Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » Banjir Jakarta dan SOS Alerts Google Maps



BANJIR JAKARTA DAN SOS ALERTS GOOGLE MAPS

Penulis: ARIO WICAKSONO
(IG: @iorikun301)

Hah? Jakarta banjir? Di mana? Sejak kapan? Separah apa banjirnya? Hah, hah, panik, panik! Sstt, tenang. Pantau dulu SOS Alerts di Google Maps!
—————

SOS Alerts Banjir Jakarta


SEJAK pertengahan 2017 silam, Google telah mengintroduksi satu fitur baru di Google Search dan Google Maps. Fitur ini digunakan untuk membantu para pengguna Google memperoleh informasi yang tepat, cepat, dan akurat mengenai keadaan krisis/bencana besar yang terjadi di area mereka.

Dengan hal ini diharapkan mereka (para pengguna Google terdampak bencana —Red.) bisa secara tepat memutuskan langkah-langkah apa yang musti mereka ambil dalam menyikapi situasi kebencanaan tersebut. Fitur ini disebut sebagai GOOGLE SOS ALERTS (Peringatan Darurat).

Google akan mengaktifkan fitur Peringatan Darurat ini selama kejadian krisis/bencana besar yang meliputi bencana alam, bencana yang disebabkan oleh ulah manusia, dan juga bencana kemanusiaan di suatu wilayah.

Namun sebelum fitur ini diaktifkan, Google akan terlebih dahulu memeriksa beberapa hal, di antaranya konektifitas internet di area terdampak bencana, ketersediaan rilisan informasi resmi dari pemerintah maupun dinas/organisasi terkait, serta besaran dampak dari krisis/bencana yang terjadi.

Deskripsi Singkat Mengenai Situasi Bencana


Selama masa bencana, Peringatan Darurat ini akan muncul pada baris atas hasil pencarian apabila pengguna mengetikkan bencana atau lokasi terjadinya bencana tersebut di kolom pencarian Google. Selain itu Google juga merangkumkan informasi kebencanaan dari para responden pertama serta rilisan resmi dari pejabat/dinas berwenang lokal dengan beragam produk/layanan Google di antaranya Google News, Google Maps, Waze, dan lain sebagainya.

Para pengguna akan mendapat peta bencana, berita-berita terbaru dari beragam media massa mengenai perkembangan situasi terkinj, serta, jika tersedia, berbagai informasi lokal resmi seperti misalnya nomor kontak darurat, website resmi dinas-dinas terkait, serta beberapa frasa kata penting dalam bahasa lokal.

Dan apabila Anda merupakan pengguna aplikasi Google versi termutakhir (Android maupun iOS) dan telah menghidupkan fitur lokasi di gawai Anda, maka Anda akan memperoleh notifikasi mengenai informasi Peringatan Darurat tersebut di atas apabila Anda sedang berada di dekat area terdampak bencana/krisis.

Namun untuk para pengguna yang berada di luar area terdampak bencana, mereka tetap bisa memperoleh informasi Peringatan Darurat ini apabila mereka melakukan pencarian dengan frasa yang relevan.

Pemutakhiran Road Closure



BANJIR JAKARTA DAN SOS ALERTS

BENCANA banjir di Jakarta pada awal tahun 2020 yang baru lalu merupakan contoh bagaimana fitur GOOGLE SOS ALERTS (Peringatan Darurat) ini diaktifkan. Selama kejadian bencana banjir, para pengguna layanan Google yang berada di seputaran Jakarta memperoleh notifikasi di gawai mereka mengenai kejadian bencana ini.

Di Google Maps juga muncul satu ikon spesifik "Banjir Jakarta," yang ketika diketuk akan muncul beragam informasi terkini mengenai perkembangan situasi kebencanaannya serta nomor-nomor telepon penting/darurat yang bisa dihubungi.

Selain itu para pengguna Google Maps juga bisa mengetahui jalan-jalan mana saja yang ditutup karena banjir, situasi terkini arus lalu lintas, serta mereka juga bisa melaporkan perkembangan terbaru mengenai situasi penutupan jalan yang mereka temui.

Adanya fitur Peringatan Darurat di masa krisis/bencana besar ini tentu sangat bermanfaat bagi para pengguna layanan di sekitar wilayah terdampak bencana maupun mereka yang berada di luar wilayah terdampak bencana. Fitur ini bisa menjadi one-stop-shopping informasi darurat kebencanaan karena selain menyediakan notifikasi peringatan darurat, fitur ini juga menyediakan gambaran situasi terkini  di lapangan, beragam nomor darurat yang bisa dihubungi, dan juga kilasan berita dari beragam kantor berita yang terpercaya.

Bencana memang tak pernah diharapkan terjadi. Namun fitur GOOGLE SOS ALERTS (Peringatan Darurat) ini tentu bisa membantu pengguna/masyarakat terdampak bencana untuk memutuskan tindakan apa yang musti mereka lakukan ketika berhadapan dengan situasi krisis/bencana semacam ini.

Yuk, bisa, yuk!?

Sari Berita Penting Mengenai Situasi Terkini


—————
TEKS: Ario Wicaksono (IG: @iorikun301)/Disadur dari:

@MegS. "Helping People in a Crisis Through SOS Alerts." Local Guides Connect, 9 Juli 2017, https://www.localguidesconnect.com/t5/News-Updates/Helping-people-in-a-crisis-through-SOS-Alerts/ba-p/444361

@AriMar. "Help Your Community During a Crisis." Local Guides Connect, 9 Juli 2019, https://www.localguidesconnect.com/t5/Announcements/Help-your-community-during-a-crisis/ba-p/1878012

Matias, Yossi. "Helping People in a Crisis."  The Keyword, 25 Juli 2017, https://www.blog.google/products/search/helping-people-crisis/

FOTO: Tangkapan layar Google SOS Alerts

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply