Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » » Update Saved Tab di Google Maps

Google baru saja mengumumkan bahwa mereka telah memutakhirkan desain muka fitur menyimpan tempat favorit di Google Maps. Dengan desain muka baru ini para pengguna bisa lebih mudah menyimpan dan mengatur tempat-tempat yang mereka sukai. Apakah Anda termasuk salah satu pengguna Google Maps yang sering menggunakan fitur ini? Jika ya, maka Anda tentu akan senang dengan pemutakhiran ini!

———————





UPDATE SAVED TAB DI GOOGLE MAPS


Penulis: Ario Wicaksono (@iorikun301)

Foto-foto: Google


[MALANG LOCAL GUIDES] Pengguna Google Maps bisa menyimpan tempat-tempat yang mereka sukai di aplikasi peta digital ini. Dengan menggunakan fitur ini maka mereka bisa lebih mudah menemukan kembali tempat-tempat favorit tersebut kapanpun dikehendaki. Misalnya "Tempat-Tempat Makan yang Pernah Didatangi Bersama Mantan di Surabaya." Warung Wapo Unair, Tahu Campur Pasar Pacar Keling, Warung Sederhana Gubeng Pojok.


Ups!


Betul, pengguna Google Maps memang bisa menyimpan tempat-tempat apapun yang mereka kehendaki, termasuk barangkali tempat-tempat yang belum (bahkan tidak) tercantum di peta, seperti misalnya rumah famili. Pun pengguna bisa mengatur apakah daftar tempat favorit tersebut bersifat privat (hanya bisa diketahui oleh si empunya akun) ataupun publik.


Namun harap diingat bahwa menyimpan daftar tempat favorit ini tidaklah sama dengan mengunduh peta area luring (offline). Untuk menyimpan/menandai daftar tempat favorit, pengguna hanya perlu membuka aplikasi Google Maps (dalam mode normal, bukan incognito/menyamar), cari tempat/titik lokasi yang dikehendaki, tekan nama atau alamat tempatnya, dan tekan simpan (save) lalu pilih satu daftar tempat yang dikehendaki.





PEMUTAKHIRAN TIGA KARUSEL


Fitur menyimpan tempat favorit di Google Maps telah dimutakhirkan. Lalu apa saja yang berubah?


Akun @KatieMcBroom, karyawan Google, dalam artikelnya di Local Guides Connect (26/8/2020) mengungkapkan bahwa fitur yang telah digunakan untuk menyimpan lebih dari 7 juta tempat oleh pengguna Google Maps di seluruh dunia ini mengalami perubahan pada desain mukanya. 


Pada desain yang baru, tempat-tempat yang baru saja ditambahkan (ke dalam daftar tempat favorit/disimpan) akan ditempatkan di bagian atas laman (tab). Dengan begini pengguna Google Maps akan bisa lebih mudah menemukan tempat yang belum lama ini disimpannya di daftar tempat favorit.


Tak hanya itu, fitur menyimpan tempat favorit ini kini juga menampilkan karusel "Tempat Tersimpan Dekat Sini" (Nearby Saved-place). Ketika pengguna Google Maps berada dekat dengan tempat favorit yang telah disimpannya sebelumnya, maka fitur ini akan memunculkan tempat tersebut.


Selain itu jika pengguna layanan peta berbasis web ini telah mengaktifkan fitur Sejarah Lokasi (Location History), maka pada karusel "Tempat yang Pernah Dikunjungi" (Visited Saved-place) akan dimunculkan tempat-tempat yang pernah dikunjungi sebelumnya.


Pemutakhiran fitur yang menarik, bukan? Pengguna Google Maps tidak akan lagi melewatkan tempat-tempat favorit yang pernah, ingin, dan baru saja mereka datangi. Dan ketiga hal ini bisa diatur sesuai waktu, kota, daerah, ataupun negara.





DAFTAR TEMPAT FAVORIT POPULER


Di atas telah disebutkan bahwa fitur menyimpan tempat favorit ini begitu populer. Ada lebih dari 7 juta tempat yang telah disimpan. Tapi tahukah Anda tempat-tempat mana saja yang paling banyak disimpan oleh pengguna Google Maps di seluruh dunia?


Greg Backstrom, Manajer Produk - Google Maps, menyebutkan ada 10 tempat di dunia yang paling banyak disimpan oleh pengguna Google Maps sepanjang masa, di antaranya: (1) menara Eiffel (Perancis) sebagai pemuncak klasemen, lalu (2) museum Louvre (Perancis); 


(3) kuil Kiyomizu-dera (Jepang); (4) Colosseum (Italia); (5) La Sagrada Familia (Spanyol); (6) Fushimi Inari Taisha (Jepang); (7) Arc de Triomphe (Perancis); (8) Trevi Fountain (Italia); (9) Pantheon (Italia); dan (10) Istana Buckingham (Inggris).


Tak hanya itu, Google juga mencatat 10 peningkatan tertinggi kategori tempat teratas yang disimpan pengguna Google Maps (Juli 2020 vs. Juli 2019), yakni kategori hutan nasional (tertinggi), sungai, toko es krim, lahan pertanian, toko kopi, air terjun, tempat istirahat di jalan tol (rest stops), toko sepeda, tempat parkir gratis, serta tempat berkemah karavan (RV parks) (The Keyword, 26/8/2020).


Jadi, Maniesz, kalo aku nge-save tempat-tempat makan romantis yang pengen aku datangi sama kamu ada yang marah, nggak?[]





———————

DAFTAR RUJUKAN:


Greg Backstrom. "3 Easy Ways to Maximise the New Saved Tab in Google Maps." The Keyword, 26/8/2020, https://blog.google/products/maps/remember-better-with-updated-saved-tab/

@KatieMcBroom. "Introducing Updates to the Saved Tab on Google Maps." Local Guides Connect, 26/8/2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Announcements/Introducing-updates-to-the-Saved-tab-on-Google-Maps/ba-p/2690113

Google Support. "Save Favourite Places." https://support.google.com/maps/answer/3184808?hl=en&ref_topic=3093585

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply