Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » » Menulis Ulasan Layanan Virtual di Google Maps

Akibat situasi-yang-Anda-sudah-tahu, banyak pelaku usaha kini mengalihkan bisnisnya menjadi layanan daring. Kelas kebugaran virtual, misalnya. 


Lalu untuk layanan virtual seperti ini, bisakah pengguna Google Maps, termasuk Local Guides, membagikan ulasan (dan foto/video) mereka di Google Maps? Atau jangan-jangan Google akan menganggapnya sebagai ulasan palsu, dan akan dihapus dari Google Maps?


Simak selengkapnya: Menulis Ulasan Layanan Virtual di Google Maps!

———————





MENULIS ULASAN LAYANAN VIRTUAL DI GOOGLE MAPS


Penulis: Ario Wicaksono (@iorikun301)

Foto-foto: Google


[MALANG LOCAL GUIDES] Layar Youtube sudah gelap ketika terdengar suara lirih di latar belakang: "Jane awak dhewe iki kudu piye, to? —sebenarnya kita itu harus gimana, sih"


"Yo ora piye-piye. Sing penting obah wae —ya nggak gimana-gimana. Yang penting terus bergerak"


Itu adalah potongan dialog antara Sonso dan Paung, dua tokoh utama dalam film pendek Geladiresik (Ravacana Films, 2020) besutan sutradara Wahyu Agung Prasetyo, di akhir film. Mereka mengeluhkan bisnis "soteng manten" (video liputan pernikahan —Red ) mereka yang kian lesu akhir-akhir ini. Yang setelah satu insiden "pacul" (cangkul —Red.), mereka memutuskan untuk banting setir menjadi Youtuber.


Sekalipun fiksi, namun situasi seperti tersebut terasa kontekstual: Akibat situasi-yang-Anda-sudah-tahu, banyak pelaku usaha yang kemudian merambah layanan daring. Seperti misalnya beberapa studio kebugaran di Jakarta, Inggris, Kanada, Australia, Amerika Serikat, hingga Polandia yang kini menyediakan kelas kebugaran daring. Online. Olahraga di rumah saja.


Lalu sebagai pengguna Google Maps, Local Guides, bisakah kita membagikan ulasan di Google Maps atas layanan daring semacam ini? Padahal kita tidak pernah benar-benar datang ke tempat (points of interest; POI) tersebut? Bukankah menurut panduan Google: "...(pengguna Google Maps) bisa menuliskan ulasan atas tempat-tempat yang pernah (mereka) kunjungi?" Jangan-jangan ulasan tersebut malah dianggap ulasan palsu dan akan dihapus oleh Google?


Jawabannya adalah: Bisa!





Pengguna Google Maps (termasuk Local Guides) dimungkinkan untuk membagikan ulasan di Google Maps atas layanan daring/virtual yang pernah mereka jajal sekalipun mereka tidak pernah benar-benar mengunjungi tempat tersebut secara langsung sebagaimana yang dipersyaratkan oleh Google di dalam panduannya.


Hal ini disampaikan oleh akun @KatieMcBroom, karyawan Google, di artikel yang ia unggah di forum Local Guides Connect (Connect) beberapa waktu yang lalu.


"Sebagai Local Guides Anda bisa membantu membawa kesadaran dan memberi bantuan kecil untuk bisnis-bisnis yang Anda sukai dengan cara mengulas pengalaman-pengalaman virtual sebagaimana yang biasa Anda lakukan di situasi yang berbeda ketimbang sekarang." (Connect, 25/8/2020).


Lalu hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda hendak menuliskan ulasan mengenai pengalaman Anda menjajal layanan daring/virtual dari suatu bisnis/tempat (points of interest; POI) di Google Maps?


Yang pertama, menurut @KatieMcBroom, tulislah ulasan Anda secara deskriptif. Apakah studio kebugaran ini, misalnya, adalah studio kebugaran tempat Anda biasa berlatih ataukah studio di belahan dunia berbeda yang sedang Anda jajal (layanan virtualnya)? Anda juga bisa membandingkan seperti apa rasanya kelas kebugaran hari ini dengan sesi sebelumnya (yang pernah Anda ikuti, tentu saja).


"Semakin banyak informasi yang Anda berikan, maka akan semakin terbantu pulalah pengguna Google Maps (lainnya) dalam menemukan pengalaman-pengalaman terbaik yang mesti dijajal, kendati dari rumah saja," tulis @KatieMcBroom.





Selanjutnya: jangan gunakan foto tangkapan layar (screenshot). Secara umum, tim Google Maps tidak merekomendasikan membagikan foto tangkapan layar dari pengalaman daring/virtual Anda ke Google Maps, termasuk semisal Anda sedang membahas mengenai sebuah kelas virtual.


Jika Anda ingin membagikan foto yang relevan (dengan aktivitas daring/virtual yang Anda ikuti), dan kebetulan lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal Anda, maka Anda disarankan untuk memotret bagian depan gedung/lokasi bisnisnya di kesempatan berbeda (tidak harus di saat Anda sedang mengikuti kelas virtual). Tapi tentu saja: jika situasinya memungkinkan. Tidak perlu memaksakan diri.


Tips ketiga: jangan sekadar mengulas. Masih ada hal lain yang bisa Anda sumbangsihkan untuk membantu bisnis/usaha favorit Anda tetap bertahan di situasi-yang-Anda-sudah-tahu seperti sekarang ini. Misal: Anda mendapati ada info mengenai tempat tersebut di Google Maps yang tidak akurat? Perbaiki, laporkan ke Google Maps untuk dilakukan pemutakhiran!


Atau susun daftar tempat-tempat di Google Maps yang menyediakan layanan daring/virtual yang pernah Anda jajal, lalu bagikan. Biarkan orang lain tahu mengenai pengalaman virtual ini. Dengan begini bukan cuma Anda yang beroleh manfaat kendati #dirumahsaja, namun bisnis (kecil) di sekitar Anda juga bisa tetap bertahan di masa yang penuh tantangan ini.


Salam pacul![]





———————

DAFTAR RUJUKAN:

@KatieMcBroom. "How to Review a Virtual Experience." Local Guides Connect, 25/8/2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Help-Desk/How-to-review-a-virtual-experience/ba-p/2688943

@KatieMcBroom. "Wellness Experiences You Can Book Directly on Google Maps." Local Guides Connect, 25/8/2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Announcements/Wellness-experiences-you-can-book-directly-on-Google-Maps/ba-p/2688961

@KatieMcBroom. "6 Ways to Enhance Your Wellness Routine." Local Guides Connect, 24/8/2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Announcements/6-ways-to-enhance-your-wellness-routine/ba-p/2687778

Google Support. https://support.google.com/maps/answer/6230175?hl=en&ref_topic=3092425

Adriana Anggraeni. "5 Studio Fitness di Jakarta yang Menyediakan Kelas Virtual." Indonesia Tatler, 3/4/2020, https://indonesiatatler.com/wellness/5-studio-fitness-yang-menyediakan-kelas-virtual

Ravacana Films. "Film Pendek - Geladiresik (2020)." Youtube, 31/7/2020, https://youtu.be/TJrrxYwD9lU

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply