Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » » » » » » » Soto Ayam Cak Son: Foodcrawl Dalam 4 Babak

Mengandalkan resep favorit keluarga sejak tahun '80-an, rumah makan Soto Ayam Cak Son jelas musti ditambahkan ke dalam daftar rekomendasi soto enak kota Malang. Beruntung komunitas Malang Local Guides telah mencobanya secara langsung dalam Meet Up pertama setelah beberapa waktu absen. Satu agenda Foodcrawl tapi diadakan 4 kali berturutan?
———————


(ki-ka) Dyah, Luluk, Atik, Ifa, Erny


SOTO AYAM CAK SON:
FOODCRAWL DALAM 4 BABAK

Penulis: Ario Wicaksono (@iorikun301)
Foto-foto: Istimewa/Dokumentasi Malang Local Guides

[MALANG LOCAL GUIDES] Jika Anda mengetikkan kata "soto" pada kolom pencarian di GOOGLE MAPS, niscaya Anda akan mendapati belasan, atau bahkan puluhan, rekomendasi rumah makan soto di kota Malang, Jawa Timur. Jumlah sebanyak ini boleh jadi hanya bisa dilampaui oleh rekomendasi yang akan muncul ketika Anda mengganti kata kunci pencariannya dengan kata "bakso."

Dan salah satu rumah makan soto yang patut menjadi jujukan apabila Anda mencari semangkuk soto panas di kota berhawa sejuk ini adalah rumah makan SOTO AYAM CAK SON yang beralamat di Jl. Terusan Kawi no. 4, Kota Malang, Jawa Timur.

Kendati rumah makan ini baru beroperasi sejak awal Juli lalu, namun resep soto ayam mereka, yang konon merupakan resep favorit keluarga yang dipertahankan sejak tahun '80-an, sudah barang tentu menjadi jaminan mutu. Beruntung komunitas MALANG LOCAL GUIDES sudah pernah menjajal langsung kenikmatannya ketika mengadakan Meet Up (Foodcrawl) beberapa waktu yang lalu.

Soto Ayam Cak Son


Ya, setelah beberapa waktu terpaksa absen, pada Sabtu (4/7/2020), Senin (6/7/2020), Rabu (8/7/2020), dan Selasa (14/7/2020) yang baru lalu komunitas MALANG LOCAL GUIDES kembali mengadakan Meet Up dengan agenda Foodcrawl di rumah makan SOTO AYAM CAK SON. Tak kurang dari 15 orang Local Guides menghadiri Foodcrawl yang difasilitasi oleh pengelola rumah makan ini. Bertindak sebagai Host Meet Up adalah Local Guides Atikerz.

Berbeda dari Meet Up-Meet Up pada umumnya, Meet Up kali ini dilaksanakan secara bertahap sebanyak 4 kali. Hal ini dikarenakan adanya permintaan dari pihak rumah makan agar peserta Meet Up tidak datang sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Kendati demikian pelaksanaan Meet Up bisa tetap berjalan seru dan guyub. Jumlah peserta bukanlah masalah, karena yang paling penting dari sebuah Meet Up adalah bisa bertemunya antara satu LOCAL GUIDES dengan LOCAL GUIDES lainnya.

Host Meet Up: Atik


Soto ayam yang ditawarkan di rumah makan SOTO AYAM CAK SON yang buka setiap hari dari pukul 07:00-21:00 WIB ini adalah tipe soto ayam Lamongan. Artinya sotonya dimasak menggunakan rempah kunyit untuk memberi warna kekuningan pada kuah dan daging ayamnya, kemiri untuk menambah rasa gurih yang khas, serta taburan bubuk koyah untuk mengentalkan kuah dan memberi sensasi kenikmatan yang berbeda bahkan dari satu mangkuk soto yang sama.

"Mantap dimakan ketika masih panas dengan ditambah jeruk nipis!" tutur Santi Suhermina, anggota komunitas MALANG LOCAL GUIDES.

Tak hanya itu, di atas meja juga tersedia lauk pendamping seperti sate telur puyuh, sate usus, sate kulit, perkedel kentang, serta yang paling penting ke-ru-puk! #yha

Dan bagi Anda yang senang krokot-krokot (membersihkan sisa daging yang masih menempel di tulang —Red.), Anda tidak perlu khawatir karena di rumah makan SOTO AYAM CAK SON ini tersedia balungan (tulang-tulang ayam yang tidak ikut digunakan di dalam soto yang dihidangkan —Red.) yang bebas dipesan oleh pelanggan secara gratis.

"Selama persediaan masih ada!" imbuh Dyah Kusuma Susanti, anggota komunitas MALANG LOCAL GUIDES.

Untuk menandaskan semangkuk soto ayam barangkali cukup sepuluh menit saja. Namun krokot-krokot balungan ayamnya ini, loh, yang bisa tiga puluh menit sendiri. Lalu nikmat mana yang kau ingkari, Sobat Local Guides?

Sate Usus, Sate Telur Puyuh


Di era Kelaziman Baru seperti sekarang ini, penerapan protokol kesehatan dan kebersihan tambahan merupakan hal yang wajib dilakukan. Termasuk di rumah makan SOTO AYAM CAK SON ini. Rumah makan ini juga menerapkan protokol kesehatan tambahan.

Seperti misalnya mewajibkan para pegawainya untuk menggunakan masker bahkan penutup wajah (face shield), menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun cair, sistem sirkulasi udara dan pemberian jarak yang lebih renggang pada meja dan kursi pengunjung, serta tulisan #staysafe yang tercantum pada setiap buku menu untuk mengingatkan pengunjung agar tetap menjaga kesehatan bersama.

Tak cukup sampai di situ, selain memberikan pelayanan makan di tempat, rumah makan ini juga menyediakan layanan bungkus (take away) dan pesan-antar (delivery) bagi para pelanggannya. Sehingga bagi Anda yang enggan bersantap di tempat namun tetap ingin menikmati lezatnya semangkuk SOTO AYAM CAK SON, maka layanan take away dan delivery seperti ini adalah solusi yang patut Anda coba.

(ki-ka) Dyah, Luluk


Selazimnya sebuah kegiatan Foodcrawl komunitas LOCAL GUIDES, makanan dan minuman yang terhidang tidaklah seketika itu juga disantap. Melainkan makanan dan minumannya difoto terlebih dahulu. Dijajarkan, diintip dan dicari sudut pengambilan gambar terbaik, putar kiri sedikit, sambalnya kurang dekat(!), sate ususnya miring(!!)..

"Koen ojok nentengi, Tik!!"

Cklik! Cklik!! Cklik!!!

Kamera ditembakkan bertubi-tubi seolah sedang memotret seorang model padahal: semangkuk soto ayam.

CKLIKK!!!

Soto Ayam Cak Son


Memotret beragam aspek dari sebuah tempat (points of interest; POI), memeriksa apakah lokasi dan beragam informasi yang tercantum sudah sesuai (termasuk apabila terjadi duplikasi POI —Red.), serta mengunggahkan ulasan yang kredibel dan obyektif mengenai POI tersebut pada GOOGLE MAPS adalah salah satu sumbangsih yang bisa diberikan (komunitas) LOCAL GUIDES untuk mendukung bisnis/usaha lokal di era yang serba menantang seperti sekarang ini.

Tak hanya itu, di saat yang bersamaan hal tersebut juga sebuah upaya agar informasi-informasi yang tertera di GOOGLE MAPS merupakan informasi-informasi yang mutakhir. Sehingga ketika ada seorang pengguna GOOGLE MAPS yang sedang mencari informasi (atau referensi —Red.) atas sebuah tempat yang hendak ia kunjungi maka ia bisa memperoleh informasi yang akurat dan mutakhir mengenai tempat tersebut. Ini adalah alasan mengapa seorang LOCAL GUIDES adalah LOCAL GUIDES.

Seneng, ya, ketemu lagi?[]
———————



SOTO AYAM CAK SON

Jl. Terusan Kawi No.4, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65116
0811-3056-070

https://maps.app.goo.gl/8adDYFSiAfeZsbJB8



———————
PENAFIAN:

Ini adalah Meet Up bersponsor. MALANG LOCAL GUIDES berterima kasih kepada rumah makan SOTO AYAM CAK SON yang telah mensponsori meet up kali ini dengan menyediakan makanan dan minuman untuk dicicipi secara gratis. Mereka mengerti bahwa tidak satupun dari Local Guides yang menjanjikan kontribusi dalam bentuk apapun terkait bisnis yang bersangkutan sebagai imbal-balik atas sponsor yang diberikan.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

  1. Wah foodcrawl memang kegiatan yang seruuuuu, semoga kita segera bertemu hehehe.

    BalasHapus