Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » Bintang Pemandu: Sang Local Guides Panutan

 Banyak hal telah berubah di tahun 2020 yang penuh tantangan ini. Namun ada satu hal yang tak berubah: semangat dan dedikasi komunitas Local Guides untuk tetap berkontribusi positif. Karenanya untuk merayakan hal ini, tim Google telah memilih 50 orang Local Guides terbaik dari seluruh dunia yang kiprahnya patut dijadikan panutan. Di dalam maupun di luar Google Maps.

_______





BINTANG PEMANDU: SANG LOCAL GUIDES PANUTAN


Penulis: Ario Wicaksono (@iorikun301)

Foto-foto: Google


[MALANG LOCAL GUIDES] Local Guides adalah sekumpulan penjelajah lokal yang dengan pengalaman dan pengetahuan lapangan yang dimiliki membantu banyak orang untuk menemukan hal-hal menarik di sekitar mereka melalui beragam konten yang dibagikan di Google Maps. Mulai dari ulasan atas layanan rumah makan yang baru-baru ini mereka coba, mengunggahkan foto etalase dan interior toko, hingga memeriksa beragam fakta dan coba membenahi informasi yang masih salah di layanan peta berbasis web ini. Dan mereka, Local Guides, melakukan ini semua secara sukarela, bahkan di tahun 2020 yang penuh tantangan ini.

Terkait dengan hal tersebut, baru-baru ini Google mengumumkan 50 orang Local Guides dari seluruh dunia, termasuk Indonesia, yang menurut mereka sosok Local Guides yang inspiratif. Bukan semata menginspirasi sesama Local Guides untuk turut memberikan sumbangsih terbaik di Google Maps, namun apa yang mereka lakukan juga memberi dampak positif pada lingkungan tempat mereka berada terutama di masa kenormalan baru seperti sekarang ini.

"Tim kami (Google) telah begitu terinspirasi oleh kisah-kisah Local Guides  yang berkembang pesat selama setahun terakhir, terutama selama COVID-19. Itulah mengapa kami ingin meluangkan waktu merayakan dan berterima kasih kepada komunitas dengan menyinari beberapa bintangnya," tulis akun @mchomsky, karyawan Google, di forum Local Guides Connect (8/12/2020).

Kelima puluh orang Bintang Pemandu panutan ini dipilih setelah tim Google meneliti puluhan ribu Local Guides dengan kesemua aspek program Google Local Guides, termasuk sumbangsih mereka di Google Maps, aktifitas di forum Local Guides Connect dan lainnya yang terkait, aplikasi/keikutsertaan mereka dalam mendaftar untuk mengikuti gelaran Connect Live 2020 (yang telah dibatalkan), pengisian formulir nominasi Local Guides panutan di Connect, keterlibatan di komunitas-komunitas lokal, dan lain sebagainya.





KATEGORI DAN PROFIL BINTANG PEMANDU PILIHAN

Ada lima buah kategori untuk Bintang Pemandu ini, yakni Pahlawan Bermanfaat, Mapper Inklusif, Kontributor Kreatif, Pembangun Komunitas, dan Juara Bisnis Lokal, dengan tiap kategori terpilih sepuluh orang Local Guides dengan sumbangsih mereka yang khas.

Seperti misalnya Nyai Nurjanah, Local Guides level 10 dari Sukabumi, Indonesia. Ia terpilih sebagai salah satu Bintang Pemandu dalam kategori Pahlawan Bermanfaat. Pandangan positif dan komitmennya untuk menjadikan dunia menjadi tempat yang lebih baik telah menginspirasi orang-orang di komunitasnya. Ia selalu berhati-hati dalam membagikan informasi bermanfaat yang berarti baginya di Google Maps. Seperti misalnya tempat-tempat yang memiliki fasilitas musala, hingga protokol kesehatan yang diterapkan di tempat-tempat di sekitarnya.

"Karena pandemi pada tahun 2020, saya telah memperbarui Google Maps dari rumah. Saya juga telah mendukung bisnis kecil di sekitar saya. [Dan] yang terpenting keselamatan adalah prioritas," tuturnya sebagaimana dikutip di laman khusus Bintang Pemandu di Connect.

Tak hanya Nyai Nurjanah yang telah menginspirasi banyak orang. Jesica L., Local Guides level 10 asal Buenos Aires, Argentina, tak kalah inspiratif. Minat Jesica dalam berbagi di Google Maps adalah tentang aksesibilitas. Sebagai anggota tim One Accessibility, ia ajeg menulis artikel dan membagikan ulasan di Google Maps terkait dengan aksesibilitas dan segala tetek-bengeknya.

Lebih dari itu, ia juga begitu antusias membagikan apa-apa saja yang membuat negaranya, Argentina, istimewa. Mulai dari menjadi Host Meet Up hingga berpartisipasi di dalam tantangan #ExperienceArgentina, ia terus secara teratur menyebarkan berita tentang kecintaannya pada rumah. Argentina.

"Sesuatu yang selalu saya sukai tentang Connect sejak pertama saya bergabung adalah bagaimana setiap orang berbagi tentang hal-hal kecil dari negara mereka dan kami dapat melakukan percakapan pribadi dengan si penulis artikel yang memberi tahu kami lebih banyak, dengan cara yang saya kira tidak bisa dilakukan di platform lain," terangnya.

Dengan sumbangsih yang semacam itu maka tak heran jika Jesica kemudian menjadi salah satu Bintang Pemandu dalam kategori Mapper Inklusif.




Profil Bintang Pemandu berikutnya adalah Jan V.H., Local Guides level 10 dari Hamme, Belgia. Ia merupakan salah seorang Bintang Pemandu dalam kategori Kontributor Kreatif. Jan memiliki keinginan untuk memastikan bahwa informasi yang tercantum di Google Maps merupakan informasi yang benar dan ingin terus memperbarui komunitasnya melalui sumbangsih yang diberikannya.

"Saya tipe orang yang tidak bisa hanya duduk-duduk dan tidak melakukan apa-apa. Dan jika memungkinkan saya lebih suka melakukan sesuatu yang berguna," terangnya sebagaimana termuat di Connect.

Di luar sumbangsihnya di Google Maps, Jan merupakan suara dan pendiri siniar LetsGuide yang merupakan siniar yang dikhususkan untuk berbagi informasi seputar Local Guides, dan juga ia merupakan pemrakarsa gerakan Local Guides Clean The Map, sebuah gerakan untuk menyingkirkan konten-konten salah dan kurang bermanfaat di Google Maps. 

Berikutnya adalah Adrian Lunsong, Local Guides level 8 dari Kuching, Malaysia. Ia merupakan salah seorang Bintang Pemandu dalam kategori Pembangun Komunitas.

Bersemangat, berdedikasi, dan penuh perhatian adalah beberapa kata yang bisa dipiih untuk menggambarkan sosok seorang Adrian. Selama bertahun-tahun ia aktif berkontribusi di Google Maps maupun Connect, termasuk membagikan tutorial cara menulis ulasan dan artikel yang berkualitas di Google Maps maupun Connect, dan mengadakan Kuis Connect yang menampilkan kuis trivial Local Guides yang melibatkan 10 tim dan berpuncak pada siaran langsung streaming grand final kuis.

"Di tingkat global saya masih terhubung dengan komunitas yang luar biasa melalui Connect dan platform lain. Internet telah mempermudah kita untuk tetap berhubungan melalui pertemuan-pertemuan virtual," terangnya.

Pertemuan global virtual berikutnya akan ia selenggarakan pada Desember 2020. Adrian benar-benar menjaga komunitas agar tetap bersama bahkan pada saat-saat yang menantang seperti sekarang.




Lain Adrian, lain pula Alexandre Campbell, Local Guides level 8 dari Rio de Janeiro, Brasil. Ia adalah Bintang Pemandu dalam kategori Juara Bisnis Lokal.

"Saya adalah seorang Local Guides, yang mana saya tahu kontribusi saya di Google Maps akan berdampak positif pada kehidupan ribuan orang dan berkontribusi pada pertumbuhan bisniis kecil," tuturnya sebagaimanya dikutip dari Connect.

Sangat aktif dalam menciptakan komunitas, Alexandre berperan penting dalam menyatukan komunitas Local Guides di Brasil. Dengan bantuan beberapa Local Guides lainnya ia menyelenggarakan pertemuan bulanan yang membahas kabar terbaru program Google Local Guides, pembaruan, dan bagaimana mereka dapat mendorong lebih banyak Local Guides Brasil untuk bergabung dalam misi mereka tersebut.

Alexandre juga menggunakan waktunya di rumah selama masa pandemi ini untuk mendukung bisnis melalui kontribusinya di Google Maps. Ia, terangnya, mulai mengulas pengalaman-pengalaman daringnya maupun layanan pesan-antar dan takeaway yang ditawarkan beberapa tempat usaha di lingkungannya.

"Saya juga mengedit tempat dan mengoreksi informasi kontak untuk membantu usaha kecil berjualan secara daring," imbuhnya.





FILTER INSTAGRAM BINTANG PEMANDU

Dengan dipilihnya 50 orang Bintang Pemandu ini bukan berarti Local Guides yang lain tidak bisa berpartisipasi dalam perayaannya. Sebaliknya, seluruh Local Guides secara bersama-sama, dengan segenap usaha dan segala sumbangsihnya di Google Maps, telah membuat layanan peta berbasis web ini tetap up to date dan bermanfaat untuk semua orang di seluruh dunia. Karenanya untuk turut merayakan hal tersebut, Google telah membuat sebuah filter Instagram untuk membagikan kebanggaan sebagai seorang Local Guides kepada dunia. Caranya Anda tinggal memindai QR code yang tersedia dan ambil foto dari gawai Anda.

Jika Anda menggunakan filter ini di Instagram Story Anda, jangan lupa untuk men-tag akun Instagram @googlelocalguides untuk sebuah kesempatan turut dimuat di dalam Instagram Story roundup-nya.

Siap, Bang Bintang Pemandu Panutan![]


_______

DAFTAR RUJUKAN:

@mchomsky. "Introducing the Guiding Stars Who Lit the Way in 2020." Local Guides Connect, 8/12/2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Announcements/Introducing-the-Guiding-Stars-who-lit-the-way-in-2020/ba-p/2797015

@TraciC. "Show Your Local Guides Love with this Guiding Stars Filter." Local Guides Connect, 8/12/2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Announcements/Show-your-Local-Guides-love-with-this-Guiding-Stars-filter/ba-p/2797644

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply