Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » » » Pendaftaran Connect Live 2020 & Hal-hal Yang Kamu Perlu Tahu



PENDAFTARAN CONNECT LIVE 2020 DAN HAL-HAL YANG KAMU PERLU TAHU

Penulis: ARIO WICAKSONO
(IG: @iorikun301)

Tahu, nggak, apa topik tentang event di tahun 2020 yang cukup sering ditanyakan netizen Connect bahkan sejak tahun 2019 lalu? Iyup: "Connect Live 2020 kapan, Min?" Dan sekarang pertanyaan itu terjawab sudah: 11-14 Oktober 2020, Sob! Jalan-jalan ke Amerika, kita?
———————




[MALANG LOCAL GUIDES] Connect Live selalu menjadi topik yang hangat dibicarakan di kalangan Local Guides. Betapa tidak, dari jutaan Local Guides yang ada di seluruh dunia, dipilih sebanyak 200 orang Local Guides terbaik saja untuk menghadiri ajang Meet Up akbar di Amerika Serikat ini.

Tiket pesawat disediakan, kamar hotel dibukakan, makanan dibelikan, dan kalau pulang-pulang setiap peserta cuma dibagikan goodie bag berisi stiker dan gantungan kunci "I ♡ Google", waduh, mari kita tertawa bersama-sama keras-keras. Sudah pasti lebih!

Emangnya goodie bag untuk setiap peserta Connect Live 2019 kemarin apa, Ar?

Google Pixel.. uhukk.. Google Pixel.

Tapi, ya, tentu saja apa isi goodie bag-nya bukanlah tujuan utama. Ingat: kita bukan bounty hunter (pemburu hadiah —Red.). Yang lebih penting dalam menghadiri ajang Connect Live ini adalah kita berkesempatan bisa bertemu secara langsung dengan ratusan Local Guides dari seluruh dunia yang selama ini barangkali kita hanya saling sapa dan bertukar kudos di forum komunikasi Local Guides Connect (untuk selanjutnya akan disebut "Connect"), serta bertemu Googlers dan Google Moderator yang selama ini barangkali kita hanya tahu nama. Google Moderator @AngieYC itu orangnya yang mana, sih? Nah, di ajang ini kita, barangkali, bisa ketemu orangnya.

Cakep?

KATANYA! Hahahaa.. @AngieYC-mania mana suaranya?! Mantap! ☺

Tapi tentu bukan itu motivasi kita bertemu Googlers maupun Google Moderator di sana. Berkesempatan bertemu secara langsung dengan Googlers (dalam sesi-sesi pertemuan yang sudah dipersiapkan —Red.) tentu merupakan kesempatan bagi kita (Local Guides/pengguna Google Maps) untuk bisa menyampaikan masukan/umpan-balik (feedback —Red.) perihal fitur-fitur favorit kamu di Google Maps.

Misalnya?

Misalnya: "Mbak Googlers, tolong tambahin fitur pesan ojek online, dong, di Google Maps!?"

Bisa?

Bisa. Bahkan sudah diimplementasikan.



Lanjut. Pengumuman tentang akan diselenggarakannya Connect Live 2020 ini disampaikan bukan oleh orang sembarangan, melainkan diumumkan langsung oleh Google Administrator Traci Cappiello (@TraciC) eksklusif hanya di Connect.

"Gue seneng banget bisa jadi yang pertama ngumumin tentang ini di sini: CONNECT LIVE RESMI HADIR KEMBALI DI TAHUN 2020 INI!" tulis Traci dalam huruf yang ditebalkan.

"Tiap tahun rangkaian kegiatannya akan menjadi kejutan (bagi peserta), dan tidak ada dua event yang sama. Para peserta akan berkesempatan (menjadi yang pertama) mendengarkan pengumuman-pengumuman eksklusif tentang Google Maps dan Local Guides sebelum orang lain," imbuhnya.

Asyik banget, ya?

Iya. Kamu bisa jadi Local Guides yang pertama dan terdepan dalam per-Google Maps-an terkini. Panutan.

Mantap kali, bah! Info detail?

Tahun ini Connect Live diagendakan berlangsung pada tanggal 11-14 Oktober 2020 di Bay Area, California. Adapun pendaftaran akan dibuka pada 2 Maret 2020 pukul 20:00 GMT (3 Maret 2020 pukul 03:00 WIB) hingga 30 Maret 2020 pukul 20:00 GMT (31 Maret 2020 pukul 03:00 WIB).

Pendaftaran mengikuti seleksi peserta Connect Live 2020 dilakukan secara langsung di website resmi Connect Live 2020. Berikut tautannya: https://maps.google.com/localguides/event/connectlive

Dalam lansirannya Traci menyebut bahwa jumlah peserta (undangan) Connect Live tahun ini adalah sebanyak 200 orang Local Guides level 5 ke atas dari seluruh dunia. Tidak disebutkan bahwa para Local Guides yang berhak mendaftar mustilah mewakili komunitas-komunitas Local Guides (unofficial —Red.) yang tersebar di berbagai kota di seluruh dunia.

Jadi setiap Local Guides, menurut hemat Penulis, adalah mewakili dirinya sendiri dan berkompetisi dengan jutaan Local Guides lainnya untuk memperebutkan 200 kursi di Connect Live 2020.

Hooo.. Lalu?

Untuk mengisi formulir pendaftaran di website Connect Live 2020 para pendaftar dipersyaratkan melampirkan: (1) tautan ke video Youtube berdurasi 60 detik yang membahas mengenai (pilih salah satu —Red.) tempat favorit kamu di Google Maps dan penjelasan apa yang membuatnya istimewa, atau mengenai bagaimana kamu pertama kali mengenal program Local Guides ini dan bagaimana program ini mempengaruhi hidup Anda;

Aku tahunya Google Local Guides ini pertama kalinya dari Rivani Rahmadani, Ar!?

Hloh? Ternyata kita korban dari orang yang sama. Lanjut ke syarat berikutnya:



(2) tautan ke 1 artikel baru di Connect (artikelnya kamu tulis setelah tanggal 14 Februari 2020) dengan topik (pilih salah satu —Red.) hal paling menarik apa yang pernah kamu lakukan selama menjadi Local Guides, atau apa arti penting program Local Guides ini buat kamu. Artikel ini kamu unggah, ke Connect pada board Local Stories; dan

(3) tautan ke sebuah daftar tempat di Google Maps (yang kamu susun setelah tanggal 14 Februari 2020) yang berisi minimal 5 tempat/POI dengan tema bebas dan sudah dilengkapi dengan judul dan deskripsi.

Nah, ketiga hal yang dipersyaratkan tersebut di atas kamu tulis dan kamu rekam dalam bahasa Inggris. Pendaftaran dilakukan secara individual.

Harus bahasa Inggris?

Harus! Musti! Kudu! Wajib, pokoknya!

Menurut Traci, dalam seleksi ini profil peserta Connect Live 2020 yang mereka cari adalah para Local Guides terbaik yang konsisten berkontribusi di Google Maps selama 12 bulan terakhir ini dan sekaligus aktif berinteraksi dan berkontribusi di komunitas resmi Local Guides (Connect —Red.) maupun menjadi Host Meet Up.

Adapun batasan usia minimal Local Guides yang diijinkan mendaftar ke event ini adalah 21 tahun per tanggal 11 Oktober 2020 (21 tahun adalah batas usia legal mengkonsumsi minuman beralkohol di Amerika Serikat dan di beberapa event dalam rangkaian Connect Live 2020 akan tersedia minuman beralkohol).

Hore, aku sudah di atas 21 tahun!

Bagus..



Pengumuman calon peserta Connect Live 2020 yang berhasil lolos seleksi akan dilakukan melalui e-mail yang akan dikirimkan langsung ke alamat e-mail calon peserta terpilih pada tanggal 18 Mei 2020.

Kalau di tanggal itu di inbox-ku tidak ada e-mail apa-apa dari Google?

Sebentar, nama kamu bukan Ayun Savitri, kan? Soalnya dia tidak pernah mendapat e-mail apa-apa dari Google. E-mail hadiah kaus kaki pun tidak.

Bukan.

Kalau begitu coba cek di folder spam e-mail kamu. Siapa tahu e-mail pemberitahuannya nyangkut di situ. Atau bisa jadi tahun ini kamu cuma belum beruntung saja diundang Google ke Connect Live 2020 di Amerika. Ingat, sainganmu jutaan orang Local Guides dari seluruh dunia, loh!?

Sedih. Tapi, eh, ada tips jitu, tidak, untuk tembus Connect Live tahun ini? Aku masih bingung, nih, gimana caranya membuat daftar tempat di Google Maps, menulis artikel aplikasi yang baik di Connect, juga cara membuat videonya. Ada saran?

Oh, jangan kau sedih. Untuk hal-hal yang kamu tanyakan itu kita akan bahas lebih lanjut di bagian kedua tulisan ini. Simak terus, ya? Klik tautan berikut ini: https://www.malanglocalguides.com/2020/03/tips-jitu-tembus-connect-live-2020.html



———————

INDEKS ARTIKEL:

1. Pendaftaran Connect Live 2020 & Hal-hal Yang Kamu Perlu Tahu

2. Tips Jitu Tembus Connect Live 2020!

———————
TEKS: Ario Wicaksono (IG: @iorikun301) / Disadur dari:

@KatieMcB. "Connect Live 2020 Application Guidelines." Local Guides Connect, 14 Februari 2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Help-Desk/Connect-Live-2020-application-guidelines/ba-p/2187823

@brittym. "Application Advice from Connect Live Alumni." Local Guides Connect, 14 Februari 2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Help-Desk/Application-advice-from-Connect-Live-alumni/ba-p/2187804

@KatieMcB. "Your Guide to Creating Lists on Google Maps." Local Guides Connect, 14 Februari 2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Help-Desk/Your-guide-to-creating-lists-on-Google-Maps/ba-p/2187795

@KatieMcB. "The Best Lists Created by Connect Live Attendees." Local Guides Connect, 11 Februari 2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Help-Desk/The-best-lists-created-by-Connect-Live-attendees/ba-p/2183968

@TraciC. "How to Write a Great Application Post for Connect Live 2020." Local Guides Connect, 11 Februari 2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Help-Desk/How-to-write-a-great-application-post-for-Connect-Live-2020/ba-p/2183962

@brittym. "Video Tips for Your Connect Live 2020 Application." Local Guides Connect, 11 Februari 2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Help-Desk/Video-tips-for-your-Connect-Live-2020-application/ba-p/2183950

@TraciC. "Save the Date for Connect Live 2020." Local Guides Connect, 14 Februari 2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Announcements/Save-the-date-for-Connect-Live-2020/ba-p/2187808

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply