Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » » » » Pasar Senggol Arbanat: Manisnya Nostalgia Kuliner Indonesia

Penulis: ARIO WICAKSONO (@iorikun301)

nos.tal.gia: (n) 1 kerinduan (kadang-kadang berlebihan) pada sesuatu yang sangat jauh letaknya atau yang sudah tidak ada sekarang; 2 kenangan manis pada masa yang telah lama silam.
(Kamus Besar Bahasa Indonesia versi dalam jaringan [daring])
———————



[MALANG LOCAL GUIDES/NEWS] Dalam rangka turut memeriahkan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tahun, ARBANAT Kitchen, Cafe, and Lounge, Jl. Terusan Dieng no. 4-6, kota Malang, menggelar satu acara unik yang bertajuk PASAR SENGGOL ARBANAT.

Digelar sejak tanggal 8 Agustus lalu hingga 18 Agustus 2019 mendatang, PASAR SENGGOL ARBANAT buka setiap hari Senin-Jumat pukul 17:00-22:00 WIB, dan Sabtu-Minggu pukul 11:00-22:00 WIB. Di sini pengunjung akan mendapati berbagai macam makanan dan minuman tradisional yang dipersiapkan dan diriset khusus oleh kepala juru masak ARBANAT Kitchen, Cafe, and Lounge untuk acara ini.

BACA JUGA: Buka Bersama Local Guides Indonesia Regional Jawa Timur (Bag. 1)

"Chéf kami meriset (makanan dan minuman yang akan disajikan di PASAR SENGGOL ARBANAT) sampai ke Surabaya, Solo, Jakarta, dan kota lainnya," ujar Ibu Sisil, pemilik ARBANAT Kitchen, Cafe, and Lounge.



Dan jerih payah si kepala juru masak dalam meriset menu untuk acara PASAR SENGGOL ARBANAT ini terbayar, karena makanan dan minuman yang disajikan masih memiliki nilai otentisitas yang cukup tinggi dan disajikan dalam standar masakan restoran hotel berbintang.

Menu makanan dan minuman yang disajikan di acara PASAR SENGGOL ARBANAT ini di antaranya rujak onthong (jantung pisang), nasi goreng jowo, mi nyemek, bakso neker (kelereng), tahu telur, nasi gudeg koyor, nasi megono, rujak uleg meduro, sate klopo, beras kencur, kunir asem, ronde, es tung-tung duren, es tung-tung ketan item, rangin, putu waffle, gobet kweni, roti waluh (labu kuning), teh tarik, kopi jos, kopi jahe, hingga kopi tarik. Nostaljik!



Menu-menu makanan dan minuman tradisional ini disajikan hanya selama acara PASAR SENGGOL ARBANAT berlangsung, dan tidak tercantum di menu reguler ARBANAT Kitchen, Cafe, and Lounge. Kendati demikian, menurut Ibu Sisil, pengunjung masih bisa memesan menu reguler ARBANAT Kitchen, Cafe, and Lounge. Hanya saja khusus untuk menu reguler tradisional sudah tidak lagi bisa dipesan ketika acara PASAR SENGGOL ARBANAT berlangsung.

"Semua karyawan untuk menu reguler tradisional difokuskan untuk melayani PASAR SENGGOL ARBANAT," imbuhnya.



Yang unik di PASAR SENGGOL ARBANAT, selain dihadirkannya gubug-gubug tradisional beratap daun kelapa dan para pramusaji yang berjarit (perempuan) dan bercelana gombor (laki-laki), "mata uang" yang digunakan untuk bertransaksi di sini adalah "mata uang" Arbanat, di mana 1 Arbanat = 9 ribu rupiah (sudah termasuk pajak). Pengunjung bisa "menukarkan" uang Rupiah mereka ke "mata uang" Arbanat di konter yang sudah disediakan.

BACA JUGA: Foodcrawl di Soto Bu Nanang Cab. SKI

Jadi jangan heran kalau nanti Anda dapati daftar menu dan harga yang terpasang di depan masing-masing "lapak" ditulis dalam satuan "mata uang" Arbanat, dan pengunjung bisa langsung bertransaksi dengan si "penjual" di lapak masing-masing. Benar-benar mirip seperti suasana pasar tradisional di desa-desa jaman dulu, termasuk adanya antrean pembeli yang mengular di lapak-lapak yang berdekatan, yang kadang sampai berdesakan kalau ada yang tidak sabaran, serta pramusaji yang kerap terlihat kebingungan ke sana ke mari mencari siapa tadi pemesan makanan/minuman di lapaknya. Seru sekali, bukan?



Yaa.., barangkali kalau ada "kuli-kuli angkut" yang lalu-lalang di antara ramainya pengunjung sembari memanggul buntalan-buntalan besar di punggungnya sampai terbongkok-bongkok dan berulang kali berteriak "hush, hush, awas panaass!!", ini akan menambah otentisitas suasana pasar senggolnya. Mirip seperti suasana Pasar Klewer yang tergambar di novel "Canting" karya alm. Arswendo Atmowiloto. Hahaa..



Tak hanya di itu, di PASAR SENGGOL ARBANAT ini pengunjung juga bisa mengikuti lomba foto bertema "Pasar Senggol Arbanat" yang berhadiah total jutaan rupiah untuk 4 orang pemenang.

Syarat dan ketentuan untuk mengikuti lomba foto ini antara lain 1) follow akun IG Arbanat; 2) pengambilan foto selama acara Pasar Senggol berlangsung, tanggal 8-18 Agustus 2019 di lokasi Arbanat; 3) foto dalam batas wajar kesopanan dan tidak mengandung unsur kekerasan/SARA; 4) foto berkisar Human Interest, ambience/lingkungan sekitar; 5) penilaian berdasarkan kesesuaian tema, moment, kejernihan foto, angle foto, dapat berwarna ataupun hitam putih;

BACA JUGA: Tips Membuat Daftar Tempat Favorit di Google Maps

6) Batas editing yang diperbolehkan: cropping, contrast & brightness. Tidak diperbolehkan menghilangkan atau menambah obyek dalam foto; 7) foto yang diikutkan lomba diposting di akun instagram masing-masing peserta, tag dan mention akun IG Arbanat dan 3 orang teman, dengan hashtag #arbanatphotocontest #pasarsenggolarbanat2019 #thearbanat; 8) batas akhir pengunggahan foto: 18 Agustus 2019 pukul 00:00; 9) pengumuman pemenang tanggal 20 Agustus 2019; dan 10) keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. Selaku dewan juri adalah Monita Gunawan (fotografer profesional) dan Arbanat Team.



PASAR SENGGOL ARBANAT. Bagi Anda yang ingin bernostalgia dengan kuliner-kuliner jadul dan mengenal seperti apa suasana pasar tradisional Indonesia tempo dulu, barangkali acara ini bisa jadi pilihan yang sangat tepat. Mengenang, dan mengenal, kenangan manis pada masa yang telah lama silam.

"Dengan adanya PASAR SENGGOL ARBANAT, bagi generasi seusia saya ini bisa menjadi nostalgia pasar kuliner tempo dulu. Dan bagi generasi milenial bisa menjadi pilihan kuliner yang sedikit berbeda," ungkap salah seorang pengunjung.

PASAR SENGGOL ARBANAT (ARBANAT Kitchen, Cafe, and Lounge, Jl. Terusan Dieng no. 4-6, kota Malang) buka setiap hari Senin-Jumat pukul 17:00-22:00 WIB, dan Sabtu-Minggu pukul 11:00-22:00 WIB, dari tanggal 8-18 Agustus 2019. Jangan sampai ketinggalan!


———————

THE ARBANAT KITCHEN, CAFE, AND LOUNGE

Jl. Terusan Dieng No.4-6, Pisang Candi, Sukun, Pisang Candi, Kec. Sukun, Kota Malang, Jawa Timur 65146
(0341) 573000

https://maps.app.goo.gl/S3zMDiThZHPP7ga38


———————
TEKS dan FOTO: Ario Wicaksono (IG: @iorikun301)

#MalangDiGoogleMaps
#spon

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply