Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » » Mengikuti: Rekomendasi Local Guides Favorit Langsung di Gawai Anda

Anda ada janji kencan dengan pasangan di akhir pekan nanti tapi sampai sekarang Anda masih belum tahu sebaiknya mengajak si dia jalan-jalan ke mana? Atau Anda ingin tahu rekomendasi tempat-tempat menarik yang barangkali belum banyak diketahui orang langsung dari si "anak kampung sini?"

Jika ya, maka fitur terbaru dari Google Maps ini tentu akan sangat berguna bagi Anda: Mengikuti. Dapatkan rekomendasi tempat dan pengalaman seru dari Local Guides favorit langsung di gawai Anda!
———————



MENGIKUTI:
REKOMENDASI LOCAL GUIDES FAVORIT LANGSUNG DI GAWAI ANDA

Penulis: Ario Wicaksono (@iorikun301)
Foto-foto: Istimewa

[MALANG LOCAL GUIDES] Menurut Austin Wells, Project Manager, Google Maps, ada lebih dari satu milyar pengguna yang menggunakan Google Maps setiap bulannya. Mereka memanfaatkan layanan peta berbasis web ini bukan sekadar untuk menunjukkan arah/rute perjalanan, melainkan juga mencari referensi/rekomendasi hal-hal seru yang bisa mereka lakukan (The Keyword, 15/9/2019).

Rekomendasi rumah makan yang menawarkan atraksi makan malam romantis bersama buaya, kedai kopi yang buka 24 jam dengan menu ala ibu mertua, taman khusus jomblo, dan sebagainya. Misalnya.

Di Google Maps, konten-konten semacam tersebut merupakan sumbangsih dari para pengguna Google Maps, dan juga Local Guides, yang ada di seluruh dunia. Yang barangkali juga termasuk Anda. Tercatat tak kurang dari 20 juta kontribusi di Google Maps yang dibagikan oleh mereka ini setiap harinya (The Keyword, 19/2/2020). Konten "keroyokan" seperti ini menjadikan Google Maps sebagai satu alat bantu yang akan mempermudah penggunanya dalam mengambil keputusan keseharian mereka.

"Sayang, kita mau makan siang di mana?"

"Lihat Google Maps dulu!"

Untuk mempermudah para pengguna Google Maps memperoleh beragam rekomendasi terbaru dari para Local Guides terbaik, Google memperkenalkan fitur terbaru di aplikasi Google Maps: Mengikuti. Ikuti profil Local Guides favorit Anda, maka Anda tidak akan pernah lagi ketinggalan beragam rekomendasi terbaik dari mereka langsung di gawai Anda!




MENGIKUTI LOCAL GUIDES FAVORIT

Fitur Mengikuti ini pertama kali diperkenalkan di hadapan 200 orang Local Guides terpilih pada ajang Connect Live 2019 beberapa waktu yang lalu, dan saat itu terbatas hanya di 9 kota uji coba, yakni Bangkok, Delhi, London, Mexico City, New York, Osaka, San Francisco, São Paulo, dan Tokyo.

"Oktober lalu kami mengumumkan ini sebagai bagian dari satu proyek uji coba terbatas ... di 9 kota ... lalu mengembangkannya ke 23 kota lainnya ... dan kini fitur ini telah bisa digunakan oleh para kontributor Google Maps di seluruh dunia," terang @TiffanyBnyc (Local Guides Connect, 30/7/2020).

Ketika Anda mengaktifkan fitur Mengikuti ini, ketika pengguna Google Maps/Local Guides yang Anda ikuti membagikan ulasan, rating, foto, maupun daftar tempat favorit yang bersifat publik (diatur pada penyetelannya), maka Anda akan memperoleh notifikasi atas konten-konten terbaru tersebut pada tab Updates di aplikasi Google Maps Anda sendiri.

Untuk bisa mengikuti profil pengguna Google Maps/Local Guides favorit Anda, caranya sangatlah mudah: (1) buka aplikasi Google Maps pada gawai Anda (Android/iPhone/iPad); (2) tekan Updates, dan pilih tab For You; lalu (3) geser pada tab Recommended User dan tekan Follow. Semudah itu sumpah enggak ngerti lagi, kan, gwaes!?

Dengan mengaktifkan fitur Mengikuti ini, selain Anda bisa mengikuti profil Local Guides favorit Anda dan tidak akan pernah ketinggalan rekomendasi terbaru yang ia/mereka bagikan, profil Anda pun bisa diikuti oleh pengguna Google Maps/Local Guides lainnya. Dan para pengikut Anda pun bisa memperoleh notifikasi dari beragam konten terbaru yang Anda bagikan (di Google Maps).

Apabila profil Local Guides Anda telah Anda setel terbatas (Restricted), bagaimana? Pada profil Local Guides terbatas seperti ini, pengguna Google Maps/Local Guides lain tetap bisa mengikuti profil Anda. Hanya saja mereka mesti meminta persetujuan Anda (approval) terlebih dahulu untuk bisa mengikuti (profil) Anda.

Penting untuk diperhatikan bahwa selama profil Anda tidak disetel terbatas, maka pengguna Google Maps lain bisa melihat siapa-siapa saja profil Local Guides yang Anda ikuti. Namun apabila profil Local Guides Anda disetel terbatas, maka hanya mereka yang telah mengikuti Anda sajalah yang bisa melihat hal tersebut (termasuk melihat postingan pada profil Anda dan memperoleh notifikasi terkait).





RESPON LOCAL GUIDES

Ketersediaan fitur terbaru ini secara global memantik banyak reaksi positif dari Local Guides di forum komunikasi Local Guides Connect (Connect), tempat di mana beragam informasi resmi terkini terkait Google Maps (dan program Local Guides) bisa didapatkan.

"Keren! Kami telah menunggu (fitur) ini. Lihat, teman-teman, aku akan mengikutimu! Terima kasih," tulis akun @Jesi.

"Kabar bagus. Banyak kawan yang sudah menunggu fitur ini yang beberapa waktu yang lalu belum mereka dapatkan (ketika pertama kali diumumkan). Mereka semua merasa senang bahwa semua orang (akhirnya) akan segera mendapatkan (fitur) ini," tulis @StephenAbraham.

Kendati demikian, ternyata ada juga yang bereaksi negatif atas ketersediaan fitur Mengikuti ini di Google Maps. Seperti misalnya yang disampaikan oleh akun @Sandra1961 berikut ini: 

"Aku tidak melakukan apa-apa, tapi kemudian aku baru menyadari kalau aku sudah punya satu pengikut. Apakah dimungkinkan untuk menonaktifkannya (tidak bisa diikuti)? Aku tidak mau ada yang mengikutiku di Google Maps-ku, karena aku merasa seperti ada seseorang yang sedang menguntitku (stalker)."

Lalu, bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda mengaktifkan fitur Mengikuti ini di Google Maps? Fffaallaaww..[]



———————
DAFTAR RUJUKAN:

@TiffanyBnyc. "Enable Following on Your Maps Profile to Help Others." Local Guides Connect, 30/7/2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Announcements/Enable-Following-on-your-Maps-profile-to-help-others/ba-p/2656343

@TiffanyBnyc. "Discover Even More Places on Google Maps." Local Guides Connect, 22/1/2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Announcements/Discover-even-more-places-on-Google-Maps/ba-p/2156259

Amanda Leicht Moore. "Know Who's in the Know: Get Community Updates in Maps." The Keyword, 30/7/2020, https://blog.google/products/maps/better-local-recommendations-google-maps/

Austin Wells. "Discover New Places With Help From Top Local Guides." The Keyword, 15/11/2020, https://blog.google/products/maps/discover-new-places-with-help-from-local-guides/

Kevin Reece. "Google Maps 101: How Contributed Content Makes a More Helpful Map." The Keyword, 19/2/2020, https://blog.google/products/maps/google-maps-101-how-contributed-content-makes-maps-helpful/

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply