Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » » » » » » » Meet Up Sore di Hotel Front One Boutique B21 Malang



MEET UP SORE DI HOTEL FRONT ONE BOUTIQUE B21 MALANG

Penulis: ARIO WICAKSONO
(IG: @iorikun301)

Konon, aplikasi peta digital Google Maps hampir selalu menjadi rujukan ketika pengguna aplikasi ini hendak berkunjung ke suatu tempat. Testimoni dan ulasan dari pengunjung sebelumnya di Google Maps menjadi salah satu faktor kunci bagi mereka mengambil keputusan, tak terkecuali ketika mereka sedang menimbang-nimbang hendak menginap di hotel mana di kota yang mereka kunjungi. 

Apakah para pengelola hotel menyadari tren ini? Lalu bagaimana mereka menyikapinya? MALANG LOCAL GUIDES mendiskusikannya untuk Anda.
———————

Ruang Komunal Front One Boutique B21 Lantai 1

Peserta Meet Up Memotret Interior


[MALANG LOCAL GUIDES/News] Sore itu, Selasa (10/12/2019), komunitas MALANG LOCAL GUIDES diundang oleh manajemen Hotel Front One Boutique B21 Malang untuk melakukan Photowalk dan bincang santai di hotel yang terletak di Jl. Baluran no. 21, Oro-oro Dowo, kota Malang, ini. Sebanyak 13 orang Local Guides dari kota Malang dan sekitarnya menghadiri Meet Up kali ini.

Tepat pukul 16:00 WIB, acara dibuka oleh Erny Kusuma (Co-Host/anggota komunitas MALANG LOCAL GUIDES). Secara singkat ia menjelaskan apa saja kegiatan yang akan dilakukan pada Meet Up kali ini, yakni Photowalk dan Room Tour, serta akan ada sesi diskusi mengenai manfaat Google Maps bagi perkembangan bisnis perhotelan khususnya di Hotel Front One Boutique B21 Malang ini.

Berdiskusi dan Memberi Ulasan di Google Maps

Hotel Tour

Setelah sesi perkenalan seluruh peserta Meet Up, sesi selanjutnya adalah perkenalan hotel dan beragam fasilitas yang disediakan, serta sesi diskusi tentang sejauh mana ulasan yang dibagikan Local Guides di Google Maps bermanfaat bagi pengguna aplikasi ini serta bagaimana pelaku bisnis menggunakannya untuk mengembangkan bisnis mereka.

Yang bertindak sebagai narasumber dalam diskusi kali ini adalah Asep Saifuddin, Manajer Hotel Front One Boutique B21 Malang (menurut pengakuannya, Asep Saifuddin sendiri adalah seorang Local Guides level 6 —Red.).

Tak dipungkiri salah satu manfaat praktis dari ulasan dan beragam informasi yang dibagikan Local Guides di Google Maps adalah hal tersebut bisa membantu banyak pengguna aplikasi peta digital ini untuk terlebih dahulu mengenal seperti apa tempat yang akan mereka datangi sebelum mereka benar-benar datang ke tempat tersebut, baru kemudian mereka mengambil keputusan.

Erny Kusuma (Co-Host Meet Up)

Asep Saifuddin (Manajer Front One Boutique B21 Malang)


Hal ini mirip dengan apa yang disampaikan oleh Asep Saifuddin. Menurutnya, tren pemesanan kamar hotel di kota Malang beberapa waktu terakhir ini adalah same day booking. Pemesanan kamar hotel baru dilakukan pada hari yang sama mereka (calon tamu hotel —Red.) sampai di kota tujuan.

"Tidak jarang mereka baru mencari dan memesan kamar hotel ketika mereka baru keluar dari gerbang tol atau turun dari kereta api," tuturnya. "Kadang di pagi hari masih sepi, tapi menjelang sore hari kamar-kamar penuh terisi."

Peserta Meet Up Memperkenalkan Diri

Berpose di Depan Tangga Menuju Lantai 2

Bergaya arsitektur modern-klasik dengan total 22 kamar yang bisa dipesan (published rate Rp450.000,- - Rp1.500.000,- per kamar per malam), Hotel Front One Boutique B21 Malang merupakan salah satu hotel di bawah pengelolaan Azana Hotels & Resorts Management yang berpusat di Solo, Jawa Tengah, yang menguasai tak kurang dari 40 properti di seluruh Indonesia dengan 3 properti di antaranya berada di kota Malang dan Batu, Jawa Timur. Tingkat okupansi dari Hotel Front One Boutique B21 Malang ini sendiri berkisar antara 70-80 persen.

"Sebanyak 75 persen pengunjung melakukan pemesanan kamar secara online, sedang 25 persen sisanya datang langsung ke hotel," ungkap Asep Saifuddin.

Sebagai informasi, akun Hotel Front One Boutique B21 Malang di Google Maps sudah terintegrasi dengan berbagai layanan pemesanan kamar online. Sehingga para (calon) pengunjung bisa sekaligus langsung melakukan pemesanan kamar di saat mereka sedang menimbang-nimbang beragam ulasan dan informasi lain mengenai hotel ini di Google Maps.

Memeriksa Fakta di Google Maps

Room Tour

"Biasanya kaum ibu yang lebih teliti dan rinci dalam mencari informasi tentang penginapannya jika dibandingkan dengan kaum bapak yang relatif lebih simpel dalam mengambil keputusan," terang Asep Saifuddin.

Dan salah satu strategi yang diterapkan manajemen Hotel Front One Boutique B21 dalam merespon situasi ini adalah para tamu yang akan segera check-out dari hotel diminta kesediaannya untuk memberikan ulasan mengenai pelayanan hotel ini di Google Maps dan Pemilik (Owner) akun hotel akan membalas setiap ulasan yang masuk.

"Dengan begini si penulis ulasan bisa tahu bahwa ulasan yang mereka tulis ada yang membaca," kata Asep Saifuddin. Strategi yang menarik untuk menjaga hubungan baik pelaku bisnis dan pelanggan dengan memanfaatkan fitur yang tersedia di Google Maps.

Ruang Komunal di Lantai 2

Foto-foto Difoto

Seusai sesi diskusi, sesi berikutnya adalah Photowalk dan room tour. Dengan dipandu oleh Asep Saifuddin sendiri dan beberapa karyawan hotel, para peserta diajak berkeliling ke sekitaran hotel dan masuk ke beberapa kamar untuk diperkenalkan seperti apa fasilitas yang tersedia di hotel ini.

Beberapa kamar yang diijinkan untuk dimasuki di antaranya kamar Dahlia 104 (Suite), Jacaranda 202 (Executive), Kanna 203 (Suite), serta Zinia 301 (Family Suite).

"Kamarnya bersih, seprei wangi, dan kasurnya empuk. Suasananya seperti di rumah," tutur Fay Sefta.

Memotret Interior

Kamar Suite Dahlia 104

Selama Photowalk dan room-tour seluruh anggota MALANG LOCAL GUIDES yang hadir dalam Meet Up kali ini begitu bersemangat menjepretkan kamera mereka ke segenap penjuru hotel yang memajang beragam pernak-pernik unik dan etnik di dalamnya. Beberapa foto di antaranya diunggah ke Google Maps untuk melengkapi ulasan dari hotel ini.

"Saat berada di lantai 1 mungkin konsepnya masih klasik rumahan biasa. Tapi saat naik ke lantai 2 benar-benar kagum dengan konsep klasik modernnya hingga serasa sedang menginap di luar negeri," tulis Atik the Explorer.

Puas berkeliling hotel, para peserta Meet Up MALANG LOCAL GUIDES pun kembali ke ruang komunal di lantai 1. Setelah beristirahat sejenak sembari menandaskan hidangan yang telah disediakan, tepat pukul 18:00 WIB acara Photowalk dan diskusi sore pemanfaatan Google Maps dalam bisnis perhotelanpun diakhiri. Seluruh peserta saling berpamitan dan kembali ke rumah tinggal masing-masing.

"Kemarin kami sampai lembur memasang biji wijen di onde-ondenya satu-satu," bisik Asep Saifuddin. Sempat-sempatnya..

Ciao!


———————

HOTEL FRONT ONE BOUTIQUE B21 MALANG

Jl. Baluran No.21, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119
0812-9080-8060

https://maps.app.goo.gl/M9VvQP48h3EY1eFr6



———————
Penafian: Ini adalah Meet Up bersponsor. Pengelola hotel akan menyediakan Pemandu selama hotel tour dan kudapan khas hotel untuk dinikmati peserta secara gratis. Pengelola hotel telah mengetahui dan menyetujui bahwa Local Guides tidak memberikan ulasan sebagai imbal-balik atas sponsor yang diberikan.

———————
TEKS dan FOTO: Ario Wicaksono (IG: @iorikun301)

#MalangDiGoogleMaps
#Spon

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply