Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » » » 6 Cara Mendukung Usaha Kecil Lokal Melalui Google Maps

Situasi berubah, pola interaksi berubah, operasional beberapa bisnis pun terpaksa berubah. Tapi ada satu hal yang tak pernah berubah: komitmen komunitas Local Guides untuk tetap membantu orang-orang di sekitar mereka sesuai kemampuan dan ekspertisme mereka.
———————



6 CARA MENDUKUNG USAHA KECIL LOKAL MELALUI GOOGLE MAPS

Penulis: Ario Wicaksono (@iorikun301)
Foto-foto: Dokumentasi Malang Local Guides

[MALANG LOCAL GUIDES] Perkembangan situasi belakangan ini membuat banyak hal di sekitar kita terpaksa berubah. Beradaptasi. Aktivitas berubah, pola interaksi antar manusia berubah, operasional beberapa bisnis, terutama usaha kecil lokal, pun berubah.

Di antaranya beberapa pelaku usaha ini mulai mengubah bahkan membatasi jam operasional gerai mereka, lebih banyak memberikan pelayanan pesan-antar ketimbang belanja secara tradisional, meniadakan fasilitas makan di tempat, bahkan beberapa pelaku usaha kecil lokal sampai terpaksa melakukan taktik jemput bola: menjajakan beberapa produk favorit mereka di pinggir jalanan yang ramai dalam kuantitas kecil dengan harga spesial. Alias mengasong.

Anda pernah mendapati ada gerai ayam goreng ternama yang menjajakan paket menu favorit mereka dengan harga diskon di pinggir jalan tepat di depan gerai mereka sendiri karena mereka telah meniadakan fasilitas makan di tempat? Kami pernah.

Perubahan pelayanan dan beragam taktik survival semacam ini bisa jadi membuat informasi tentang tempat tersebut (points of interest; POI) yang selama ini tercantum pada Google Maps tak lagi akurat. Padahal akurasi pada suatu peta adalah hal yang amat krusial. Tanpa adanya data/informasi yang akurat, peta menjadi berkurang keandalannya.

Padahal menurut Dora the Explorer: "Kepada siapa kita bertanya ketika tidak tahu arah? Benar! Peta! Katakan 'peta!' katakan 'peta!'"

Tapi tentu persoalan yang dihadapi oleh para pelaku usaha kecil lokal tersebut bukan melulu tentang akurasi informasi POI tempat usaha mereka di Google Maps. Tidak sesimpel itu, Fulgoso!



Menurut Tom Pritchard, SMB Product Lead, Google My Business, dalam rilisnya di The Keyword, blog resmi Google, ada 6 hal yang bisa Local Guides lakukan untuk membantu para pelaku usaha kecil lokal agar bisa tetap bertahan di era kenormalan baru yang penuh tantangan ini. Di antaranya:

1. Laporkan sebuah tempat (POI) ketika ia sudah mulai buka/beroperasi kembali dan mutakhirkan informasinya di Google Maps

Kadangkala seorang pemilik/pelaku usaha tidak memiliki cukup waktu (atau bahkan sumberdaya) untuk membuat informasi yang tercantum di POI/tempat usahanya di Google Maps tetap mutakhir. Jika Anda mengetahui bahwa satu tempat usaha telah mulai beroperasi kembali untuk umum, namun informasi di Google Maps atau Google Search masih menunjukkan bahwa tempat usaha tersebut tutup, maka Anda bisa melaporkan bahwa tempat tersebut sudah kembali dibuka.

Tekan tulisan "Tutup Sementara" di POI tersebut dan pilih "Sarankan Edit" agar tim Google terkait bisa mengetahui bahwa tempat tersebut sudah kembali dibuka untuk umum. Dan jika Anda dapati bahwa ternyata tempat usaha tersebut kini memiliki jam operasional yang berbeda dari sebelumnya, maka Anda pun bisa memutakhirkan informasi tersebut pada Google Maps.

2. Sebarkan kabar baik ini dengan membagikan ulasan, rating, dan foto-foto pada Google Maps. Jangan berhenti hanya di kamu!

Bagikan pengalaman Anda! Tuliskan tentang pelayanan pesan-antar atau take-away rumah makan yang baru. Atau tambahkan foto-foto pilihan menu terbaru yang Anda pesan. Dengan begini rumah makan/usaha kecil lokal tersebut bisa menarik lebih banyak konsumen.



3. Mereka menawarkan kelas daring (online)? Coba!

Kangen ngegym di pusat kebugaran? Beberapa tempat gym kini menawarkan kelas kebugaran mereka secara daring. Dengan memanfaatkan beragam layanan telekonferensi, instruktur kebugaran dan murid-muridnya kini tidak perlu lagi saling bersua secara langsung. Cukup bertemu di udara dan mari olahraga bersama!

Anda bisa mencari layanan semacam ini melalui Google Maps atau Google Search. Gunakan kata pencarian seperti "kelas gym dekat sini," "salon rambut," atau "kursus piano" untuk mencari tahu apakah tempat-tempat seperti tersebut di sekitar Anda menawarkan pelayanan secara daring. Bahkan Anda juga bisa melakukan pemesanan tempat secara langsung pada Google Maps atau Google Search melalui layanan Reserve with Google. Praktis sekali, bukan?

4. Beli kartu hadiah atau beri donasi

Ya. Membeli kartu hadiah, atau bahkan mengumpulkan donasi, untuk usaha kecil lokal di sekitar Anda amatlah membantu bagi mereka agar bisa tetap bertahan di masa seperti sekarang ini. Gaji pegawai terbayar, pun memastikan bahwa ke depannya usaha kecil lokal ini masih sanggup bertahan untuk tetap memberi mereka lapangan pekerjaan.

Khusus bagi Anda yang berada di Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada, Anda bisa mengetikkan "dukung usaha lokal" atau kata-kata yang serupa pada laman pencarian Google untuk melihat daftar tempat-tempat usaha lokal di sekitar Anda yang menawarkan kartu hadiah atau bahkan menerima donasi.

Dan untuk waktu yang terbatas Anda juga bisa menekan banner pada aplikasi Google Maps Anda untuk menemukan tempat-tempat usaha lokal di sekitar Anda yang membutuhkan bantuan. Tempat-tempat usaha di lebih dari 25 negara kini bisa mengadakan kartu hadiah atau kampanye penggalangan dana melalui layanan Google My Business.



5. Buatlah pemesanan tempat/booking!

Pemesanan tempat pun beragam pelayanan yang terpaksa dibatalkan oleh pelanggan nampaknya adalah hal yang lumrah akhir-akhir ini. Mau bagaimana lagi? Kendatipun demikian tentu hal tersebut mau tidak mau membuat si empunya usaha kepikiran. Termasuk para karyawannya.

Kalau bisa jangan dibatalkan, tapi lakukan penjadwalan ulang. Dengan demikian para pemilik usaha kecil lokal bisa sedikit menarik napas lega bahwa usaha mereka masih bisa berjalan. Pelanggannya masih ada. Walaupun bukan sekarang.

Banyak salon kecantikan pun bisnis jasa lainnya yang kini menawarkan melakukan reservasi langsung melalui Google Maps dan Google Search di gawai Anda. Terakhir,

6. Pesan-antar atau bungkus saja, lah!?

Banyak rumah makan dan bar minuman yang kini meniadakan layanan makan-di-tempat mereka. Mereka kini lebih banyak menawarkan layanan pesan-antar atau bungkus (take-away) untuk pelanggannya. Kalau Anda merasa sedang malas masak, mengapa tidak mencoba layanan ini? Gunakan aplikasi Google Maps di gawai Anda untuk menemukan rumah-rumah makan di sekitar Anda yang menawarkan layanan pesan-antar. Atau take-away. Atau layanan tanpa-kontak lainnya.

Jadi, hal apa yang akan Anda lakukan untuk mendukung usaha-usaha kecil lokal di sekitar Anda? Kalau kami, sih, delivery ayam goreng sambil ngegym online sounds good, lah..[]

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply