Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » Incognito: Mode Penyamaran di Google Maps

Ketika sedang berselancar di Google Maps pernahkah Anda merasa kurang nyaman karena aktivitas Anda, seperti tempat-tempat yang Anda cari atau telusuri rute navigasinya, tercatat di akun Google Anda? Jika ya, maka mode Incognito boleh jadi merupakan solusi tepat bagi Anda untuk mengendalikan privasi Anda di aplikasi peta berbasis web ini dengan lebih baik!
———————



INCOGNITO:
MODE PENYAMARAN DI GOOGLE MAPS

Penulis: Ario Wicaksono (@iorikun301)
Foto-foto: Istimewa/Google

[MALANG LOCAL GUIDES] Mode Incognito, atau biasa dikenal dengan mode penyamaran, adalah satu mode berselancar (di internet) di mana riwayat penelusuran si pengguna dimungkinkan untuk tidak dicatat. Dengan begitu privasinya ketika sedang melakukan penelusuran menjadi lebih terjaga.

Menurut Eric Miraglia (Direktur Manajemen Produk, Kantor Perlindungan Privasi dan Data), sejak penggunaannya di Chrome diluncurkan untuk pertama kalinya pada 2008 silam, mode Penyamaran merupakan salah satu alat pengendali privasi yang paling populer di Google (The Keyword, 2/10/2019). 

Dan sejak awal 2019 yang lalu, para pengguna Google Maps sudah bisa menggunakan mode Penyamaran pada aplikasi peta berbasis web tersebut.



MENGAKTIFKAN MODE PENYAMARAN

Mode Penyamaran adalah satu metode untuk mengendalikan privasi Anda selama berselancar di Google Maps. Ketika Anda mengaktifkan mode ini, maka aplikasi Google Maps di gawai yang Anda gunakan tidak akan melakukan: (1) menyimpan atau mengirim notifikasi sejarah penelusuran atau pencarian di akun (Google) Anda; (2) jika ada, memperbarui sejarah Lokasi atau lokasi yang dibagikan; dan (3) menggunakan aktivitas Anda untuk mempersonalisasi layanan Google Maps Anda.

Untuk mengaktifkan mode Penyamaran, yang pertama harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Google Maps di gawai Anda (Android/iPhone/iPad). Lalu pada sisi kanan-atas ketuk foto profil Anda, lalu ketuk Nyalakan Mode Penyamaran. Sedang untuk mematikannya, Anda tinggal melakukan langkah yang sama lalu ketuk Matikan Mode Penyamaran. Mudah, bukan?

Penting untuk diingat, bahwa sekalipun Anda telah mengaktifkan mode Penyamaran di Google Maps, namun hal ini tidak akan mempengaruhi bagaimana aktivitas Anda digunakan atau disimpan oleh penyedia layanan internet Anda, aplikasi lainnya, layanan pencarian suara, maupun layanan Google lainnya.



FITUR YANG TIDAK TERSEDIA KETIKA DALAM MODE PENYAMARAN

Ketika sedang dalam mode Penyamaran, tidak semua fitur (dalam Google Maps) bisa Anda gunakan seperti halnya ketika berada dalam mode normal. Beberapa fitur yang tidak tersedia di antaranya: (1) komuter; (2) fitur Untuk Anda; (3) sejarah Lokasi (fitur ini akan dihentikan sementara pada gawai yang Anda gunakan, bukan hanya pada aplikasi Google Maps); 

(4) membagikan lokasi; (5) fitur notifikasi dan pesan; (6) sejarah pencarian; (7) usulan melengkapi pencarian; (8) kontribusi Google Maps; (9) mikrofon Asisten Google pada Navigasi; (10) peta offline; (11) tempat Anda; dan (12) fitur integrasi media.

Catatan tambahan: Selama dalam mode Penyamaran, fitur mikrofon Asisten Google memang tidak tersedia di dalam navigasi. Namun perintah suara "OK Google" akan tetap bekerja seperti biasa. Asisten Google merupakan satu fitur sistem yang bukan merupakan bagian dari mode Penyamaran di Google Maps. Sehingga informasi apapun yang Anda bagikan dengan fitur ini (OK Google) tetap akan disimpan seperti biasa.

Jadi, bagaimana? Apakah mode Penyamaran ini cukup bermanfaat bagi Anda untuk mengendalikan privasi Anda selama berselancar di Google Maps? Mari menyamar![]


———————
DAFTAR RUJUKAN:

Marlo McGriff. "Updates to Incognito Modes and Your Timeline in Maps." The Keyword, 9/12/2019, https://blog.google/products/maps/updates-incognito-mode-and-your-timeline-maps/

Eric Miraglia. "Keeping Privacy and Security Simple, For You." The Keyword, 2/10/2019, https://blog.google/technology/safety-security/keeping-privacy-and-security-simple-you/

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply