Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » » » » Menjadi Host Meet Up Tanpa Ribet Bag. 2: Sponsored & Supported Meet Up



MENJADI HOST MEET UP TANPA RIBET Bag. 2:
SPONSORED & SUPPORTED MEET UP

Penulis: ARIO WICAKSONO
(IG: @iorikun301)

Ingin mengadakan Meet Up yang seru, tapi terbentur biaya? Para peserta kan tidak mungkin hanya disuguhi angin? Tenang, penyelenggaraan Meet Up boleh bersponsor, bahkan pada beberapa Meet Up terpilih mereka disokong oleh Google.
———————



MALANG LOCAL GUIDES — Berkontribusi di Google Maps memang menyenangkan. Kita bisa melihat banyak orang terbantu dengan kontribusi yang telah kita bagikan. Namun, Local Guides tidak melulu tentang itu. Namun juga menjelajah dunia, atau setidaknya kota tempat tinggal kita, dan membagikan beragam hal yang kita sukai dengan Local Guides-Local Guides lain di luar sana. Meet Up.

Jika Anda setidaknya seorang Local Guides level 3, maka Anda sudah bisa mengadakan Meet Up Anda sendiri. Menjadi Host Meet Up. Tuan Rumah.




MEET UP BERSPONSOR

Umumnya penyelenggaraan Meet Up dilakukan secara swadaya. Tapi tidak tertutup kemungkinan bahwa beberapa Meet Up diselenggarakan dengan melibatkan sponsor. Dan Google membuka ruang untuk digelarnya Meet Up semacam ini.

Namun untuk jenis Meet Up bersponsor, ada beberapa hal yang musti diperhatikan oleh Tuan Rumah Meet Up maupun para Local Guides lainnya. Yang pertama, sponsorship yang diterima tidak boleh mempengaruhi kualitas kontribusi yang dibagikan seorang Local Guides di Google Maps. Kontribusi yang mereka berikan mustilah tetap obyektif dan kredibel sesuai apa yang mereka alami/temui di lapangan.



Misalnya karena sudah menerima menerima sponsor, maka sebagai imbal baliknya ia menuliskan hanya ulasan yang serba positif tentang bisnis si sponsor, atau sebaliknya memberi ulasan yang menjatuhkan kepada tempat usaha pesaing sponsor. Hal yang semacam ini dilarang.

Yang kedua, Local Guides tidak menerima bayaran/imbalan dalam bentuk apapun untuk menyelenggarakan acara Meet Up di tempat sponsor. Ingat, Local Guides pada dasarnya adalah seorang sukarelawan, volunteer, dan bukannya endorser/key opinion leader.

Yang ketiga, Tuan Rumah Meet Up musti menuliskan penafian (disclaimer —Red.) pada bagian uraian Meet Up mereka, bahwa "Perusahaan ABC menjadi sponsor dari Meet Up kali ini. Mereka akan menyediakan layanan XYZ untuk dinikmati peserta yang hadir. Perusahaan ABC telah memahami bahwa tidak ada satupun peserta Meet Up yang menjanjikan kontribusi dalam bentuk apapun kepada perusahaan yang bersangkutan sebagai imbal balik atas sponsor yang diberikan."



Salah satu contoh Meet Up bersponsor yang pernah diselenggarakan oleh komunitas MALANG LOCAL GUIDES adalah Photowalk di Hotel Front One Boutique B21 Malang pada Selasa, 10 Desember 2019, silam.

Pada Meet Up tersebut pihak Hotel Front One Boutique B21 Malang memberi kesempatan kepada komunitas MALANG LOCAL GUIDES untuk berkunjung ke hotel mereka, melakukan hotel/room tour untuk mengenalkan beragam fasilitas yang tersedia, serta mengadakan sesi diskusi mengenai pemanfaatan Google Maps dalam bisnis perhotelan, khususnya pada contoh kasus Hotel Front One Boutique B21 Malang.

Tulisan lengkap mengenai jalannya Meet Up bisa dibaca pada tautan berikut: MEET UP SORE DI HOTEL FRONT ONE BOUTIQUE HOTEL B21 MALANG



SUPPORTED MEET UP BY GOOGLE IN LIMITED MARKET

Ternyata bukan hanya tempat-tempat usaha di sekitar kota tempat tinggal kita yang bisa menjadi sponsor dari Meet Up yang akan digelar. Google juga! Perkenalkan: Meet-Up-Meet-Up yang didukung oleh Google pada pasar terbatas.

Pada kuartal ketiga 2019 yang lalu Google secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan memberikan dukungan secara terbatas pada beberapa gelaran Meet Up terpilih di beberapa kota berbeda.



Hal ini dimaksudkan agar semakin banyak Local Guides yang bisa terhubung secara langsung antara satu dengan lainnya dan merayakan semangat untuk senantiasa bisa membantu banyak orang menemukan tempat-tempat baru yang menarik untuk dkunjungi melalui beragam kontribusi yang mereka bagikan di Google Maps.

Hingga tulisan ini dibuat, tercatat tak kurang dari 9 buah Meet Up di beberapa kota berbeda yang penyelenggaraannya mendapatkan sokongan dari Google, di antaranya Meet Up di Melbourne, Australia (13/10/2019) dengan Tuan Rumah @PaulPavlinovich; di Lagos, Nigeria (9/11/2019) oleh @Sagir; Batu, Indonesia (16/11/2019) oleh @Annisa1208; New Delhi, India (17/11/2019) oleh @ambrishvarshney;



Meet Up di Sri Jayawardenepura Kotte, Sri Lanka (24/11/2019) oleh @IlankovanT; Douala, Kamerun (30/11/2019) oleh @nkwetche; Lalitpur, Nepal (30/11/2019) oleh @BishowvijayaP; Chennai, India (8/12/2019) oleh @RtnArulPrakasamT; serta Meet Up di Dhaka, Bangladesh (20/12/2019) dengan Tuan Rumah @Kamalhasnainee.

Pada Meet-Up-Meet-Up terpilih semacam ini Google memberikan sokongan berupa dana segar dalam nominal bervariasi kepada Tuan Rumah Meet Up yang bersangkutan untuk dibelanjakan beragam keperluan Meet Up seperti misalnya keperluan konsumsi, atau mungkin berbagai pernak-pernik oleh-oleh untuk para peserta Meet Up.



Selain itu Google juga akan mengirimkan surel kepada beberapa Local Guides terpilih di kota di mana akan diselenggarakan Meet Up yang disokong oleh Google yang dirasa selama ini mereka telah konsisten berkontribusi di Google Maps dan memberikan mereka kesempatan pertama untuk melakukan RSVP pada Meet Up yang dimaksud.

Menurut @TraciC, dalam memilih siapa Local Guides yang akan diberikan sokongan dalam penyelenggaraan Meet Up-nya, Google akan menilai siapa-siapa saja Local Guides yang selama ini telah menunjukkan komitmennya terhadap program Google Local Guides ini.

Tidak hanya keaktifannya di forum Local Guides Connect semata, namun Google juga memperhatikan partisipasinya di Google Maps dan di Meet-Up-Meet-Up yang terdahulu.

Jadi selamat mencoba menjadi Tuan Rumah Meet Up! Semoga berhasil, dan jangan lupa bersenang-senang..

Salam!



———————
INDEKS ARTIKEL:

MENJADI HOST MEET UP TANPA RIBET Bag. 1: MENYUSUN AGENDA MEET UP

MENJADI HOST MEET UP TANPA RIBET Bag. 2: SPONSORED & SUPPORTED MEET UP

———————

TEKS dan FOTO: Ario Wicaksono (IG: @iorikun301) / Disadur dari:

@AriMar. "How to Organize a Successful Meet Up." Local Guides Connect, 23 April 2019, https://www.localguidesconnect.com/t5/Help-Desk/How-to-organize-a-successful-meet-up/ba-p/1569889

@AriMar. "How Do I Write a Great Meet Up Recap." Local Guides Connect, 11 Maret 2019, https://www.localguidesconnect.com/t5/Help-Desk/How-do-I-write-a-great-meet-up-recap/ba-p/1376614

@TraciC. "Introducing Supported Meet Ups in Limited Market." Local Guides Connect, 27 September 2019, https://www.localguidesconnect.com/t5/Announcements/Introducing-supported-meet-ups-in-limited-markets/ba-p/1994273

"Organize a Meet Up." Local Guides Help, https://support.google.com/local-guides/answer/6225579?hl=en (diakses 15 Januari 2020 pukul 15:48 WIB)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply