Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » 6 Kiat Membuat Video Layak Unggah Ke Google Maps

Tak hanya foto dan ulasan, pengguna Google Maps bisa membagikan video pada layanan berbasis web ini. Tapi tentu saja tak semua video layak diunggahkan. Lalu seperti apa cara membuat konten video yang layak unggah ke Google Maps? Kami membagikan beberapa kiat di antaranya. Simak selengkapnya:
———————



6 KIAT MEMBUAT VIDEO LAYAK UNGGAH KE GOOGLE MAPS

Penulis: Ario Wicaksono (@iorikun301)
Foto-foto: Ario Wicaksono

[MALANG LOCAL GUIDES] Salah satu konten yang bisa dikontribusikan pengguna Google Maps (termasuk Local Guides) pada layanan peta berbasis web ini adalah video. Jenis konten ini bisa membantu memberikan gambaran (visual) secara lebih jelas seperti apa keadaan riil suatu lokasi/tempat (points of interest; POI).

Pengguna bisa membagikan video berdurasi maksimal 10 detik dengan menggunakan fasilitas kamera perekam video yang tersedia di aplikasi Google Maps, atau video berdurasi maksimal 30 detik untuk video yang diunggahkan dari gawai (camera roll) si pengguna.

Namun tentu tidak semua video yang direkam layak diunggahkan ke Google Maps. Karena salah satu prinsip dasar dalam membagikan video ke Google Maps adalah bagikan video yang jelas menggambarkan secara akurat seperti apa suasana/situasi di suatu POI yang sedang diulas. Beberapa kiat untuk menghasilkan video yang layak unggah di antaranya:

(1) Rekam seperti apa suasana tempatnya.
Seperti apa, sih, rasanya ketika sedang berada di tempat tersebut? Jangan terlupa untuk menangkap "rasa" dari desain penataan ruang/arsitektur serta atmosfernya;

(2) Cari tempat yang berpencahayaan baik.
Kualitas pencahayaan suatu tempat benar-benar mempengaruhi kualitas video yang Anda ambil. Tempat yang berpencahayaan buruk bisa membuat video Anda nampak kurang bagus. Namun tentu saja pencahayaan alami (natural light) adalah yang terbaik;



(3) Jangan lupa merekam bagian eksterior.
Usahakan merekam video ketika cuaca sedang bagus. Tangkap detail-detail eksterior seperti misalnya seperti apa bagian depan bangunannya, tempat parkir, ataupun tamannya;

(4) Fokus pada detail. 
Tunjukkan seperti apa pelayanan jasa atau produk apa yang ditawarkan oleh tempat tersebut. Coba untuk merekam secara close-up pada produk-produk yang tertentu.

Rekam pula adegan ketika ada seseorang pengunjung yang tengah menjajal produk yang ditawarkan, kendati Anda tidaklah perlu menunjukkan wajah seseorang tersebut secara langsung. Pun usahakan agar tiap video hanya merekam satu produk dan gunakan framing yang ketat ketika merekam suatu subyek;

(5) Makanan dan minuman.
Tunjukkan hidangan apa saja yang ditawarkan oleh rumah makan tersebut, terutama hidangan khasnya (signature dish). Coba rekam adegan ketika ada seseorang yang sedang bersantap, namun batasi bingkai adegan (framing) pada makanan yang tengah disantap dan hindari menunjukkan wajah seseorang tersebut.

Usahakan hanya merekam satu jenis makanan per video atau tunjukkan beragam hidangan yang tertata di atas meja dari sudut pengambilan gambar atas (high angle); dan



(6) Ulasan pribadi. 
Rekam ulasan pribadi Anda ketika mencicipi hidangan yang tertentu, atau sampaikan kiat-kiat menarik bagi psngunjung lain. Ini adalah cara yang sangat baik untuk menunjukkan apa hal paling menarik dari suatu tempat.

Tambahkan pula beragam detail menarik dan informasi tambahan mengenai tempat tersebut. Anda juga bisa menyampaikan opini pribadi Anda di dalam video yang Anda rekam, namun tentu saja Anda tetap mesti memperhatikan aturan dan tatacara menyampaikan ulasan yang telah digariskan oleh Google.

Demikianlah keenam kiat cara membuat video yang layak unggah ke Google Maps. Semoga video-video yang Anda bagikan bisa semakin memperkaya konten di Google Maps dan bermanfaat bagi banyak pengguna lainnya.

Lalu tempat favorit mana lagi yang akan Anda buatkan video ulasannya? Tulis pada kolom komentar di bawah! []

———————
Disadur dari: https://support.google.com/local-guides/answer/7513293?hl=en&ref_topic=6224587

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply