Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » Connect Live 2019: Ada Kabar Apa dari Amerika?

CONNECT LIVE 2019:
ADA KABAR APA DARI AMERIKA?

Penulis: ARIO WICAKSONO
(IG: @iorikun301)



Gelaran akbar CONNECT LIVE 2019 baru saja rampung medio November yang baru lalu. Sebanyak 200 orang Local Guides dari 64 negara, termasuk Indonesia, ngariung selama beberapa hari di Kampus Google, San Jose, Amerika Serikat. Lalu, ada kabar apa dari Amerika?
———————

Meet Up Have Fun


[MALANG LOCAL GUIDES/NEWS] Pertama kali digelar pada tahun 2016 silam, CONNECT LIVE 2019 (d/h Local Guides Summit) merupakan ajang Meet Up tahunan para Local Guides dari seluruh dunia. Kegiatan ini bertujuan, terutama sekali, adalah untuk saling mengenal dan mengakrabkan diri antara satu Local Guides dengan lainnya.

"Kita di sini (CONNECT LIVE 2019) untuk merayakan para Local Guides terbaik kita. ... Ada sejumlah alasan mengapa mereka (peserta CONNECT LIVE 2019) berada di sini. Namun yang pertama dan paling utama adalah untuk saling terhubung antar satu dengan lainnya," ujar Mara Chomsky, Kepala Program Google Local Guide.

CONNECT LIVE 2019 berlangsung dari tanggal 12-15 November 2019 di San Jose, California, Amerika Serikat. Total sebanyak 200 orang Local Guides dari 64 negara, termasuk Indonesia, terpilih untuk menghadiri Connect Live tahun ini dan menyisihkan ribuan pendaftar lainnya dari seluruh dunia.

Nyai Nurjanah (left) and Angie Y.C. (right)


Nyai Nurjanah, salah seorang peserta CONNECT LIVE 2019 dari Indonesia, mengungkapkan, "seolah masih tak percaya bahwa aku betul-betul diundang ke Kampus Google. Aku masih terus bertanya dalam hati, apakah ini nyata? Dan, wah, ternyata ini beneran!"

Ia menghadiri CONNECT LIVE 2019 ini bersama enam orang Local Guides lainnya dari Indonesia. Ia sendiri merupakan seorang Local Guides level 10 yang berasal dari Sukabumi, Jawa Barat.

Festivities


Selama empat hari, gelaran CONNECT LIVE 2019 diisi dengan beragam kegiatan menarik yang amat padat. Tak kurang dari 14 seminar dan 15 sesi workshop dan breakout bisa diikuti oleh para peserta yang berpusat di Kampus Google, Google MP7 Event Center, Sunnyvale, California. Namun sayang: "aku tidak bisa bercerita banyak mengenai detil konten karena di bawah naungan NDA (Non-Disclosure Agreement; Kesepakatan Tutup Mulut —Red.)," tutur Nyai Nurjanah.

What's happened in San Jose, stays in San Jose.. #keluh

Mara Chomsky


CONNECT LIVE 2019 HARI 1: RESEPSI PENYAMBUTAN

Siang itu (12/11) sebanyak 200 orang Local Guides dari 64 negara, bersama dengan tim Google Local Guides, berkumpul untuk secara resmi memulai gelaran CONNECT LIVE 2019 di San Jose, California, Amerika Serikat.

Karena berasal dari kota, bahkan negara, yang berbeda, tak sedikit dari para peserta yang mengenakan busana khas dari kota/negaranya masing-masing. Suasana nampak begitu meriah, akrab, dan hangat.

"Ini kayak ketemu sama teman lama yang kita belum pernah ketemu saja sebelumnya," ujar salah seorang peserta.

Google Pixel 3 XL


Dalam resepsi penyambutan ini juga dibuka "Pasar Dunia." Di sini para peserta CONNECT LIVE 2019 bisa saling bertukar suvenir dan oleh-oleh khas dari negara masing-masing. Para peserta juga boleh berswafoto menggunakan kamera instan yang telah disediakan dan menempelkan fotonya di sebuah "pohon keluarga."

"Kami merasa bahwa Local Guides dan komunitas ini (peserta CONNECT LIVE 2019) adalah keluarga. Oleh sebab itu kami ingin mengabadikannya di pohon keluarga kami," ucap Mara Chomsky.

Seru sekali, bukan?

Family Tree


Namun keseruan hari pertama CONNECT LIVE 2019 tidak berhenti sampai di situ. Masih ada satu kejutan asyik dari Google untuk menutup agenda kegiatan di hari ini: ada pengumuman bahwa setiap peserta CONNECT LIVE 2019, ulangi, SETIAP PESERTA CONNECT LIVE 2019 akan menerima sebuah ponsel pintar GOOGLE PIXEL 3 XL untuk membantu mereka mengabadikan serunya CONNECT LIVE 2019. Wow! Amazing!!

Maka berbondong-bondonglah mereka mengantre di meja registrasi untuk menerima satu ponsel pintar baru. And let's call it a day..

Playing Blocks


CONNECT LIVE 2019 HARI 2: PERAYAAN PENCAPAIAN

Hari kedua, Rabu (13/11). Di hari inilah sebetulnya CONNECT LIVE 2019 baru benar-benar dimulai. Mengambil tempat di kampus Google di gedung MP7 Event Center, Sunnyvale, California, tema hari ini adalah tentang perayaan pencapaian Local Guides serta dampak dari kontribusi mereka di Google Maps.

"Tahukah kalian, dari grup (peserta CONNECT LIVE 2019) ini saja, total berapa kali (foto-foto) kalian dilihat (di Google Maps)?" tanya Mara Chomsky memulai pagi. "Tiga setengah milyar kali!"

(Trivia: Secara total, 200 orang peserta CONNECT LIVE 2019 ini telah memberikan kontribusi di Google Maps sebanyak lebih dari 700 ribu foto, hampir 80 ribu ulasan, dan foto-fotonya telah dilihat lebih dari 3,5 milyar kali. This is huugee!!)

Jen Fitzpatrick


Dalam sambutannya Mara Chomsky juga mengingatkan kembali tentang misi komunitas Local Guides ini, yakni untuk membantu. To help.

"Yang ajaib dari komunitas (Local Guides) ini adalah mereka secara ajeg membagikan pengetahuan, pengalaman, dan semangat mereka. ... Mereka benar-benar telah membentuk dunia nyata dengan cara yang jauh lebih luas ketimbang sekadar ulasan (yang diberikan). Mereka melakukan hal ini semua karena mereka ingin membantu," ujarnya.

Google Team


Setelah dibuka oleh Mara Chomsky, ia kemudian memperkenalkan pembicara utama di hari ini, yakni Jen Fitzpatrick, SVP Google Maps.

Ibu Jen berkata, "event ini menjadi satu sorotan saya untuk tahun ini karena ini merupakan satu kesempatan untuk bisa benar-benar terhubung dengan Anda semua dan bisa ngariung dengan sekelompok kecil komunitas yang benar-benar mentenagai apa kami lakukan di Google Maps."

Pins


Seusai Mara Chomsky dan Jen Fitzpatrick menyampaikan pidatonya, kemudian giliran Googler (pegawai Google —Red.) dan Local Guides terpilih yang menyampaikan pengalaman pribadi dan profesional mereka terkait Google Maps dan Local Guides untuk lebih mengispirasi hadirin.

Siangnya beberapa sesi breakout digelar. Topik-topik seperti "Memanfaatkan Konten-konten Inspiratif," "Menggunakan Connect (Local Guides Connect —Red.) untuk Saling Terhubung," dan "Menggunakan Map Editing Lebih Lanjut," didiskusikan antara tim Google dan para Local Guides yang hadir.

Mission Statement


Kegiatan padat CONNECT LIVE 2019 hari inipun ditutup dengan sesi makan-makan dan foto-foto. Lelah? Pasti. Senang? Juelass!!

"Semangatmu, komitmenmu untuk menjadi seorang Local Guides, untuk menjadi bagian dari komunitas ini, serta mewakili kota dari mana kamu berasal, tak ternilai harganya."

Kata-kata dari Mara Chomsky tersebut di atas masih terngiang. Lalu bagaimanakah keseruan CONNECT LIVE 2019 hari ketiga dan keempat? Serta bagaimana dengan Meet Up Dadakan yang diselenggarakan beberapa Local Guides peserta CONNECT LIVE 2019 untuk turut memeriahkan event tahunan ini? Simak di bagian kedua tulisan ini: Connect Live 2019: Bertemu, Belajar, dan Menjelajah

So Fun


———————
INDEKS ARTIKEL:

1. Connect Live 2019: Ada Kabar Apa dari Amerika?

2. Connect Live 2019: Bertemu, Belajar, dan Menjelajah

3. Connect Live 2019: Nyai Nurjanah dan Event yang Amazing!

———————
TEKS: Ario Wicaksono (IG: @iorikun301)/Disadur dari:
@mchomsky. "Bringing the Magic of Our Community to Life at Connect Live 2019." Local Guides Connect, 22 Nov. 2019, https://www.localguidesconnect.com/t5/Announcements/Bringing-the-magic-of-our-community-to-life-at-Connect-Live-2019/ba-p/2070179.
@katiemcb. "Local Guides Gather in San Jose to Kick Off Connect Live 2019." Local Guides Connect, 12 Nov. 2019, https://www.localguidesconnect.com/t5/Announcements/Local-Guides-gather-in-San-Jose-to-kick-off-Connect-Live-2019/ba-p/2055173.
@katiemcb. "Community Comes Together at Connect Live 2019." Local Guides Connect, 14 Nov. 2019, https://www.localguidesconnect.com/t5/Announcements/Community-comes-together-at-Connect-Live-2019/ba-p/2057171.
@katiemcb. "Moving Forward Together at Connect Live 2019." Local Guides Connect, 15 Nov. 2019, https://www.localguidesconnect.com/t5/Announcements/Moving-forward-together-at-Connect-Live-2019/ba-p/2058564.
@katiemcb. "Connect Live 2019 Closed With a True Celebration of Local Guides." Local Guides Connect, 18 Nov. 2019, https://www.localguidesconnect.com/t5/Announcements/Connect-Live-2019-closed-with-a-true-celebration-of-Local-Guides/ba-p/2062593.
Google Local Guides. "Connect Live 2019 Recap." YouTube, 19 Nov. 2019, https://youtu.be/U68r5iZUHyg.

FOTO: Dokumentasi GOOGLE LOCAL GUIDES (https://photos.google.com/share/AF1QipMFE9K2alPlJm74BDXR2wy_SWiWhzDyvrLTD7zm6mfvKhcVSnrsNvvR-o3O6qW7eQ?key=NkhXS0ZYV1dfS1U3Sk41alA5MEpNVWI5OXhITklR)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply