS. Rating penuh bintang 5 sudah tentu jadi keputusan karena makanannya yang lezat dan minuman yang nikmat serta pelayanannya yang prima. Pukul 18:00 WIB Dini pun mengakhiri Foodcrawl kali ini dan semua peserta segera pulang dengan kenyang. Alhamdulillaahh..

BACA JUGA: Peringatan Ulang Tahun Ketiga Malang Local Guides! Seru!

AYAM COBLOOS KAWI buka setiap hari pukul 09:00 - 22:30 WIB. Paguyuban Penulis WA "OTW" Padahal Belum Ngapa-ngapain siap ramaikan foodcrawl MALANG LOCAL GUIDES di AYAM COBLOOS KAWI. OTW!



—————
AYAM COBLOOS KAWI

Jl. Kawi No.50, Kauman, Klojen
Kota Malang - Jawa Timur 65116
0813-3311-1508

https://maps.app.goo.gl/KkVHmrzm31VKH32P7



—————
DISCLAIMER:

Ini adalah meet up bersponsor. MALANG LOCAL GUIDES berterima kasih kepada AYAM COBLOOS KAWI yang telah mensponsori meet up kali ini dengan menyediakan makanan dan minuman untuk dicicipi secara gratis. Mereka mengerti bahwa tidak satupun dari Local Guides yang menjanjikan kontribusi dalam bentuk apapun terkait bisnis yang bersangkutan sebagai imbal-balik atas sponsor yang diberikan.

—————
TEKS & FOTO: Ario Wicaksono (IG: @iorikun301)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply