Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » » » » » » » MLG Foodcrawl: Soto Bu Nanang dan Sensasi Cita Rasa Jadulnya



Penulis: Ario Wicaksono (@iorikun301)

Mau pantun: "Soto daging, soto babat (cakeepp!!); soto campur juga ada (cakeepp!!). Enak." Eh, ngg.., rasa-rasanya itu bukan pantun, deh. Tapi Malang Local Guides Foodcrawl di Soto Bu Nanang! (cakeepp!!)
———————



DIBUKA sejak Mei 2019 silam, gerai SOTO BU NANANG Cabang SKI, Jl. Mayjen M. Wiyono no. 22, kota Malang, ini memiliki 3 menu andalan, yakni soto daging, soto babat, dan soto campur (daging dan babat). Konon, soto yang mereka tawarkan memiliki cita rasa yang khas jaman dulu. Alias cita rasa soto jadul.

"Rasa sotonya enak. Pas. Warna kuningnya cantik. Daging dan babatnya empuk. Ditambah boleh meminta tauge ekstra," ungkap salah seorang pengunjung, Fay Sefta.

BACA JUGA: Malang Local Guides Foodcrawl di Kopi Lonceng. Seru!

Beruntung, pada Sabtu (27/07/2019) yang baru lalu komunitas MALANG LOCAL GUIDES diundang oleh pemilik SOTO BU NANANG ini untuk mencicipi menu soto istimewa andalan mereka. Tak kurang dari 9 orang Local Guides menghadiri Foodcrawl sore itu. Dan yang bertindak sebagai Host Meet Up adalah Rivani Rahmadani.




Gerai SOTO BU NANANG Cabang SKI ini menarik. Mengapa? Lazimnya, soto dijual di tempat permanen seperti di rumah ataupun di ruko. Namun SOTO BU NANANG Cabang SKI ini tampil dalam bentuk gerai kompak (booth) yang bisa dengan mudah ditempatkan di mana saja di luar ruang. Rasa-rasanya baru kali ini ada gerai kompak yang berjualan soto. Soto jadul pula!

"Mematahkan mindset (anggapan) bahwa soto itu (dijual) pakai gerobak," tutur Felix, salah seorang anggota MALANG LOCAL GUIDES yang turut hadir.

Hohoo.. ini gerai soto jadul kekinian, anak mudaa..



Dalam setiap kegiatan Foodcrawl (maupun jenis Meet Up lainnya), MALANG LOCAL GUIDES tidak pernah melupakan fungsinya sebagai (sekumpulan) Local Guides, yakni para pemandu lokal yang dengan ekspertis yang mereka miliki menulis ulasan, membagikan foto, menjawab berbagai pertanyaan, menambahkan atau memperbarui informasi mengenai suatu tempat serta memeriksa fakta di GOOGLE MAPS, di mana jutaan pengguna GOOGLE MAPS dari seluruh dunia bergantung pada kontribusi yang diberikan tersebut untuk mereka kemudian memutuskan hendak ke mana mereka pergi dan apa yang akan mereka lakukan di sana.




Penerapannya apa? Salah satunya MALANG LOCAL GUIDES berusaha menambahkan tempat baru gerai SOTO BU NANANG Cabang SKI yang rupa-rupanya masih belum tercantum di GOOGLE MAPS. Beruntung, upaya penambahan tempat baru di GOOGLE MAPS inipun disetujui dan dipublikasikan beberapa waktu kemudian.

BACA JUGA: Buka Bersama Local Guides Indonesia Regional Jawa Timur (Bag. 1)

Oleh sebab itu sekarang para pengguna GOOGLE MAPS bisa dengan mudah mengetahui di mana lokasi persis gerai SOTO BU NANANG Cabang SKI dan bisa menikmati semangkuk-dua sotonya dengan tanpa perlu lagi menebak-nebak enak atau tidak, ya, rasa sotonya, karena ulasan tentang hal ini sudah dibagikan di GOOGLE MAPS oleh Local Guides yang hadir di Foodcrawl ini dan telah mencicipi secara langsung cita rasa sotonya.

"Kuahnya segar, tidak kental (Jawa: mlekoh), tapi kaldunya tetap terasa," tulis Ayun Savitri.




Yang patut dijadikan perhatian, di atas meja untuk menyantap semangkuk-dua sotonya di tempat, ternyata disediakan telur-telur asin. Ini tidak biasa. Mengapa? Karena pada umumnya hidangan yang disantap dengan lauk tambahan telur asin adalah nasi rawon. Tapi di SOTO BU NANANG Cabang SKI ini disediakan telur asin! Ini.. unik.

Tapi rupa-rupanya disediakannya telur asin di gerai SOTO BU NANANG Cabang SKI ini bukan tanpa alasan. Anda sudah tahu, bukan, bahwa soto daging dan soto babat di sini memiliki karakter kuah yang cenderung ringan? Nah, sekarang coba Anda masukkan potongan telur asin ke dalam nasi soto Anda yang masih panas, potong kecil-kecil, lalu lumat dan aduk bagian kuning telurnya dengan kuah sotonya (tim #sotodiaduk —Red.), dan cicipi. Apa yang Anda rasakan?

BACA JUGA: Buka Bersama Local Guides Indonesia Regional Jawa Timur (Bag. 2)

Ya, karakter kuah sotonya seketika berubah! Kuah soto yang semula segar dan ringan kini berubah menjadi kental dan memiliki cita rasa yang lebih kaya! Soto two-in-one! Ya! Pengalaman kuliner yang patut dicoba, bukan?




Tak terasa hari sudah beranjak petang. Waktunya bagi mereka yang memiliki pasangan untuk segera pergi bermalam minggu. Acara Foodcrawl MALANG LOCAL GUIDES di gerai SOTO BU NANANG Cabang SKI ini pun segera diakhiri. Tapi sebelum benar-benar diakhiri, pemilik SOTO BU NANANG ternyata masih memiliki kejutan bagi Local Guides yang hadir: mereka boleh membawa pulang Sambal Soto Bu Nanang yang termahsyur itu sebagai buah tangan. Beruntung sekali, kalian!




Untuk menutup tulisan ini, izinkan saya berpantun: "buah mangga, buah kedondong! (cakeepp!!); kalau pengen soto daging dan soto babat perginya ke mana? Ya ke SOTO BU NANANG, doonngg!!?"

"Seumur-umur baru pertama kali ini makan babat. Ueeenak! Jan cocok!!" Arif Adi.

BACA JUGA: Memperingati Hari Kartini, Museum Musik Indonesia (MMI) Mencuci 200 Keping Piringan Hitam Musisi Perempuan Indonesia!

Ngg.. Mas e, plis, jangan iming-iming. Ini saya (penulis —Red ) belum sempat mencoba soto daging dan soto babatnya SOTO BU NANANG, loh. Ini artikel disusun cuma berdasarkan cerita dan foto-foto kalian yang hadir di acara Foodcrawl. Plis, jangan iming-iming.. T—T





———————
SOTO BU NANANG CABANG SKI

Jl. Mayjen. M. Wiyono No. 22, Polehan, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65126

https://maps.app.goo.gl/zUwPNHbus9ZBsQGfA


———————
PENAFIAN:

Ini adalah meet up bersponsor. MALANG LOCAL GUIDES berterima kasih kepada SOTO BU NANANG yang telah mensponsori meet up kali ini dengan menyediakan makanan dan minuman untuk dicicipi secara gratis. Mereka mengerti bahwa tidak satupun dari Local Guides yang menjanjikan kontribusi dalam bentuk apapun terkait bisnis yang bersangkutan sebagai imbal-balik atas sponsor yang diberikan.

———————
TEKS: Ario Wicaksono (IG: @iorikun301)
FOTO: Istimewa/Dokumentasi Malang Local Guides

#MalangDiGoogleMaps

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply