Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » Penambahan Lapisan Peta COVID-19 di Google Maps

 Pembaruan Google Maps menambahkan fitur lapisan peta COVID-19. Data tren jumlah kasus baru di suatu wilayah bisa dengan mudah dipelajari. Membantu pengguna Google Maps merencanakan perjalanan dengan aman.

———————




PENAMBAHAN LAPISAN PETA COVID-19 DI GOOGLE MAPS


Penulis: Ario Wicaksono (@iorikun301)

Foto-foto: Istimewa/Google


[MALANG LOCAL GUIDES] Google baru saja mengumumkan bahwa mereka telah menambahkan lapisan (layer) COVID-19 pada aplikasi Google Maps mereka yang segera bisa diakses oleh pengguna Google Maps di seluruh dunia. Dengan adanya lapisan peta baru ini pengguna Google Maps bisa memantau jumlah rata-rata kasus COVID-19 di suatu wilayah/area. Sehingga mereka bisa beroleh informasi yang lebih kaya sebelum memutuskan hendak pergi ke mana dan apa yang mesti dilakukan.

Informasi ini pertama kali disampaikan oleh Sujoy Banerjee, Manajer Produk-Google Maps, dalam rilisnya di website The Keyword pada 23/9/2020 yang baru lalu.

"Minggu ini kami memperkenalkan lapisan COVID di (Google) Maps. (Ini adalah) sebuah alat yang menunjukkan informasi penting perihal kasus COVID-19 di suatu wilayah sehingga Anda bisa membuat keputusan mengenai ke mana hendak pergi dan apa yang hendak dilakukan dengan lebih terinformasi," tulisnya.

Fitur baru ini memperoleh sambutan yang luar biasa dari Local Guides seluruh dunia yang bergabung di forum komunikasi Local Guides Connect.

"Fitur yang sangat berguna, setidaknya untuk terus menjelajah namun lebih aman," tulis akun @LuigiZ, Moderator Connect.

"Fitur ini sangat membantu. Sekarang tergantung kita untuk mendorong orang-orang memakai masker," tulis akun @LaloPadilla, Local Guides dari Meksiko.




BAGAIMANA CARA KERJANYA

Untuk mengaktifkan fitur lapisan COVID-19 ini, buka aplikasi Google Maps yang Anda miliki. Pada bagian kanan-atas Anda akan melihat tombol lapisan (layer) peta. Tombol ini berisi pilihan fitur tipe visual peta (default, citra satelit, lansekap) dan ragam detil peta (jalur angkutan umum, lalu-lintas jalan, rute ramah sepeda, 3D, cakupan Street View, dan COVID-19). Tekan opsi COVID-19, dan Anda akan segera disuguhi pemetaan terkait COVID-19 di suatu wilayah/area.

Pada lapisan peta ini Anda akan disuguhi informasi mengenai jumlah rata-rata dalam 7 hari kasus COVID-19 baru per 100.000 orang penduduk di wilayah yang Anda periksa dan label tren peningkatan/penurunan jumlah kasus di wilayah tersebut.

Selain ditunjukkan dalam bentuk angka, informasi mengenai jumlah kasus COVID-19 baru di suatu wilayah ini juga ditampilkan dalam bentuk kode warna. Warna abu-abu berarti tidak ada kasus baru (nihil), kuning 1-10 kasus, oranye 10-20 kasus, oranye tua 20-30 kasus, merah 30-40 kasus, dan merah tua berarti ada lebih dari 40 kasus baru (rata-rata dalam 7 hari per 100.000 penduduk dalam suatu wilayah).

Data kecenderungan kasus ini juga bisa dilihat pada tingkat negara (220 negara), negara bagian/provinsi, kabupaten, dan kota, yang didukung oleh layanan Google Maps.




CARA GOOGLE MEMPEROLEH DATA

Data yang terverifikasi adalah hal yang amat penting dalam penyajian informasi lapisan peta COVID-19 ini. Google memperoleh data ini dari beragam sumber otoritatif, di antaranya Wikipedia, The New York Times, JHU CSSE, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kementrian kesehatan pemerintah, maupun rumah sakit.

Sebetulnya banyak di antara sumber-sumber data ini yang selama ini memasok data/informasi mereka ke (Google) Search. Namun kini informasi tersebut juga diperluas ke Google Maps.

Beberapa di antara pengguna Google Maps barangkali belum memperoleh pembaruan lapisan peta COVID-19 ini. Hal ini disebabkan pengimplementasian fitur ini yang dilakukan secara bertahap seperti halnya ketika ada pembaruan fitur lainnya pada aplikasi Google Maps selama ini.

"Kami harap fitur ini (akan) membantumu bepergian secara aman," tulis akun @TraciC, Administratur Google, di forum Local Guides Connect.

Pakai maskermu![]



———————


DAFTAR RUJUKAN:

Sujoy Banerjee. "Navigate Safely with New COVID Data in Google Maps." The Keyword, 23/9/2020, https://blog.google/products/maps/navigate-safely-new-covid-data-google-maps/

@TraciC. "Introducing a COVID-19 Layer in Google Maps." Local Guides Connect, 29/9/2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Announcements/Introducing-a-COVID-19-layer-in-Google-Maps/ba-p/2730037

Google Support. "COVID-19 Google Maps Updates." https://support.google.com/maps/answer/9795160


«
Next
This is the most recent post.
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply