Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » » » » Kita: Refleksi 4 Tahun Komunitas Malang Local Guides

Catatan Admin Magang:
———————



KITA:
REFLEKSI 4 TAHUN KOMUNITAS MALANG LOCAL GUIDES

Penulis: Ario Wicaksono (@iorikun301)

[MALANG LOCAL GUIDES] Rasa-rasanya belum genap setahun berlalu sejak kita piknik ramai-ramai beralas koran dan rumput di Alun-alun Merdeka Malang kala itu. Tapi tahu-tahu komunitas ini sudah kembali berulang tahun. Malang Local Guides, 28/6/2016 - 28/6/2020. Genap 4 tahun.

Dan komunitas ini adalah selalu tentang "kita" (pronomina persona pertama jamak inklusif), bukan "kamu" (pronomina persona kedua tunggal), apalagi sekadar "aku" (pronomina persona pertama tunggal). Komunitas ini ditenagai oleh kita. Powered by us.

Ibarat hendak menjalankan sebuah kendaraan, kita adalah nasi pecelnya. Lengkap dengan mendol, peyek kacang, minumnya es teh.

Selama empat tahun tentu ada banyak hal yang terjadi pun dilakukan komunitas ini. Dari yang bisa bertemu teman-teman baru, ramai-ramai menghadiri undangan Meet Up di luar kota, dapat undangan Foodcrawl sana-sini, bikin macam-macam kegiatan sosial, mengelola blog dan instagram komunitas, diliput salah satu media lokal ternama Surya Malang, ramai-ramai Map Editing ketika ada laporan ada POI (points of interest) di Google Maps yang salah, dan banyak lagi lainnya. Asyik sekali!

Pun sebaliknya ketika melihat teman-teman yang pindah tidak lagi di Malang, atau rekan-rekan yang memilih untuk memperhatikan dalam diam (tapi diam-diam kirim japri nanya ini-itu. Hayo ngaku! Wkwkk). Tapi tak apa. Itulah dinamika berkomunitas. Dinamika kita.

Lalu sekarang pertanyaannya adalah: What's next? Apa selanjutnya? Hendak kita bawa ke mana? Kamu maunya gimana? Sini bilang..

Komunitas Malang Local Guides ini adalah komunitas kontributor Google Maps di wilayah Malang Raya. Perhatikan simbol bintang bersudut banyak di samping setiap nama kita. Itu adalah perlambang ekspertisme di lapangan serta komitmen untuk membagikan pengalaman nyata keseharian untuk membantu banyak pengguna Google Maps membuat keputusan.

Ulasan yang kita tuliskan, foto dan video yang kita bagikan, beragam info pada Google Maps yang kita tambah dan betulkan, pun usaha untuk terus saling berbagi praktik ber-Google Maps yang etik. Karena bagaimanapun juga aplikasi peta berbasis web ini (baca: Google Maps) adalah sebuah layanan yang dibangun secara keroyokan, crowdsource. Oleh Google, beragam instansi dan teknisi, komunitas Google Local Guides yang tersebar di seluruh dunia. Termasuk Anda, termasuk dia, termasuk kami. Kita.

Izinkan kami mengutip salah satu tembang lawas kesukaan kami: "Hubungan antar manusia memang merepotkan. Tapi kita tak bisa hidup sendiri." (JKT48 - Yuuhi wo Miteiru ka?)

Komunitas ini membutuhkan kita.[]

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply