Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » CA MLG: Poin, Level, dan Lencana Kontribusi

Sebagai Local Guides, setiap kali menambahkan konten pada Google Maps maka kita akan memperoleh sejumlah poin kontribusi sebagai imbal-balik atas sumbangsih yang diberikan tersebut. Semakin banyak dan beragam konten yang dikontribusikan, maka akan semakin banyak pula poin kontribusi yang kita kumpulkan.

Pertanyaannya sekarang: Apa, sih, pentingnya mengumpulkan poin-poin kontribusi ini? Bisakah poin-poin tersebut ditukar dengan sejumlah hadiah nyata? Lalu apa arti level dan lencana kontribusi yang terpampang di laman profil Local Guides kita? Penanda prestasi agar disegani Local Guides lain? Simak selengkapnya: CARA ASYIK MENJADI LOCAL GUIDES: POIN, LEVEL, DAN LENCANA KONTRIBUSI.
———————



CARA ASYIK MENJADI LOCAL GUIDES:
POIN, LEVEL, DAN LENCANA KONTRIBUSI

Penulis: Ario Wicaksono (@iorikun301)
Foto-foto: Dokumentasi Malang Local Guides

[MALANG LOCAL GUIDES] Betul. Menjadi Local Guides, dengan membagikan beragam sumbangsih konten pada Google Maps adalah sebuah tindakan sukarela. Voluntarily act. Dan atas sumbangan konten tersebut Google akan memberikan sejumlah poin kontribusi kepada Local Guides sebagai salah satu bentuk apresiasi mereka atas setiap sumbangsih yang Local Guides bagikan.

Ada sepuluh hal yang bisa dilakukan Local Guides untuk memperoleh poin kontribusi, yaitu: (1) mengulas tempat; (2) memberi rating pada suatu tempat; (3) menambahkan foto (dan video) pada suatu tempat; (4) menjawab pertanyaan tentang tempat;

(5) mengedit informasi tempat atau mengedit jalan pada peta; (6) menambahkan tempat; (7) memeriksa fakta tentang tempat di sekitar; (8) merespon Tanya Jawab; (9) memberi tag pada hidangan; serta (10) menambahkan konten pada Google Maps dan mendapatkan lencana.

Poin kontribusi bersifat kumulatif. Artinya jumlahnya akan terus bertambah seiring dengan semakin banyaknya sumbangan konten yang dibagikan Local Guides pada layanan peta daring ini. Pun besaran poin kontribusinya beragam, antara 1-15 poin kontribusi per konten, yang bergantung pada jenis kontribusi yang diberikan.

Atas sumbangsihnya membagikan ulasan pada tempat-tempat yang tercantum di Google Maps (points of interest; POI), Local Guides akan diganjar 10 poin kontribusi, bonus 10 poin kontribusi tambahan apabila ulasannya ditulis melebihi 200 karakter (tapi tentu saja Anda jangan cuma menulis "hewes-hewes-hewes" atau "wkwkwkwkwkk" sampai 200 karakter hanya agar memperoleh poin kontribusi ekstra. Ga aci! Wkwkk).



Memberikan rating pada POI diberikan apresiasi 1 poin kontribusi, menambahkan foto 5 poin kontribusi, bonus 3 poin kontribusi untuk menambahkan tag pada jenis foto tertentu, dan 7 poin kontribusi untuk tiap video yang dibagikan.

Pada POI-POI tertentu kadang akan muncul beberapa pertanyaan survei pendek untuk memperjelas situasi faktual POI yang bersangkutan. Local Guides akan diminta memilih satu di antara dua atau lebih pilihan jawaban yang tersedia sesuai apa yang ia ketahui. Untuk menjawab pertanyaan semacam ini Local Guides akan diganjar 1 poin kontribusi per pertanyaan yang dijawab. Tidak usah banyak-banyak, karena tinggal "klik!"

Selain itu para pengguna Google Maps (Local Guides maupun pemilik akun Google non-Local Guides —Red.) juga bisa turut menuliskan pertanyaan pada suatu POI apabila ada hal-hal yang mereka rasa belum jelas tentang POI tersebut. Pemilik akun POI tersebut maupun pengguna Google Maps lainnya bisa menjawab pertanyaan ini (Q&A). Poin kontribusi yang akan diperoleh adalah 3 poin kontribusi per jawaban yang diberikan.

Sumbangsih menambahkan tempat (POI) dan jalan baru di Google Maps akan dihargai 15 poin kontribusi. Ini adalah dua jenis kontribusi yang memberikan poin kontribusi terbesar. Sedang untuk mengedit/memutakhirkan informasi yang ada di suatu POI, hal ini akan diapresiasi sebanyak 5 poin kontribusi. Memeriksa fakta tentang tempat di sekitar diganjar 1 poin kontribusi.

Adapun ketika Local Guides menyusun daftar atas beberapa rekomendasi tempat favorit di Google Maps dan menyetelnya publik, maka ia akan memperoleh 10 poin kontribusi per daftar tempat yang disusun. Tambahan 5 poin kontribusi lagi untuk deskripsi yang ditambahkan.

Setelah poin-poin kontribusi ini terkumpul, selanjutnya apa?

Naik level. Ya!



Semakin banyak poin kontribusi yang dikumpulkan seorang Local Guides maka ia akan mencapai level (Local Guides) yang lebih tinggi. Nol poin untuk Local Guides level 1. Naik ke level 2 ketika sudah mencapai 15 poin, dan level 3 untuk total 75 poin kontribusi yang dikumpulkan. Ketiganya masih belum memperoleh lencana Local Guides di samping namanya. Baru setelah mencapai level 4 (250 poin kontribusi) ia akan disemati lencana Local Guides dengan logo bintang empat sudut di samping namanya dan resmilah ia menjadi seorang Local Guides. Selamat!

Lalu apakah artinya lencana ini?

Lencana berlogo bintang yang tersemat di samping nama seorang Local Guides merupakan perlambang ekspertisme mereka di lapangan serta komitmen untuk membagikan pengalaman-pengalaman keseharian yang menginformasikan beragam keputusan yang bersifat saat-ini di seluruh dunia.

Seanjutnya lencana Local Guides level 5. Lencana ini akan diperoleh setelah Local Guides mengumpulkan 500 poin kontribusi, lalu lencana level 6 untuk 1.500 poin kontribusi, level 7 untuk 5.000 poin kontribusi, level 8 untuk 15.000 poin kontribusi, level 9 untuk 50.000 poin kontribusi, dan terakhir lencana Local Guides level 10 setelah mencapai 100.000 poin kontribusi.

Lalu bisakah poin-poin kontribusi tersebut ditukar dengan hadiah? Voucher diskon belanja? Kaus kaki merchandise resmi Google? Jawabannya adalah: Tidak. Maaf telah mengecewakan.



Local Guides adalah sebuah program sukarela. Jadi orang-orang yang bergabung dengan program ini tidak akan menerima bayaran sebagai imbal-balik atas kerja keras yang mereka kontribusikan.

Namun dari waktu ke waktu Google akan menawarkan sebentuk hadiah (yang disebut sebagai Perks —Red.) kepada Local Guides- Local Guides terpilih sebagai salah satu ungkapan rasa terima kasih mereka (Google) atas beragam konten kontribusi berkualitas yang Local Guides bagikan. Hadiah-hadiah kecil yang dibagikan Google ini beragam, pun tidak tentu waktunya. Kadang hadiahnya berupa voucher diskon menginap di salah satu jaringan hotel ternama, voucher belanja di restoran-restoran favorit keluarga, hingga kaus kaki merchandise resmi Google.

Tentu kita akan merasa rugi jika membandingkan berapa banyak keringat yang telah kita peras untuk memberikan konten terbaik pada Google Maps. Tapi jika kita melihat sumbangsih ini sebagai salah satu cara untuk saling membagikan pengalaman nyata keseharian di lingkungan yang kita kenal baik dengan pengguna Google Maps lainnya, tentu kita tidak akan merasa rugi-rugi amat.

Ibarat bertualang ke rimba raya, beragam sumbangsih yang dibagikan Local Guides pada Google Maps adalah selayak nyala damar penyuluh yang akan menuntun agar tak tersesat arah. Asyik sekali, bukan?



———————
TRIVIA: Berdasar wawancara singkat pada beberapa rekan Local Guides, foto dan video adalah dua jenis konten terfavorit untuk mereka bagikan. Karena untuk setiap POI mereka bisa membagikan banyak foto/video sekaligus. Sehingga ketika diakumulasikan poin kontribusi yang mereka peroleh per POI akan jauh lebih besar bahkan ketika dibandingkan dengan kontribusi menambahkan tempat/jalan baru di Google Maps sekalipun.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply