Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » » » » » » » » » Soto Mbah Bedjo Galunggung: Jagoan Baru Soto Ayam Khas Malang

 Mengusung tagline "Surganya Pecinta Krokot Balung," Soto Mbah Bedjo Galunggung adalah jagoan baru sajian soto ayam khas Malang. Bahkan dengan uang Rp5.000,- pun kita sudah bisa mencicipi lezatnya soto ayam gratis balungan.

———————




SOTO MBAH BEDJO GALUNGGUNG:

JAGOAN BARU SOTO AYAM KHAS MALANG


Penulis: Ario Wicaksono (@iorikun301)

Foto-foto: Istimewa/Malang Local Guides


[MALANG LOCAL GUIDES] Soto Mbah Bedjo Galunggung. Jika Anda ketikkan kata kunci "soto" di kolom pencarian Google Maps, niscaya Anda akan dapati begitu banyak rumah makan yang menawarkan menu soto di wilayah kota Malang, Jawa Timur. Agaknya udara kota ini yang sejuk memang cocok untuk "dilawan" dengan semangkuk soto yang panas dan nikmat. Dan Soto Mbah Bedjo Galunggung adalah satu jagoan baru yang turut meramaikan jagat persotoan kota Malang belum lama ini.

Berbeda dari soto yang dijual oleh kebanyakan rumah makan lain di kota ini, soto yang ditawarkan oleh Soto Mbah Bedjo Galunggung ini adalah soto ayam khas Malang. Bukan tipikal soto Lamongan yang lebih banyak dikenal.

Menurut Evin Fitriani (25), CO Marketing Soto Mbah Bedjo Galunggung, dalam satu sesi wawancara bersama Malang Local Guides pada Kamis (24/9/2020) di gerai Soto Mbah Bedjo Galunggung - Cengkeh, perbedaan paling mencolok antara soto khas Malang dengan tipikal soto Lamongan adalah terletak pada bahan koyahnya.

"Kalau soto khas Malang menggunakan koyah yang terbuat dari kelapa parut sangrai, sementara soto Lamongan menggunakan koyah campuran kerupuk udang dan bawang putih," terang Evin, panggilan akrab Evin Fitriani.

Evin Fitriani, CO Marketing Soto Mbah Bedjo Galunggung



Benar saja, ketika Malang Local Guides mencicipi langsung semangkuk soto ayam khas Malang yang disajikan di Soto Mbah Bedjo Galunggung ini, taburan koyah kelapanya seketika membuat citarasa sotonya berubah. Harum-gurih kelapa menguar di rongga mulut dan kuahnya menjadi lebih kental-kecoklatan.

"Tapi sebetulnya juga ada sedikit perbedaan dalam bumbu yang digunakan," imbuh Evin tanpa bersedia menjelaskan lebih jauh. Nampaknya ada bahan rahasia yang memang sengaja disembunyikan. Dan, agaknya, bahan rahasia ini pulalah yang membuat citarasa Soto Mbah Bedjo Galunggung begitu khas.

Konon, menurut Evin, untuk bisa menghasilkan semangkuk soto ayam yang khas seperti ini tim juru masak Soto Mbah Bedjo Galunggung mesti menghabiskan waktu tak kurang dari 3-4 bulan untuk meracik dan menguji coba beragam resep hingga akhirnya didapatkan formulasi resep soto yang dirasa pas. 

Soto ayam khas Malang dengan rasa kaldu dan bumbu yang kuat, isian berlimpah, dan after-taste yang tergolong ringan. Bahkan ketika Malang Local Guides coba meminum segelas air putih rasa after-taste sotonya pun seketika luntur. Ini bagus karena after-tastenya tidak akan mengganggu indra pengecap ketika hendak mencicip nikmatnya hidangan yang lain. Krokot-krokot balungan (mengunyah tulang ayam —Red.), misalnya.

Soto Ayam Barbar



EKSPANSI AGRESIF DAN STRATEGI HARGA TERJANGKAU

Kendati kehadirannya di jagat perkulineran kota Malang belumlah lama, tapi ekspansi Soto Mbah Bedjo Galunggung boleh dibilang cukup agresif. Dalam waktu kurang dari 2 bulan tercatat Soto Mbah Bedjo Galunggung sudah memiliki 3 buah cabang di 3 lokasi strategis kota Malang, dan akan segera menyusul cabang keempat yang dikelola dengan skema kemitraan.

Cabang yang pertama: Soto Mbah Bedjo Galunggung - Tidar, Jl. Tidar no. 7, kota Malang. Gerai ini resmi beroperasi sejak 13 Agustus 2020 silam. Cabang kedua: Soto Mbah Bedjo Galunggung - Cengkeh, Jl. Kalpataru no. 147, kota Malang. Cabang ini baru dibuka pada 17 September 2020 yang baru lalu. Dan yang paling gres: Soto Mbah Bedjo Galunggung - SOB, Jl. Ijen no. 94, kota Malang.

Menurut Evin, Soto Mbah Bedjo Galunggung berani berekspansi seperti ini, di saat banyak usaha kuliner lain banyak yang memilih untuk merampingkan jumlah gerai/cabang mereka, adalah karena di saat seperti ini Soto Mbah Bedjo Galunggung justru melihat adanya kebutuhan di masyarakat akan hadirnya restoran/rumah makan dengan harga murah tapi tetap menyuguhkan hidangan berkualitas prima.

"Bayangkan di Soto Mbah Bedjo Galunggung cukup dengan uang Rp5.000,- pelanggan sudah bisa menyantap seporsi nasi soto ayam khas Malang, lengkap dengan balungannya gratis," ujar wanita berkacamata ini. "Nama menunya Soto Unyil."

Foodcrawl Komunitas Malang Local Guides


Di Soto Mbah Bedjo Galunggung ada 4 pilihan menu yang bisa dipesan, yakni Soto Ayam (Biasa), Soto Brutal, Soto Ayam Barbar, dan Soto Unyil. 

Soto Ayam (biasa) adalah menu soto entry-level di rumah makan ini. Dibandrol Rp13.000,- per porsi Anda sudah bisa menikmati sedapnya semangkuk soto ayam khas Malang. Bagi orang yang belum pernah sama sekali mencicipi soto, menu ini bisa jadi pilihan. Anggap saja sebagai kesan pertama kepada nikmatnya kuliner soto khas Malang. Selanjutnya terserah Anda.

Pilihan menu berikutnya Soto Brutal. Isian lauknya lebih lengkap. Untuk menikmati seporsi soto brutal Anda cukup merogoh kocek Rp16.000,- saja. Enak dan mengenyangkan. Selanjutnya menu Soto Ayam Barbar. Ini adalah menu yang paling cocok untuk para die-hard fans soto ayam! 

Betapa tidak, selain isiannya yang paling komplit, ada satu kondimen spesial yang tak ada di menu soto lainnya: uritan. Atau orang mengenalnya sebagai telur muda. Dengan harga Rp20.000,- per porsi Anda akan disuguhi semangkuk soto ayam khas Malang yang bahkan mangkuknya sendiri akan sampai tidak terlihat karena isiannya yang begitu berlimpah. Puas menyantapnya.

Menu terakhir yang paling unik dari Soto Mbah Bedjo Galunggung adalah: Soto Unyil Rp5.000,- per porsi(!). Sesuai namanya, unyil, menu soto unyil ini memiliki porsi yang unyil. Kecil. Pilihan menu ini cocok untuk anak-anak maupun Anda yang tidak bisa makan banyak.

Dengan pilihan menu yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan seperti tersebut maka tidaklah mengherankan jika setiap harinya tak kurang dari 100-150 mangkuk soto (beragam menu) habis terjual.

"Beberapa waktu yang lalu bahkan sampai 200 porsi soto dalam sehari," ungkap Evin.

Sekadar catatan, setiap menu yang ditawarkan di Soto Mbah Bedjo Galunggung ini sudah termasuk seporsi krokot balungan gratis. 

Meracik Semangkuk Soto Ayam Khas Malang



SURGANYA PECINTA KROKOT BALUNG

Mengusung tagline "Surganya Pecinta Krokot Balung," rumah makan Soto Mbah Bedjo Galunggung tak hanya menawarkan soto ayam khas Malang yang panas dan nikmat, tapi juga balungan gratis untuk semua pelanggan. Di Jawa Timur, khususnya kota Malang, kegiatan menyantap balungan seperti ini disebut krokot-krokot. Mengunyah tulang ayam hingga sisa-sisa daging yang terselip di tulangnya licin tandas. Dan ini asyik sekali.

Lalu apa yang istimewa dari krokot-krokot balungan ayam gratisan di Soto Mbah Bedjo Galunggung yang kabarnya boleh nambah sepuasnya ini? Ternyata:

"Balungan yang digunakan sengaja dipersiapkan secara khusus dan sudah dibumbui sebelum dicampurkan ke dalam kuah soto. Ada pemasok yang menyediakan balungan ayam dan bukan diambil dari ayam yang (dagingnya) akan digunakan sebagai isian soto," terang Evin.

Pantas saja ketika Malang Local Guides mencicipi balungannya terasa bumbu yang meresap kuat dan tidak hambar selazimnya balungan. Bagi penggemar krokot balung hal ini tentu akan menambah asyik sesi krokot-krokotnya.

"Bahkan pernah ada pelanggan yang meminta balungan ekstra sampai berulang kali. Habis minta lagi, habis minta lagi," ujar Evin sembari tertawa. "Dan balungan yang ia pesan ulang ini pun tetap gratis!"

Tagline "Surganya Pecinta Krokot Balung" di Soto Mbah Bedjo Galunggung ternyata bukan gimmick marketing semata. Melainkan klaim serius!

Soto dan Ubo-Rampenya Tertata Komplit di Meja



GREBEK SOTO: BIAR KAMI YANG MENGHAMPIRI ANDA, PELANGGAN!

"Pengen maem Soto Mbah Bedjo tapi gasempet ke mana-mana karena kerjaan di kantor bejibun? Tenang ... nanti Mbah Bedjo yang ke kantormu, Mbah yang siapin semua, kamu tinggal maem!"

Tulisan itu terpampang di laman Instagram Soto Mbah Bedjo GalunggungMenurut Evin, ini adalah salah satu inovasi yang mereka tawarkan. Untuk lebih mempermudahkan pelanggan yang ingin bersantap dengan soto ayam khas Malang namun tidak punya banyak waktu untuk datang langsung ke gerai, maka tim Soto Mbah Bedjo Galunggunglah akan datang ke tempat pelanggan. Lengkap dengan soto dan segala ubo-rampe yang dibutuhkan, rombong pikulan untuk otentisitas, bahkan spanduk acara.

"Pelanggan tidak ditarik biaya tambahan. Mereka cukup membayar sesuai dengan menu yang dipesan," sebut Evin.

Tercatat tak kurang dari 10 instansi pernah mengundang Grebek Soto Mbah Bedjo ini untuk Foodcrawl di acara mereka. Di antaranya Bank BNI Syariah, kampus STIKI Malang, maupun beberapa acara Walikota Malang dan acara kebudayaan lainnya. Meriah!

Stiker Komunitas Malang Local Guides



PATUH PROTOKOL KESEHATAN

Di masa seperti sekarang penerapan protokol kesehatan yang baik adalah hal yang krusial. Tak terkecuali di rumah-rumah makan maupun penyedia jasa kuliner lainnya. Menurut Evin, Soto Mbah Bedjo Galunggung sudah menerapkal protokol kesehatan di gerai-gerai mereka. Tak cuma memasang spanduk peringatan, tapi juga menyediakan tempat cuci tangan, sabun, hingga hand sanitizer.

"Untuk peralatan makan juga selalu dicuci dengan air hangat untuk mematikan kuman-kumannya," kata Evin.

Selain itu setiap pegawai yang datang juga dicek suhu tubuhnya secara berkala dan dibekali dengan face-shield. Sementara untuk gerainya sendiri setiap 2-3 hari sekali dilakukan pembersihan secara mendetil di samping pembersihan rutin setiap hari. Dengan demikian diharapkan kebersihan dan keamanan gerai Soto Mbah Bedjo Galunggung tetap terjaga.

Soto Mbah Bedjo Galunggung buka setiap hari pukul 06.30-22.00 WIB. Melayani pembelian melalui aplikasi ojek online maupun pesan-antar. Untuk reservasi, pesan-antar, maupun Grebek Soto bisa menghubungi nomor 0821-3000-1195. Sedang untuk informasi kemitraan bisa menghubungi nomor 0811-3636-311.

Enak, tho? Enak, lah!?[]

Lokasi Ketiga Gerai Soto Mbah Bedjo Galunggung di Google Maps



«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply