Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » CA MLG: Menulis Ulasan di Google Maps


Untuk menulis ulasan di Google Maps tidaklah susah. Setiap orang yang memiliki akun Google bisa melakukannya. Termasuk, tentu saja, Local Guides seperti Anda.

Ketika hendak menuliskan ulasan, pengguna Google Maps terlebih dahulu harus memberikan penilaian dalam skala 1-5 bintang kepada tempat yang bersangkutan, lalu menulis apa isi ulasannya, dan tekan tombol "bagikan."

Maka dalam sekejap ulasan tersebut terpublikasi dan bisa dibaca oleh jutaan pengguna Google Maps dari seluruh dunia. Semudah itu.

Tapi yang menjadi pertanyaan sekarang adalah seperti apa, sih, cara menulis ulasan yang baik di Google Maps? Cukupkah dengan si pengguna sekadar menuliskan "sip!" atau "oke!" di dalam ulasannya? Bolehkah kita menyertakan kritik apabila kita pernah mengalami hal yang kurang menyenangkan di tempat tersebut? 

Simak selengkapnya dalam CARA ASYIK MENJADI LOCAL GUIDES: MENULIS ULASAN DI GOOGLE MAPS berikut ini!
———————




CARA ASYIK MENJADI LOCAL GUIDES:
MENULIS ULASAN DI GOOGLE MAPS

Penulis: Ario Wicaksono (@iorikun301)
Foto-foto: Google

[MALANG LOCAL GUIDES] Secara umum setiap orang yang memiliki akun Google bisa membagikan penilaian dan ulasannya atas suatu tempat (points of interest; POI) di Google Maps. Jadi bukan hanya pengguna Google Maps yang telah bergabung dengan program Google Local Guides saja yang bisa.

Dan untuk membagikan ulasan, jika Anda pengguna ponsel pintar Android, maka hal pertama yang musti Anda lakukan adalah buka aplikasi Google Maps di gawai Anda, cari atau tekan POI yang hendak Anda ulas di peta, lalu pada bagian bawah layar gawai tekan nama atau alamat POI tersebut.

Kemudian pada bagian atas layar tekan "ulas," geser tampilan ke bawah hingga Anda mendapati simbol lima bintang yang masih kosong, berikan penilaian dengan menekan simbol bintang dalam skala 1-5 bintang (nilai 1 bintang berarti "benci", 2 bintang berarti "lumayan, lah," dan nilai 5 bintang berarti "suka banget nggak ngerti lagi pengen nangis" —Red.), lalu tulis ulasan Anda di kolom kosong yang tersedia. Terakhir tekan tombol "bagikan" di bagian atas layar, maka ulasan Anda pun segera terpublikasi di Google Maps.

Apabila Anda adalah seorang Local Guides, maka atas kontribusi ini Anda akan memperoleh setidaknya 11 poin kontribusi, dengan perincian 1 poin kontribusi untuk penilaian yang Anda berikan dan 10 poin kontribusi untuk ulasan yang Anda bagikan.

Beneran semudah itu, guys, nggak ngerti lagi pengen nangys!

Lalu bagaimanakah cara menulis ulasan di Google Maps yang asyik, bermanfaat, sekaligus sesuai dengan panduan Google?



Pada laman pusat bantuannya, Google membagikan lima tips untuk menulis ulasan yang baik. Tips yang pertama: Tulislah ulasan secara informatif dan mencerahkan. Artinya ulasan Anda musti ditulis secara spesifik dan relevan dengan tempat/POI yang sedang Anda ulas.

Uraikan pula hal-hal apa saja yang sekiranya bakal dialami oleh pengunjung lain ketika mereka suatu saat nanti berkunjung ke tempat tersebut. Berikan penekanan pada keunggulan/keunikan dan hal-hal baru apa yang disediakan di tempat tersebut. Singkatnya: Ada yang baru, nih! Apa, sih, uniknya, guys?

Tips kedua: Nyata. Asli. Tulislah hanya pengalaman yang benar-benar Anda alami sendiri. Bukan hal yang katanya-katanya apalagi ngibul. Tuliskan secara berimbang hal-hal apa yang Anda sukai maupun yang Anda tidak sukai. Ulasan yang akurat adalah koentji!

Tips ketiga: Hargai. Respek. Tulislah ulasan dengan tetap menghargai si empunya tempat. Jangan mentang-mentang pembeli adalah raja maka Anda bisa seenaknya menulis ulasan negatif dengan kata-kata kasar, terlebih ketika Anda mengalami hal yang kurang mengenakkan di tempat tersebut. No!

Berikan kritik yang membangun, karena tak jarang si empunya tempat bisa memperbaiki pelayanannya setelah mereka mendapat kritik/umpan balik dari para pengunjungnya. Keep respek, Brouw! Bukan resek!



Tips keempat: Tulislah ulasan, bukan komentar atas sesuatu kejadian/isyu yang sedang hangat di masyarakat. Di Google Maps tulislah hanya ulasan atas pengalaman Anda sendiri di tempat tersebut. Apabila Anda ingin turut memberikan komentar atas isyu yang sedang hangat di masyarakat gunakan blog atau media sosial pribadi Anda sendiri. Sehingga (ulasan) Google Maps bisa tetap dalam khittahnya untuk membantu orang lain menemukan tempat-tempat asyik yang sekiranya cocok dengan kebutuhan mereka.

Tips terakhir: Tulislah dengan bergaya. Pembaca ulasan di Google Maps senang membaca tulisan yang rapih. Karenanya tulislah ulasan Anda dengan aspek gramatikal yang baik, minim salah ketik, dan jangan gunakan ragam bahasa 4l4y. Mengapa?

Pembaca ulasan Anda adalah pengguna Google Maps yang berasal dari seluruh dunia, keleus! Dan Google Translate rasa-rasanya masih susah menerjemahkan ragam bahasa 4l4y. Pun ulasan Anda tidaklah perlu ditulis terlampau panjang. Anda bukan sedang menulis skripsi. Separagraf dua ratus karakter cukup, lah.

Intinya: Tulislah ulasan Anda atas suatu tempat/POI di Google Maps berdasarkan atas apa yang Anda alami sendiri di tempat tersebut sama rapi dan terperincinya sebagaimana Anda ingin membaca ulasan dari pengguna Google Maps lainnya.

Asyik, bukan?
———————



TRIVIA: Menurut Kevin Reece, Director of Product, Google Maps, saat ini tercatat ada kurang lebih 200 juta POI di Google Maps dengan lebih dari 20 juta kontribusi yang dibagikan para pengguna layanan peta daring ini setiap harinya (Reece, Kevin. "Google Maps 101: How Contributed Content Makes a More Helpful Map." The Keyword, 19/2/2020)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply