Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » » » Tips Jitu Tembus Connect Live 2020!



TIPS JITU TEMBUS CONNECT LIVE 2020!

Penulis: ARIO WICAKSONO
(IG: @iorikun301)

Tahun ini para calon pendaftar Connect Live 2020 begitu dimanjakan. Beragam tips dan kisi-kisi tembus seleksi Connect Live 2020 dibagikan di platform resmi Local Guides Resmi. Kami merangkumkan beberapa di antaranya untuk Anda. Silakan..
———————



[MALANG LOCAL GUIDES] Pendaftaran Connect Live 2020 mensyaratkan aplikan untuk mencantumkan video Youtube 1 menit, sebuah postingan artikel di Connect (Local Guides Connect; www.localguidesconnect.com), dan satu daftar tempat di Google Maps, serta menjawab 2 pertanyaan ketika aplikan memasukkan formulir pendaftarannya. Bagi beberapa orang hal ini mungkin terasa "kok repot, ya?"

Iya.

Tapi tidak usah khawatir. Para calon pendaftar Connect Live tahun ini begitu dimanjakan dengan banyaknya tips dan trik tembus Connect Live 2020 yang dibagikan oleh Google Moderator maupun alumni Connect Live tahun sebelumnya di platform resmi Connect. Kita bahas satu per satu.

Yang pertama..

Tips mengisi formulis pendaftaran. Jordan Burleson (@JordanSB) menyebut: "Fokus sama apa yang elu suka. Kalo elu suka ngebahas tentang makanan, tunjukin cara elu yang unik untuk berkontribusi (di Google Maps/Connect —Red.), atau bagikan cerita pengalamanmu yang lucu, atau mungkin keren, tentang itu. (Intinya) tunjukin kreativitas dan keterampilan elu! ...tunjukin gimana passion elu mempengaruhi (kontribusi) elu di Google Maps."

Lain padang, lain ilalang. Lain Jordan, lain pula Alexandre Campbell (@AlexandreCampbell).

"(Pokoke) ikuti aturan!" tulisnya. "Kedengarannya sederhana, tapi kadangkala Local Guides tergoda untuk menunjukkan versi berbeda dari dirinya atau memberikan jawaban yang tidak sesuai dengan apa yang ditanyakan.

"Bukan berarti gua ngelarang elu untuk jadi kreatif. Bukan. Tapi jangan lupa aturan mainnya. Kalau diminta membuat video 1 menit, ya buatlah video 1 menit, 60 detik. Bukan 65 detik atau malah 70 detik!" Paham?

Paham, Bang..

"Jadi diri elu sendiri. Be authentic!" tips selanjutnya dari Justine Edwards (@JustineE).

"Google menghargai orang dari latar belakang budaya berbeda, ras, agama, serta etnisitas/suku. Mereka ingin mengenal siapa kamu. Apa yang kamu suka, apa yang kamu tidak suka, juga apa passion kamu.



"Mereka menghargai pendapat kamu dan mereka ingin mengenal kamu. Jadi, jadilah diri kamu sendiri. Karena pada akhirnya itu yang akan jadi kekuatanmu," tuturnya.

Tips berikutnya datang dari Steve Piere (@SP31). Ia menulis: "Ketika menjawab pertanyaan di formulir pendaftaran, posisikan dirimu pada diri audiensmu, yang barangkali sedang membaca tulisanmu dan mencari tahu menjadi seorang Local Guides, tuh, seperti apa, ya? Dengan berpegang pada perspektif ini jadi lebih mudah bagiku mengekspresikan diri dan bicara tentang pengalamanku selama bergabung di program Local Guides ini, ketimbang melihat pertanyaan di formulir pendaftaran ini sebagai hal yang menakutkan."

"Tertata dan konsisten!" sebut Adrian Lunsong (@AdrianLunsong), seorang veteran Local Guides Summit 2016-2017, Connect Live 2018-2019.

Langganan..

Hahaa..

"Lengkapi formulirmu secara tertata, jangan serampangan. Aku berusaha membagikan pesan yang konsisten di artikel Connect yang aku tulis, video berdurasi 1 menit yang aku buat, serta ketika mengisi formulir pendaftarannya," tulis Adrian.

"Ketika bercerita juga membuat satu cerita yang kohesif, yang tidak mengulang informasi jika informasi tersebut tidak penting-penting amat untuk disampaikan ulang, serta secara sengaja menata informasi-informasi apa saja yang perlu disampaikan tentang diriku dan apa-apa saja yang tidak."

Jaim? Jaga image?

Yah, kurang lebih.

Dan yang paling penting, menurut Adrian: "Tunjukkan versi dirimu sendiri yang terbaik! Jangan bohong, jangan lebay, jangan palsu, tapi sekaligus juga JANGAN TERLALU RENDAH HATI!

"Pastikan bahasa/gesture tubuhmu positif; berdiri atau duduklah yang tegak, jangan bersedekap/menyilangkan tangan, bicaralah yang jelas, jangan lupa senyum, kenakan pakaian yang menggambarkan kepribadianmu, pilih latar video yang bagus, serta pencahayaan yang cukup.

"Googlers barangkali tidak akan memperhatikan hal-hal detil ini, tapi secara bawah sadar mereka pasti akan terkesan."

Insightful..



Selain itu, masih ada tips yang dibagikan oleh Joel Sewing (@Joel_S). Ia menulis: "Fokus pada kualitas ketimbang kuantitas!

"Jika kamu memang punya dorongan yang kuat untuk menjadi seorang Local Guides, ini akan tercermin pada kualitas kontribusimu. Coba untuk memperoleh poin dan level kontribusi sebanyak-banyaknya namun kualitas kontennya rendah tentu akan jadi tidak bermanfaat bagi pengguna yang sedang menelusuri Google Maps."

Dan tips terakhir dari Luigi Zurolo (@LuigiZ): "Jangan lupa bersenang-senang."

Uhm.. okay. Tips yang cukup bermanfaat. Tapi masih adakah tips yang lainnya? Cara membuat Daftar Tempat di Google Maps, misalnya?

Baik. Berikut kami rangkumkan cara membuat Daftar Tempat di Google Maps yang ditulis oleh @KatieMcB, Googler.

Yang pertama: buka aplikasi Google Maps di ponsel kamu, lalu ketuk "Saved" dan "List." Di bagian kanan-bawah, ketuk tombol Add Plus, masukkan nama dan deskripsi lalu ketuk "Save."

Kamu menggunakan komputer? Gampang! Masuk ke maps.google.com, lalu klik Menu > Your Places > Saved. Di pojok kanan-bawah klik Add. Masukkan nama dan deskripsi lalu pencet Save.

Untuk bisa digunakan sebagai persyaratan pendaftaran Connect Live 2020, maka setting privasi pada Daftar Tempat ini musti diatur "Publik"/"Anyone with the link can view." Untuk melakukan ini, klik "Share List" dan pilih "How to Share." Pastikan untuk mengetuk "Get Link." Untuk mengatur seberapa mudah link-mu ditemukan, ketuk "Sharing Option."

Bagaimana? Mudah, bukan?

Mudah. Tips lain?

Daftar Tempat di Google Maps mustilah memiliki tema, judul yang menarik dan informatif, serta deskripsi yang memadai. Paling baik, sebuah Daftar Tempat mencantumkan antara 5-15 tempat berbeda, serta tuliskan komentar pribadimu pada setiap tempat yang dicantumkan di dalam daftar.

Ribet..

Easier done than said, kok :)

Kita lanjut ke tips berikutnya, ya?

Iya.

Tips berikutnya terkait bagaimana menulis artikel aplikasi yang baik oleh @TraciC. Dia menulis: (1) Gunakan judul yang menarik. Bukan hanya deskriptif, namun juga musti bisa menarik minat pembaca untuk mengklik dan membaca artikelmu. Contoh: "9 Alasan Mengapa Aku Suka Mereview Museum Seni." Judul ini tentu lebih baik ketimbang "Tentang Gue." "Ini Gue."



(2) tulislah cerita yang substansial. Kami (Panitia Connect Live —Red.) beneran ingin mendengar apa ceritamu. Jadi tuliskan saja beberapa paragraf cerita sekehendakmu. Tidak ada batasan jumlah karakter minimal, namun menulis hanya beberapa kalimat kok ya rasanya kurang pas? Sebagai patokan, biasanya tulisan di Connect yang baik memiliki minimal 300 kata.

(3) tulislah dalam bahasa Inggris! Khusus untuk pendaftaran Connect Live 2020, artikelnya musti, harus, dan kudu ditulis dalam bahasa Inggris. Ditulis dalam bahasa lain = diskualifikasi!  (4) tulislah secara detail. Jangan cuma menulis, "hey, gue top 1%, loh, di kota gue bulan ini." Tapi tulislah mengapa itu penting buat kamu? Apakah kamu selebritas lokal? (Brrodeenn!! New Pallapa!!) Tuliskan itu di artikelmu.

(5) lampirkan setidaknya 1 foto yang bagus. Bukan apa-apa, tapi foto yang bagus dan relevan membantumu menyampaikan cerita dengan lebih baik. Dan ingat: hanya gunakan foto yang kamu ambil/rekam/jepret sendiri, serta jangan lupa tuliskan caption yang ciamik. Terakhir (6) pilih topik "Local Stories" untuk artikelmu, bukan Food & Drink, Travel, apalagi Announcement. Kamu, kan, bukan Googlers?!

Tips lain? Tentang bikin video aplikasinya, barangkali?

Sendhiko dhawuh, Ndoro..

Tips membuat video untuk mendaftar Connect Live 2020 oleh @brittym, Googler. Dalam tulisannya ini ia dibantu oleh @MollyMo, Senior Content Strategist dan Video Producer.

Untuk membuat konten video, pertama-tama kita musti memilih apa tema/konten video kita, apakah itu (1) tempat favorit kamu di Google Maps dan penjelasan apa yang membuatnya istimewa, atau (2) bagaimana kamu pertama kali mengenal program Local Guides ini dan bagaimana program ini mempengaruhi hidupmu. Ingat: pilih salah satu, bukan keduanya sekaligus.



Tips berikutnya pilih lokasi syuting yang baik. Idealnya latar belakang videonya bersih/tidak banyak distraksi, nyaman ketika dilihat, serta tenang/tidak bising. Perhatikan pula aspek pencahayaan. Cahaya alami adalah yang terbaik. Posisikan dirimu menghadap sumber cahaya, sehingga cahaya dan bayangan yang jatuh di wajahmu nampak rata.

Atur adegannya. Disarankan membuat video dalam format landscape. Posisikan dirimu pada komposisi tengah/center. Pastikan fokus kamera tepat di wajahmu, dan tempatkan kamera pada landasan yang stabil sehingga hasil videonya tidak goyang-goyang.

Berarti bikin video standar saja, dong?

Betul. Bikin video standar tapi manis. Tidak perlu teknik aneh-aneh. Efek ledakan? CGI? Drone shot? Transisi ajaib ala Ayun Savitri? Soundtrack? Tidak usah. Kita bukan sedang syuting Avengers atau Ayat-ayat Cinta 2.

Yang dicari sebetulnya sebuah respon kreatif atas tema yang telah diberikan, sehingga para panitia seleksi Connect Live bisa sedikit mengenal kamu, tuh, orangnya kayak gimana, sih? Jadi lupakan teknik sinematografi yang serba njelimet itu.

Kamu cuma perlu tampil di depan kamera, ngomong pakai bahasa Inggris, jawab/respon salah satu tema yang diberikan, dan tunjukkan dengan caramu yang unik, yang elu banget. Ingat: Bapak-Ibu Panitia Connect Live 2020 itu akan menonton RIBUAN video aplikasi satu-satu, jadi please pikirkan cara biar kamu nampak menonjol di antara ribuan aplikan lainnya dan tunjukkan apa yang membuatmu unik, gunakan kekuatanmu.

NB: Pertimbangkan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan bisa membuatmu merasa percaya diri.

Tips terakhir: kirimkan videomu dengan hati-hati. Pastikan tautan video yang kamu kirimkan adalah tautan video yang benar dan jangan di-private! Ingat: tiada guna kamu membuat video aplikasi bagus-bagus kalau ternyata videonya tidak bisa disaksikan.

Lha lak muspro?

Benar. Akhirul kata selamat berjuang mengikuti seleksi Connect Live 2020. Selamat dan sukses.

Siapa kita? Google Local Guides!
Kita siapa? Google Local Guides, dong!
Jaya, jaya, jaya!



———————

INDEKS ARTIKEL:

1. Pendaftaran Connect Live 2020 & Hal-hal Yang Kamu Perlu Tahu

2. Tips Jitu Tembus Connect Live 2020!

———————
TEKS: Ario Wicaksono (IG: @iorikun301) / Disadur dari:

@KatieMcB. "Connect Live 2020 Application Guidelines." Local Guides Connect, 14 Februari 2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Help-Desk/Connect-Live-2020-application-guidelines/ba-p/2187823

@brittym. "Application Advice from Connect Live Alumni." Local Guides Connect, 14 Februari 2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Help-Desk/Application-advice-from-Connect-Live-alumni/ba-p/2187804

@KatieMcB. "Your Guide to Creating Lists on Google Maps." Local Guides Connect, 14 Februari 2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Help-Desk/Your-guide-to-creating-lists-on-Google-Maps/ba-p/2187795

@KatieMcB. "The Best Lists Created by Connect Live Attendees." Local Guides Connect, 11 Februari 2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Help-Desk/The-best-lists-created-by-Connect-Live-attendees/ba-p/2183968

@TraciC. "How to Write a Great Application Post for Connect Live 2020." Local Guides Connect, 11 Februari 2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Help-Desk/How-to-write-a-great-application-post-for-Connect-Live-2020/ba-p/2183962

@brittym. "Video Tips for Your Connect Live 2020 Application." Local Guides Connect, 11 Februari 2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Help-Desk/Video-tips-for-your-Connect-Live-2020-application/ba-p/2183950

@TraciC. "Save the Date for Connect Live 2020." Local Guides Connect, 14 Februari 2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Announcements/Save-the-date-for-Connect-Live-2020/ba-p/2187808

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply