Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » Feed Rekomendasi Google Maps: Yang Trendy di Kotamu!

 Google memperkenalkan fitur feed rekomendasi pada pemutakhiran Google Maps terbaru. Fitur ini memungkinkan pengguna selalu memperoleh rekomendasi tentang apa-apa yang sedang tren di kota mereka. Merasa takut ketinggalan yang seru-seru? Ah, tidak lagi!

———————





FEED REKOMENDASI GOOGLE MAPS: YANG TRENDY DI KOTAMU!


Penulis: Ario Wicaksono (@iorikun301)

Foto-foto: Google


[MALANG LOCAL GUIDES] Pada Selasa (1/12/2020) Google baru saja mengumumkan pembaruan pada aplikasi Google Maps mereka. Tab Explore di Google Maps kini akan menunjukkan beragam informasi dan rekomendasi tentang hal-hal yang sedang trendy di kota.

Adakah kafe instagramable yang baru dibuka? Restoran paling hits di kota baru saja meluncurkan menu terbaru? Atau apakah Kampung Heritage Kayutangan sudah kembali dibuka untuk umum?

"Feed (pada tab explore Google Maps) akan menunjukkan kepada Anda ulasan, foto, maupun postingan-postingan terbaru yang ditambahkan ke Google Maps oleh 'anak kampung sini' (Local Guides -Red.) dan orang-orang (pengguna Google Maps) yang Anda ikuti, termasuk juga toko-toko makanan dan minuman serta artikel yang berasal dari penerbit-penerbit seperti misalnya The Infatuation," tulis Capella Yee, Manajer Produk-Google Maps, di The Keyword.

Sebagai "anak kampung sini," ada kemungkinan ulasan yang dibagikan oleh Local Guides akan ditampilkan oleh Google di feed rekomendasi hal-hal trendy ini. Namun, tentu saja, tidak sembarang informasi dan rekomendasi akan ditampilkan di sini. Google akan memilih rekomendasi untuk ditampilkan berdasarkan sejumlah pertimbangan, di antaranya seberapa tinggi kualitas fotonya dan seberapa bermanfaat ulasan yang dibagikan.

"Ulasan mestilah ditulis sedeskriptif mungkin dan foto-foto (yang dibagikan) juga mesti memiliki kualitas pencahayaan dan fokus yang baik, serta menunjukkan apa yang sedang diulas dengan jelas," tulis akun @TiffanyBnyc, karyawan Google, di forum komunikasi Local Guides Connect (untuk selanjutnya disebut "Connect").

Kabar mengenai pembaruan feeds rekomendasi hal-hal trendy di aplikasi Google Maps ini direaksi positif oleh Local Guides yang tergabung di Connect. Di antaranya akun @Darius70, Local Guides level 7. Ia menuliskan "Pembaharuan yang sangat bagus. Terima kasih (untuk) tim Google, (pembaruan ini) mempermudah Pemandu Lokal berbagi informasi untuk banyak orang di seluruh dunia."

Tanggapan senada juga disampaikan oleh akun @Jesi, Moderator Connect. "Luar biasa! Gue yakin ini akan membantu kita menemukan tempat-tempat yang menarik di kota kita, juga Local Guides untuk diikuti (di Google Maps)."





MANFAAT UNTUK BISNIS LOKAL

Tak hanya bermanfaat bagi pengguna Google Maps dan Local Guides dalam mengeksplorasi hal-hal yang sedang trendy di kota mereka, feed rekomendasi ini juga memberikan manfaat bagi bisnis lokal (yang sudah terdaftar di Google Maps). 

Selama ini pelaku bisnis lokal menggunakan Profil Bisnis mereka di Google untuk mempublikasikan penawaran dan layanan terkini, seperti misalnya layanan take-out dan pesan-antar, layanan pemesanan daring, serta protokol kesehatan yang diterapkan di tempat usaha/bisnis mereka.

Menurut Capella Yee, selama masa awal pengujian fitur feed rekomendasi ini, didapati bahwa postingan yang dibagikan oleh (akun) bisnis lokal dilihat dua kali lebih banyak jika dibandingkan dengan sebelum feed rekomendasi ini diperkenalkan.

"Sekarang ada lebih banyak orang (pengguna Google Maps) yang bisa mengetahui apabila sebuah bisnis lokal memberikan penawaran layanan baru, penawaran khusus dalam waktu terbatas, atau membuka area tempat duduk luar-ruang," tulisnya.

Feed rekomendasi hal-hal yang sedang trendy di kota ini akan segera tersedia secara global untuk seluruh pengguna Google Maps versi Android maupun iOS dalam minggu ini. Oleh sebab itu segera unduh Google Maps versi terbaru dan jangan lagi ketinggalan informasi dan rekomendasi hal-hal terbaru yang sedang trendy di kota kamu![]





———————

DAFTAR RUJUKAN:

Capella Yee. "A New Way to Discover What's Happening with Google Maps." The Keyword, 1/12/2020, https://blog.google/products/maps/discover-more-with-google-maps-community-feed/

@TiffanyBnyc. "Introducing an Easier Way to See What's New in Your Neighborhood." Local Guides Connect, 1/12/2020, https://www.localguidesconnect.com/t5/Announcements/Introducing-an-easier-way-to-see-what-s-new-in-your-neighborhood/ba-p/2790913

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply