Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » » » » Menjadi Host Meet Up Tanpa Ribet Bag. 1: Menyusun Agenda Meet Up



MENJADI HOST MEET UP TANPA RIBET Bag. 1:
MENYUSUN AGENDA MEET UP

Penulis: ARIO WICAKSONO
(IG: @iorikun301)

Menjadi Tuan Rumah (Host) Local Guides Meet Up itu ribet? Ah, kata siapa? Berikut saya rangkumkan langkah-langkahnya untuk Anda:
———————



MALANG LOCAL GUIDES — Meet Up adalah sarana di mana para Local Guides bisa saling bertemu di dunia nyata, lalu bersama-sama mereka menjelajahi tempat-tempat baru di kota, menjajal beragam kudapan khas berselera, atau mungkin sekadar ngopi-ngopi cantik sembari saling berkenalan dan mengakrabkan diri.

"Halo, saya Ario. Jomblo. Kamu siapa?"

Setiap Local Guides berhak menjadi Tuan Rumah (Host) Meet Up, asalkan minimal ia sudah mencapai Level 3 di laman kontribusi Local Guidesnya. That's it! Hanya itu syarat bagi seorang Local Guides untuk bisa menjadi Tuan Rumah Meet Up. Mudah, bukan?



BUAT RENCANA

Agar Meet Up yang akan Anda gelar bisa berjalan lancar, sudah barang tentu Anda butuh rencana. Yang pertama tentukan dulu kapan (tanggal berapa —Red.) Meet Up tersebut akan Anda selenggarakan. Sekadar usulan: pilihlah tanggal yang sekiranya banyak Local Guides bisa hadir. Akhir pekan atau di tanggal-tanggal merah bisa menjadi pertimbangan.

Namun tentu tidak akan ada yang menyalahkan Anda kalau ternyata Anda lebih memilih tanggal di tengah minggu untuk menyelenggarakan Meet Up Anda. You're the Host. Anda Tuan Rumahnya!

Yang berikutnya tentukan agenda kegiatannya. Meet Up yang hanya 4D (Duduk-Diam-Dlongap-Dlongop) tentu kurang menarik. Namun ini tidak berarti Anda musti mengagendakan kegiatan yang super ribet, seperti misalnya pergi ke luar angkasa, hipotermia di Kutub Utara, lalu menghilang di Samudera Antartika. Tidak perlu. Bahkan sekadar rame-rame andok bakso di dekat stasiun pun bisa jadi agenda Meet Up yang menyenangkan. Nyamm..



Ada 4 agenda Meet Up yang bisa Anda pilih, yakni: 1) GEOWALK, menjelajahi sudut-sudut kota yang barangkali jarang didatangi, bagikan foto dan ulasan serta memeriksa fakta dan memperbarui informasi di Google Maps dari tempat-tempat yang dikunjungi;

2) PHOTOWALK, berjalan-jalan santai di area kota yang indah dan instagenic, sembari berburu foto yang menarik, dan tak lupa membagikannya ke Google Maps agar Local Guides lain yang tidak ikut akan merasa iri (eh, maksudnya agar para pengguna Google Maps bisa tahu keindahan sudut kota yang ini);

3) FOODCRAWL, pergi ke suatu rumah makan yang baru buka di kota, lalu mengeksplorasi dan mencicipi beragam makanan-minuman yang disajikan di sana; dan 4) MAP EDITING, yakni bersama-sama memeriksa fakta dan melengkapi informasi tentang beberapa tempat yang tercantum di Google Maps sehingga informasi yang ada di peta digital ini senantiasa tepat dan lengkap.



DAFTARKAN DI LAMAN MEET UP GOOGLE MAPS

Setelah Anda menyusun rencana kegiatan dari Meet Up yang akan Anda selenggarakan, maka langkah berikutnya adalah mendaftarkan agenda Meet Up Anda tersebut ke laman khusus Meet Up Google Maps, dengan terlebih dahulu melakukan log-in dengan akun Google milik Anda.

Di laman pendaftaran ini Anda akan diminta untuk menyiapkan beberapa hal, di antaranya: 1) foto/banner Meet Up yang akan Anda selenggarakan dengan ukuran 1030 x 350 pixels; 2) nama/judul Meet Up; 3) jenis/agenda Meet Up (pilih salah satu: Geowalk, Photowalk, Foodcrawl, Map Editing, atau Others);



4) deskripsi singkat (maksimal 1.500 karakter) dan lengkap tentang Meet Up Anda tersebut dan hal-hal menarik apa saja yang akan peserta Meet Up lakukan selama pertemuan berlangsun; 5) lokasi Meet Up; 6) tanggal Meet Up; 7) waktu pelaksanaan Meet Up; serta 8) kuota/jumlah maksimal peserta (bila ada).

Setelah Anda melengkapi dan mendaftarkan agenda Meet Up Anda ini, maka tim dari Google kemudian akan menelaah proposal Meet Up Anda ini dalam waktu sekitar 1 minggu sebelum akhirnya menyetujui atau tidak menyetujui agenda Meet Up Anda ini. E-mail pemberitahuan mengenai hal ini akan dikirimkan ke alamat e-mail Anda.

Agenda Meet Up yang telah disetujui akan dicantumkan di laman kalender kegiatan resmi Google dan terkoneksi dengan laman profil Anda di Local Guides Connect.



PROMOSIKAN!

Setelah agenda Meet Up Anda disetujui, apakah ini berarti sekarang Anda sudah bisa ongkang-ongkang kaki sembari menunggu tanggal pelaksanaan Meet Up? Oh, tentu tidak, dong, dong-dong dong-dong!? Promosikan agenda Meet Up Anda tersebut ke kanal-kanal media sosial yang Anda punya!

Connect, Instagram, grup WhatsApp, Twitter, Youtube, Facebook komunitas, hingga barangkali pasang iklan baris di surat-surat kabar terbitan lokal, semuanya!

Memangnya Anda mau Meet Up Anda sampai nihil peserta hanya gara-gara Anda enggan mempromosikan agenda Meet Up Anda tersebut? Oh, tentu tidak, dong, dong-dong, dong-dong!?

Namun tentu saja hal ini sesuaikan dengan kemampuan Anda. Tidak perlu terlalu ngoyo. Karena menurut saya, inti dari Meet Up adalah bersenang-senang. Nikmati suasananya, ketemu orang-orangnya, dapatkan manfaatnya. Sepakat?



PADA HARI-H

Maka tibalah hari itu, hari yang telah Anda tunggu-tunggu: hari-pelaksanaan-Meet-Up! ((( t a r a k  d u n g  c e s s ! ! )))

Sebagai Tuan Rumah Meet Up, Anda tentu diharapkan untuk bisa tiba di lokasi acara lebih awal ketimbang peserta lainnya. Untuk apa? Yaitu untuk memastikan segala sesuatunya telah siap untuk dipergunakan pada Meet Up hari itu. Final check.

Selain itu juga amat disarankan bagi Anda untuk terlebih dahulu melakukan reservasi di venue yang akan digunakan, serta, jika memungkinkan, lakukan survei untuk rute Photowalk/Geowalk yang akan dilakukan (jika diagendakan). Selain demi kelancaran acara, hal ini bisa membuat Meet Up Anda nampak lebih profesional, bukan?



Kemudian di saat para peserta Meet Up sudah tiba di lokasi acara, jangan sungkan untuk menyambut mereka dengan hangat dan memperkenalkan diri sebagai Tuan Rumah Meet Up kali ini. Tak lupa fasilitasi para peserta untuk bisa saling mengenal antara satu dengan lainnya terutama bagi mereka yang baru pertama kali menghadiri Meet Up semacam ini.

Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan badge nama yang template-nya bisa Anda unduh secara gratis di sini, termasuk juga desain sticker dan materi presentasi pengenalan Google Local Guides. Lalu pimpin Meet Up Anda seperti agenda yang sudah Anda rancang sebelumnya.



IKHTISAR MEET UP

Okeh. Kita lazim mengenalnya sebagai Recap. Recapitulate (v. [I, T] repeat the main points of). Mengulang kembali hal-hal inti dari apa yang telah disampaikan/dilakukan. Ringkasan kegiatan. Ikhtisar.

Selesai Meet Up, kurang afdol rasanya jika Anda tidak menuliskan ikhtisar/recap dari Meet Up yang baru Anda selenggarakan. Untuk apa? Tentu untuk membagikan cerita mengenai serunya Meet Up yang Anda telah selenggarakan kepada Local Guides yang berhalangan hadir, Googlers, maupun sekadar nostalgia dengan alumni dari Meet Up tersebut. Dan ikhtisar dari Meet Up ini bisa Anda tulis dan bagikan di forum Local Guides Connect.

"Wah, ternyata Meet Up-nya seru sekali, ya? Nyesel gue kemarin gak jadi berangkat!?" Reaksi yang umum terdengar.



Lalu untuk membuat artikel ikhtisar yang menarik dan informatif, hal-hal apa saja yang sebaiknya Anda sertakan? Menurut @AriMar, Googler, yang pertama ceritakan mengenai tema/agenda dari Meet Up yang Anda selenggarakan. Photowalk di kota sembari mengamati fasilitas-fasilitas ramah disabilitas yang ada di sana? Atau foodcrawl di beberapa warung bakso untuk mencari mana bakso bakar terenak yang ada di kota ini? Bebas.

Yang kedua, uraikan jalannya Meet Up! Apa saja yang dilakukan, menjelajah ke mana saja, siapa saja yang Anda temui di sana, serta detil-detil kecil yang barangkali terkesan remeh namun menarik untuk diceritakan. Dengan demikian para pembaca bisa turut merasakan seperti apa rasanya mengikuti Meet Up yang Anda selenggarakan kendati sekalipun ia berhalangan hadir.



Yang ketiga, foto! Bagikan foto-foto yang menarik dari jalannya Meet Up. Selain untuk memperkaya informasi, foto-foto Meet Up yang menarik bisa menumbuhkan minat pada diri Local Guides untuk hadir pada agenda Meet Up Anda yang berikutnya. Masa, sih, foto dari 200 orang Local Guides yang tengah Meet Up di ajang Connect Live 2019 yang baru lalu di San Fransisco, Amerika Serikat, tidak membuat Anda ingin juga bergabung di ajang serupa tahun depan? (kalau ada —Red.)

Yang keempat sertakan tautan ke kontribusi Google Maps Anda. Apakah selama Meet Up Anda juga membagikan ulasan? Menambahkan foto atau mungkin video? Membuat list/daftar tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi? Sertakan itu.

Yang terakhir tuliskan pula hal-hal apa yang Anda pelajari selama Meet Up. Apakah di Meet Up kali ini Anda belajar membuat foto 360°? Atau belajar menulis ulasan dengan teknik/cara yang lebih sistematis? Tuliskan pengalaman Anda.



Selain itu, beberapa hari setelah pelaksanaan Meet Up, Google akan mengirimkan sebuah surat elektronik (surel/e-mail) kepada Anda yang berisi sebuah survei singkat mengenai Meet Up yang baru saja Anda selenggarakan. Anda bisa menggunakan survei ini sebagai evaluasi pribadi atas Meet Up yang telah Anda selenggarakan, juga untuk mempertimbangkan apakah Anda masih berminat mengadakan Meet Up lagi untuk ke depannya.

Setelah membahas cara menyusun agenda Meet Up, selanjutnya pada bagian kedua kita akan membicarakan mengenai Meet Up bersponsor dan Meet Up yang disokong Google. Apakah itu dan bagaimana cara melakukannya? Simak pada bagian kedua tulisan ini: MENJADI HOST MEET UP TANPA RIBET: SPONSORED & SUPPORTED MEET UP!



———————
INDEKS ARTIKEL:

MENJADI HOST MEET UP TANPA RIBET Bag. 1: MENYUSUN AGENDA MEET UP

MENJADI HOST MEET UP TANPA RIBET Bag. 2: SPONSORED & SUPPORTED MEET UP

———————

TEKS dan FOTO: Ario Wicaksono (IG: @iorikun301) / Disadur dari:

@AriMar. "How to Organize a Successful Meet Up." Local Guides Connect, 23 April 2019, https://www.localguidesconnect.com/t5/Help-Desk/How-to-organize-a-successful-meet-up/ba-p/1569889

@AriMar. "How Do I Write a Great Meet Up Recap." Local Guides Connect, 11 Maret 2019, https://www.localguidesconnect.com/t5/Help-Desk/How-do-I-write-a-great-meet-up-recap/ba-p/1376614

@TraciC. "Introducing Supported Meet Ups in Limited Market." Local Guides Connect, 27 September 2019, https://www.localguidesconnect.com/t5/Announcements/Introducing-supported-meet-ups-in-limited-markets/ba-p/1994273

"Organize a Meet Up." Local Guides Help, https://support.google.com/local-guides/answer/6225579?hl=en (diakses 15 Januari 2020 pukul 15:48 WIB)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply