Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » Kiat Sukses Menjadi Host Meet Up Virtual

Pada saat tulisan ini dibuat, 7 dari 10 agenda Meet Up yang tercatat di Local Guides Connect adalah Meet Up Virtual. Alih-alih bertatap muka secara langsung, para peserta pada pertemuan ini cukup berada di rumah mereka masing-masing, menyalakan gawai, lalu saling berinteraksi di ruang telekonferensi termoderasi. Umumnya platform yang digunakan dalam pertemuan ini adalah Google Meet atau Youtube Live.

Sementara itu, bagi Anda yang bermaksud menyelenggarakan Meet Up Virtual Anda sendiri (menjadi Host/Tuan Rumah Meet Up), kiat-kiat sukses penyelenggaraan Meet Up Virtual sebagaimana yang disampaikan oleh @TraciC, Google Administrator, pada forum Local Guides Connect beberapa waktu yang lalu ini layak Anda simak. Kami merangkumnya untuk Anda:
———————




PERTEMUAN TANPA KETEMUAN:
KIAT SUKSES MENJADI TUAN RUMAH MEET UP VIRTUAL

Penulis: Ario Wicaksono (@iorikun301)
Foto-foto: Istimewa/Google

[MALANG LOCAL GUIDES] Bagi sebagian orang, salah satu hal paling menyenangkan dari menjadi seorang Local Guides adalah ketika mereka bisa bertemu secara langsung dengan rekan sesama Local Guides di sebuah pertemuan (informal) dan kemudian melakukan kegiatan bersama. Pertemuan semacam ini dikenal dengan sebutan Meet Up.

Adapun agenda kegiatan Meet Up di antaranya Photowalk (berburu foto di tempat-tempat yang indah di kota), Geowalk (menjelajahi beberapa bagian kota yang belum pernah dikunjungi sebelumnya), Foodcrawl (berwisata kuliner ke rumah-rumah makan yang baru dibuka/baru beroperasi), serta Map Editing (memeriksa fakta dan memutakhirkan beragam informasi tempat-tempat [points of interest; POI] yang ada di Google Maps).

Sayangnya, perkembangan situasi akhir-akhir ini membuat Meet Up dengan agenda pertemuan langsung seperti tersebut menjadi lebih sulit dilaksanakan. Alasannya tentu karena adanya kebijakan pembatasan sosial dan anjuran untuk melakukan jaga jarak sosial. Hal ini bisa dimengerti karena seperti kata wejangan di bak-bak belakang truk kol dan cabai: Utamakan Selamat!



MEET UP VIRTUAL

Akun @TraciC, Google Administrator, dalam postingannya di Local Guides Connect (untuk selanjutnya disebut Connect) beberapa waktu yang lalu mengatakan satu hal terbaik dari komunitas Local Guides ini adalah orang-orangnya senang sekali berhubungan (berinteraksi) antara satu dengan lainnya, baik itu di forum Connect maupun di dunia nyata.

"Enggak peduli di mana lokasimu, bahasa apa yang kamu gunakan, atau apa yang kamu suka lakukan sebagai seorang Local Guides, kita semua suka saling ketemu untuk berbagi pengalaman kita, Sob," tulisnya.

Oleh sebab itu, untuk membantu para Local Guides agar tetap merasa terhubung antara satu dengan lainnya kendati tidak selalu dimungkinkan untuk bertemu secara langsung (Meet Up di dunia nyata), @TraciC mendorong Local Guides untuk saling bertemu secara virtual di dunia maya dengan memanfaatkan platform telekonferensi yang direkomendasikan Google, yakni Google Hangout (sekarang Google Meet —Red.) dan Youtube Live. Terlebih sejak awal Mei yang baru lalu layanan Google Meet sudah bisa dimanfaatkan secara gratis oleh penggunanya. Sebuah kesempatan yang tentu amat sayang untuk dilewatkan.

"Dimulai di awal Mei, setiap orang yang memiliki alamat surel (e-mail) bisa mendaftarkan diri untuk menggunakan layanan Google Meet dan menikmati beragam fitur sebagaimana yang digunakan oleh pengguna bisnis dan pendidikan, di antaranya penjadwalan sederhana dan berbagi layar, realtime caption, serta penataan tampilan yang menyesuaikan dengan preferensi pengguna, termasuk tampilan tile yang diperluas," tulis Javier Soltero, Vice President & GM, G Suit, di blog resmi Google, The Keyword.



KIAT SUKSES TUAN RUMAH MEET UP VIRTUAL

Pada dasarnya antara Meet Up tatap muka langsung dengan Meet Up Virtual tidaklah jauh berbeda. Kecuali tempat di mana pertemuan dilangsungkan, keduanya sama-sama sebuah pertemuan (informal) dari, oleh, dan untuk Local Guides. Kalau Meet Up tatap muka langsung umumnya diselenggarakan di rumah makan, taman kota, bahkan museum, maka venue Meet Up Virtual cukup "berlokasi" di Google Meet.

Kendati demikian, menyelenggarakan Meet Up Virtual tidaklah serta-merta memindahkan gelaran Meet Up dengan tatap muka langsung ke platform telekonferensi. Ada beberapa hal yang, menurut @TraciC, musti Anda perhatikan. Di antaranya:

Kiat pertama: jika Anda masih relatif baru di platform Google Meet, pastikan Anda telah menjajal beragam fitur yang tersedia di Google Meet dan memastikan keandalan piranti yang Anda gunakan. Di antaranya pelajari cara membisukan akun Anda, bagaimana cara melakukan percakapan di Google Meet, serta cara berbagi layar.

Kiat kedua: sebagai seorang Tuan Rumah Pertemuan, pastikan tidak ada satupun peserta yang merasa "dikacangin." Rangkul dan libatkan seluruh peserta di dalam interaksi yang terjadi di Meet Up.

Buka sesi pertemuan dengan perkenalan dan uraian singkat mengenai apa agenda pertemuan hari ini, berapa lama pertemuan akan berlangsung, dan bagaimana peserta pertemuan bisa berpartisipasi. Apabila Anda membuka sesi tanya-jawab, berikan waktu yang cukup bagi partisipan untuk menyalakan kembali mikrofonnya dan menyampaikan pendapat/pertanyaannya.



Kiat ketiga: Anda musti menyadari bahwa partisipan akan menggunakan gawai dengan spesifikasi beragam. Pun kecepatan internet yang bisa jadi berbeda bergantung pada penyedia layanan telekomunikasi yang digunakan. Sehingga direkomendasikan setiap peserta menggunakan headset dan membisukan mikrofon mereka sampai giliran mereka berbicara.

Kiat keempat: daftarkan agenda Meet Up Anda pada laman khusus Meet Up di Connect. Sertakan tulisan "VIRTUAL" pada judul pertemuan Anda, dan masukkan pada kategori "Other."

Kiat kelima: jika Anda telah memiliki agenda pertemuan tatap muka langsung sebelumnya, pertimbangkan untuk mengubah agenda pertemuan tersebut menjadi Meet Up Virtual. Dan,

Kiat keenam: SELALU sertakan informasi bagaimana para (calon) peserta bisa bergabung dengan Meet Up Virtual yang akan diadakan. Anda bisa mencantumkan alamat URL pertemuannya langsung pada artikel Meet Up di Connect atau dengan memanfaatkan fasilitas "3 Pesan Dari Tuan Rumah Pertemuan" begitu segala sesuatunya telah rampung Anda persiapkan.

Yang patut diperhatikan: jangan pernah membagikan informasi pribadi apapun secara publik (seperti misalnya nomor telepon atau alamat surel) pada artikel Meet Up Anda.

Jadi, bagaimana? Sudah siap menjadi Tuan Rumah Pertemuan Local Guides Virtual Anda sendiri? Siapkan WiFi terbaik![]
———————

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply