Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » » Buat dan Bagikan Foto Google Street View Langsung dari Gawai Anda!

 Pemutakhiran aplikasi Street View untuk Android yang terbaru memungkinkan penggunanya, Anda, mereka, setiap orang, untuk membuat dan membagikan gambar-gambar Street View langsung dari gawai masing-masing. Serasa menggenggam mobil ikonis Google Street View ke mana-mana!

_______





BUAT DAN BAGIKAN FOTO GOOGLE STREET VIEW LANGSUNG DARI GAWAI ANDA!


Penulis: Ario Wicaksono (@iorikun301)

Foto-foto: Google


[MALANG LOCAL GUIDES] Foto-foto Street View amat membantu pengguna untuk mengenal dan menjelajahi wilayah-wilayah di berbagai penjuru kota, bahkan dunia, secara virtual. Namun karena keterbatasan jangkauan mobil Google Street View, belum di semua wilayah/area foto Street View ini tersedia.

Tapi hal ini tidak akan berlangsung lama. Karena kini, dengan pemutakhiran terbaru aplikasi Street View untuk Android, pengguna bisa turut menyumbangkan, membuat dan membagikan, foto-foto Street View mereka langsung dari gawai/ponsel pintar mereka masing-masing.

Hal ini pertama kali dikemukakan oleh Stafford Marquardt, Product Manager - Google Maps Street View, dalam tulisannya di The Keyword pada 3 Desember 2020 yang baru lalu.

"...bagaimana kalau setiap orang bisa berkontribusi ke Street View hanya dengan menggunakan ponsel (pintar) mereka?"

Kabar ini tentu memantik banyak respon positif dari para Local Guides yang tergabung di forum komunikasi Local Guides sedunia, Local Guides Connect (untuk selanjutnya disebut "Connect").

"Di banyak wilayah di dunia ini akan membuka Street View bagi warga lokal dan benar-benar menempatkan tempat-tempat ini di (Google) Maps secara harfiah!" tulis akun @PaulPavlinovich, Connect Moderator.

"Video di Street View adalah pilihan yang menarik. Saya akan mencobanya segera ketika saya pergi ke pedesaan untuk naik gunung di Patagonia," sebut akun @FaridMonti.

Lalu bagaimanakah cara pengguna untuk membuat dan membagikan foto-foto Street View langsung dari gawai mereka sendiri?


Mengaktifkan Lapisan Street View di Maps



MEREKAM GAMBAR STREET VIEW

Untuk bisa membuat dan membagikan foto Street View, pertama kali yang dibutuhkan pengguna adalah piranti yang sudah mendukung penggunaan layanan realitas berimbuh (augmented reality) ARCore. Layanan realitas berimbuh ARCore ini adalah teknologi yang sama yang digunakan Google untuk menghasilkan pengalaman-pengalaman baru seperti Live View. 

Dengan mengetuk pilihan Foto Terhubung (connected images) dari menu Buat pada aplikasi Street View, pengguna bisa mulai merekam foto Street View sembari menjelajahi jalanan kota. Setelah pengguna merekam dan membagikan foto-foto ini di aplikasi Street View, aplikasi ini kemudian akan secara otomatis memutar, memposisikan, dan membuat serangkaian foto terhubung. 

Foto-foto terhubung ini kemudian akan secara otomatis pula diletakkan di tempat/lokasi yang tepat di Google Maps. Dan sudah. Foto-foto Street View yang dibuat dan dibagikan pengguna pun siap dimanfaatkan oleh pengguna lain yang ingin menjelajah di lokasi foto Street View tersebut dibuat. 

Biasanya piranti yang dibutuhkan untuk bisa membuat foto-foto Street View semacam ini adalah gawai-gawai yang khusus dibuat untuk merekam foto 360, seperti misalnya kamera Insta360 Pro, Insta360 Pro2, Insta360 One, Ricoh Theta Z1, Ricoh Theta V, dan lain sebagainya. Sayangnya, piranti semacam ini memiliki harga yang cukup mahal untuk kebanyakan pengguna, bahkan hingga puluhan juta rupiah. Namun dengan pemutakhiran terbaru pada aplikasi Street View ini, pengguna cukup menggunakan ponsel pintar Android yang berharga jauh lebih terjangkau.

Kendati demikian tidak semua gawai mendukung penggunaan layanan ARCore ini. Beberapa gawai yang sudah mendukung layanan ini di antaranya Asus ROG Phone III, Google Pixel 5, Huawei P20 Pro, Oppo Reno Z, Realme Narzo 20 Pro, Samsung Galaxy M21, Vivo V20 Pro, Xiaomi Poco X3 NFC, Xiaomi Redmi Note 9 Pro, dan lain sebagainya. Daftar lengkap gawai yang mendukung layanan ARCore ini bisa dilihat di laman bantuan ARCore.


Foto Terhubung



MENCAKUP LEBIH BANYAK TEMPAT DI GOOGLE MAPS

Menurut Stafford Marquardt, para penjelajah Google Street View, mobil, sepeda, hingga yang berjalan kaki, telah mengumpulkan lebh dari 170 milyar gambar dari 10 juta mil jalan yang mereka jelajahi di seantero Bumi. Namun demikian, masih ada sangat banyak sudut dunia yang belum dijelajahi. Belum direkam. Tak terpetakan. 

Karenanya selama bertahun-tahun Google telah mendorong para pengguna (Google Maps) untuk mengunggahkan gambar-gambar yang mereka buat sendiri ke layanan peta berbasis web ini.

"Kami mendapati jutaan gambar Street View telah diunggahkan orang-orang dari seluruh penjuru dunia, dari Bermuda dan Tonga, hingga Zanzibar dan Zimbabwe," terang Stafford Marquardt.

Ketika pengguna (Street View) mengunggahkan foto terhubung atas lokasi tertentu, maka lokasi dari foto-foto ini akan ditampilkan di lapisan Street View Google Maps sebagai garis biru putus-putus. Sedangkan pada lokasi-lokasi di mana Google Street View telah diberikan/direkam oleh Google, maka lokasi tersebut akan ditampilkan sebagai garis biru tebal bersambung. Kendati hal ini masih berada dalam tahap pengujian beta, namun sudah banyak pengguna yang mengunggahkan foto-foto terhubung mereka sendiri dari lokasi-lokasi seperti Nigeria, Jepang, bahkan Brasil.

Sama halnya pada layanan imagery Google lainnya, foto-foto terhubung yang diunggahkan pengguna pada aplikasi Street View untuk Android ini akan membuat Google Maps semakin akurat dan menampilkan gambaran kondisi terkini dari suatu lokasi/wilayah, yang bisa bermanfaat untuk seluruh pengguna. Seperti misalnya Google bisa menggunakan foto-foto Street View ini untuk memutakhirkan nama maupun alamat dari suatu tempat/bisnis, termasuk jam operasional yang terbaru.


Garis Biru Putus-putus Lokasi Foto Terhubung yang Dibuat dan Dibagikan Pengguna Aplikasi Street View



PRIVASI

Mengunggahkan foto-foto terhubung melalui aplikasi Street View untuk Android memang tidak terlampau sulit. Seseorang hanya tinggal merekam foto terhubung menggunakan gawai yang mereka gunakan, lalu mengunggahkannya ke aplikasii, dan setiap orang akan bisa mengaksesnya dengan mudah. Namun bagaimana dengan aspek privasi dari foto-foto terhubung yang direkam dan diunggahkan ini? 

Sebagaimana yang diketahui selama ini, gambar-gambar Street View yang terdapat di Google Maps mengaburkan wajah orang yang (tidak sengaja) terekam kamera penjelajah Google Street View. Sehingga privasinya menjadi terlindungi.

Ternyata hal yang seperti inipun diterapkan Google pada foto-foto terhubung yang diunggahkan pengguna pada aplikasi Street View untuk Android. Google akan mengaburkan aspek-aspek privasi seseorang, seperti misalnya wajah dan bahkan plat nomor kendaraan, yang (tanpa sengaja) terekam pada foto-foto terhubung yang dibagikan. Termasuk:

"Kami juga menyederhanakan proses bagi pengguna untuk melaporkan gambar-gambar maupun beragam konten lainnya (yang diduga melanggar aturan privasi) untuk diteliti lebih lanjut," tutur Stafford Marquardt.

Jadi, bagimana? Tertarik untuk mulai merekam dan membagikan foto-foto terhubung dari lokasi-lokasi yang belum ada di peta dan membagikannya untuk membantu banyak orang menjelajah lebih banyak lagi tempat seru di sekitar mereka?

"Yang kamu butuhin cuma ponsel pintar, Sob! Nggak perlu lagi segala macam alat yang canggih-canggih itu!?" tulis Stafford Marquardt.

Siap, Bang Jago![]


Garis Biru Tebal Bersambung Lokasi Tersedianya Foto-foto Street View oleh Google



_______

DAFTAR RUJUKAN:

Stafford Marquardt. "Now Anyone can Share Their World with Street View." The Keyword, 3/12/2020, https://blog.google/products/maps/anyone-can-share-their-world-with-street-view/

@Stafford. "Introducing Connected Photos (And More) in the Updated Street View App." Local Guides Connect, 3/12/2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Announcements/Introducing-Connected-Photos-and-more-in-the-updated-Street-View/ba-p/2792943

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply