Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » » 8 Tips Liburan Nyaman Bersama Google Maps

  Mendekati masa libur Natal dan tahun baru seperti ini, beberapa orang mulai merancang perjalanan liburan mereka. Mau ke mana, bersama siapa, dan hendak berbuat apa. Namun di era tatanan kehidupan baru, banyak hal menjadi lebih rumit ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Banyak hal yang mesti direncanakan dan dipertimbangkan masak-masak. Oleh karenanya di sinilah Google Maps bisa  membantumu dalam merancang liburan yang aman dan nyaman untuk semua!

_______





8 TIPS LIBURAN NYAMAN BERSAMA GOOGLE MAPS


Penulis: Ario Wicaksono (@iorikun301)

Foto-foto: Google


[MALANG LOCAL GUIDES] Google Maps bukanlah peta (digital) biasa. Seperti potongan dialog ikonis dalam sebuah film seri animasi anak-anak, Dora the Explorer: "Siapa yang kita mintai bantuan kalau kita tidak tahu harus ke mana? Peta. Benar!" maka Google Maps bisa membantumu tak hanya menunjukkan arah perjalanan, melainkan juga merencanakan dan memberikan inspirasi hal-hal menarik apa yang bisa kamu lakukan di sepanjang perjalanan.

"Musim liburan sebentar lagi dimulai. Ini artinya waktunya (bagimu) meluangkan waktu bersama teman, keluarga, dan banyak sekali makanan," tulis Holly Day, Kepala Holiday Innovation Officer - Google Maps, di The Keyword (17/11/2020).

Tak hanya mengingatkan bahwa musim liburan sebentar lagi, Holly Day juga membagikan 8 tips liburan nyaman bersama Google Maps yang bisa kamu pertimbangkan:


1. PERIKSA SEBERAPA RAMAI SUATU LOKASI

Google Maps memiliki fitur yang mampu menunjukkan seberapa ramai suatu lokasi. Infografis yang ditunjukkan di sini antara lain tren seberapa populer tempat tersebut pada hari dan jam yang tertentu, hingga data keramaian saat ini.

Informasi semacam ini tentulah amat bermanfaat untuk kamu yang enggan datang ke tempat-tempat yang sedang ramai pengunjung. Di masa tatanan kehidupan baru seperti sekarang ini, pengambilan jarak sosial adalah hal yang ama disarankan.

"Periksalah (terlebih dahulu) data tren popularitas (suatu tempat) di Google Maps sebelum kamu pergi ke restoran, toko, tempat usaha, maupun tempat-tempat lainnya untuk menghindari kerumunan orang-orang yang sedang berlibur dan antrean yang terlalu panjang," saran Holly Day.





2. CARI TAHU INFORMASI TERBARU TERKAIT COVID-19

Berencana menghabiskan waktu liburan dengan pergi ke luar kota? Ada baiknya kamu terlebih dahulu memeriksa terlebih dahulu berita-berita terbaru tentang perkembangan COVID-19 di kota yang hendak kamu tuju. Untuk itu kamu bisa menggunakan lapisan COVID-19 yang ada di aplikasi Google Maps kamu untuk mengetahui tren jumlah kasus COVID-19 di suatu wilayah.

Pun kamu bisa mengakses berita dari sumber-sumber resmi langsung dari Google Maps di genggaman kamu. Dengan begini kamu bisa tahu perkembangan COVID-19 di kota yang kamu tuju termasuk beragam protokol kesehatan yang diberlakukan di kota tersebut.


3. PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DI SUATU LOKASI/TEMPAT

Demi keselamatan dan kenyamanan bersama, banyak tempat usaha yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat di tempat mereka. Protokol kesehatan apa saja yang diterapkan di suatu lokasi biasanya dicantumkan di laman profil tempat (points of interest; POI) tersebut di Google Maps, baik oleh si pengelola akun maupun dari postingan yang dibagikan oleh pengunjung.

"Cari tahu apakah mereka melakukan sanitasi ulang setiap ada pengunjung baru, adakah (plastik) pemisah di kasir, pun apakah mereka mewajibkan pegawai-pegawai mereka untuk memeriksa suhu tubuh secara berkala," tutur Holly Day.


4. BAGIKAN PERKIRAAN JAM TIBA

"Kalau kamu ingin mengunjungi keluarga terkasihmu, beritahukan kepada mereka jam berapa kira-kira kamu akan tiba. Bagikan perkiraan jam tiba ini dengan hanya beberapa ketukan (di Google Maps)," tulis Holly Day.


5. JANGAN NYASAR!

Sedang merencanakan untuk bertemu kawan lama di suatu tempat di luar ruang dan jarak untuk menuju ke tempat tersebut cukup jauh? Minta kawanmu untuk membagikan lokasi mereka saat ini!

Kata Holly Day: "Ketuk ikon (profil) mereka dan nyalakan (fitur) Live View untuk melihat di mana mereka sekarang dan masih seberapa jauh dari posisimu."

Dengan mengikuti ikon panah dan arah di fitur Live View kamu bisa lebih mudah mengetahui ke mana mesti pergi. Nyasar is so yesterday!





6. SIBUK NYETIR? PAKAI FITUR SUARA GOOGLE ASSISTANT SAJA!

Jika kamu sedang sibuk mengemudikan kendaraan, amatlah disarankan untuk memanfaatkan fitur perintah suara Google Assistant di aplikasi Google Maps kamu. Dengan begini kamu bisa lebih fokus mengemudi tanpa perlu lagi sibuk memencet sana dan sini.

Terhitung sejak akhir November yang baru lalu, para pengguna Android di Amerika Serikat sudah bisa menggunakan Google Assistant ini (versi preview) untuk menjawab atau menolak pangggilan masuk, mendapatkan panggilan peringatan (bahaya) dari Google Assistant, memeriksa sekilas pesan-pesan masuk di beragam aplikasi berbeda yang mereka gunakan cukup di satu tempat, serta memainkan siniar dan musik-musik favorit di ratusan platform musik langganan. 

Ini semua cukup kamu lakukan dengan perintah suara dan tanpa perlu menutup layar navigasi Google Maps di gawai kamu!


7. JANGAN BIARKAN MAKANANMU TERHIDANG SUDAH DINGIN!

Satu lagi keunggulan Google Maps yang bisa dimanfaatkan penggunanya: fitur menyortir rekomendasi rumah makan berdasarkan ketersediaan layanan bungkus (takeout) atau pesan antar, serta memesan makanan langsung dari aplikasi Google Maps di genggaman kamu!

Termasuk: pengguna bisa melihat kapan makanan pesanan mereka siap diantar ataupun diambil di restoran favorit mereka.

"Karena siapa, sih, Sob, yang suka ayam kalkun mereka sudah dingin ketika dihidangkan?" tutur Holly Day.


8. CARI TAHU DI SEKITARMU!

Ketika berkendara, kadang ada saja hal yang membuatmu mesti mencari tempat pemberhentian terdekat. Seperti misalnya bensin sudah mulai tiris, atau ada camilan yang ingin kamu beli di konbini. Untuk itu kamu bisa menggunakan kolom pencarian Google Maps untuk mencari tahu di mana SPBU atau konbini terdekat. Tapi kalau untuk mencari tahu di mana rumah mantan terdekat, rasanya susah, ya, Sob??

Google Maps teman liburan terbaikmu![]





_______

DAFTAR RUJUKAN:

Holly Day. "Google Maps: Your Holiday Sidekick." The Keyword, 17/11/2020, https://blog.google/products/maps/google-maps-your-holiday-sidekick/

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply