Slider

New Info

Aktifitas Malang Local Guides

Kuliner Malang

Wisata Malang

Aktifitas Malang Local guides

» » » » » » » » Infografis Jam Sibuk Google Maps dan Rencana Kunjungan

 Salah satu fitur di Google Maps yang makin terasa nilai manfaatnya di masa kenormalan baru seperti sekarang ini adalah informasi/grafik jam sibuk dari suatu tempat/lokasi. Infografis ini menampilkan data mulai dari seberapa ramai tempat tersebut pada hari dan jam tertentu hingga rata-rata lamanya waktu yang dihabiskan seorang pengunjung di tempat tersebut. Lalu dari manakah Google memperoleh data ini dan seberapa tinggi tingkat akurasinya? Simak selengkapnya pada tulisan berikut:

_______





INFOGRAFIS JAM SIBUK GOOGLE MAPS DAN RENCANA KUNJUNGAN


Penulis: Ario Wicaksono (@iorikun301)

Foto-foto: Google/Malang Local Guides


[MALANG LOCAL GUIDES] Pada mulanya adalah sebuah problema klasik masyarakat urban: mendekati jam makan siang merasa lapar dan ingin cepat-cepat makan di warteg terdekat namun ketika sampai ternyata warung sedang ramai-ramainya dan sama sekali tidak tersisa tempat untuk duduk dan menyantap siang dengan nyaman. Zonk!

Atau ketika sedang diburu deadline pekerjaan tiba-tiba ingin minum kopi, lalu pergi buru-buru ke konbini dekat kantor untuk membeli sekaleng kopi tidak manis, namun ketika sampai di sana ternyata antrean di kasir mengular sampai ke ujung jalan. Double zonk!

Menurut Matt D'Zmura, Software Engineer-Google Maps, hal-hal semacam inilah yang menjadi pertimbangan utama kala Google memperkenalkan fitur informasi jam sibuk suatu tempat pada aplikasi Google Maps mereka.

"(Sebuah) fitur yang bermanfaat (di Google Maps) untuk membantu (pengguna Google Maps) mengetahui kira-kira seberapa sibuk (ramai) sebuah tempat di hari dan jam tertentu," tulisnya di The Keyword (15/10/2020).




Informasi jam sibuk yang ditampilkan pada laman suatu lokasi/tempat di Google Maps (POI; points of interest) ini berisi antara lain jam favorit, informasi kunjungan langsung, waktu tunggu, dan durasi kunjungan normal.

Grafik jam favorit menunjukkan seberapa sibuk/ramai pengunjung suatu lokasi pada waktu yang berbeda-beda dalam satu hari, yang didasarkan pada jam favorit rata-rata selama beberapa bulan terakhir. Data kunjungan langsung menunjukkan seberapa aktif/ramai suatu lokasi pada saat ini. Data ini diperbarui secara real-time dan ditampilkan pada grafik jam favorit.

Durasi kunjungan menunjukkan jumlah waktu yang biasanya dihabiskan seorang pengunjung di lokasi tersebut. Perkiraan durasi kunjungan didasarkan pada pola kunjungan pelanggan selama beberapa minggu terakhir. Perkiraan waktu tunggu menunjukkan seberapa lama seorang pelanggan mesti menunggu sebelum mereka akhirnya dilayani pada waktu yang berbeda-beda dalam satu hari. Pada lokasi rumah makan, misalnya, perkiraan waktu tunggu ini mencerminkan berapa lama pelanggan mesti menunggu sebelum mendapatkan tempat duduk.

Untuk bisa menampilkan infografis semacam ini, Google menggunakan data gabungan dan anonim dari pengguna Google Maps yang menggunakan fitur Histori Lokasi Google.





PENYESUAIAN DI MASA KENORMALAN BARU

Selama ini algoritma yang digunakan Google mampu mengidentifikasi dengan baik pola jam-jam sibuk dari suatu lokasi. Namun pada masa kenormalan baru seperti sekarang dengan adanya perubahan lansekap bisnis, termasuk kebijakan penjarakan sosial dan perubahan jam operasional (pada tempat/lokasi tertentu), menjadikan data histori yang digunakan di dalam algoritma jam sibuk ini menjadi tidak lagi handal. Oleh sebab itu Google telah melakukan sedikit penyesuaian pada algoritma ini.

Dengan penyesuaian ini, dalam menyusun infografis jam favorit dan informasi kunjungan langsung Google lebih memilih menggunakan data histori yang berasal dari masa empat hingga enam minggu ke kebelakang. Sehingga diharapkan algoritma jam sibuk yang digunakan bisa lebih cepat beradaptasi terhadap perubahan pola jam sibuk/kepadatan pelanggan yang terjadi pada suatu lokasi.

"(Selain itu kami) berencana menerapkan pendekatan serupa untuk fitur-fitur yang lain seperti waktu tunggu. Segera!" tutur Matt D'Zmura.

Untuk infografis jam sibuk ini pengguna Google Maps maupun pengelola akun Google My Business tidak bisa menambahkan data jam sibuk secara manual pada laman lokasi tersebut. Google akan menampilkan informasi ini hanya jika Google telah memiliki data kunjungan yang memadai. Sehingga ada kalanya pada lokasi-lokasi tertentu infografis jam sibuk ini tidak ditampilkan..

Oke, Google. Impressive![]





_______

DAFTAR RUJUKAN:

Matt D'Zmura. "Behind the Scenes: Popular Times and Live Busyness Information." The Keyword, 15/10/2020, https://blog.google/products/maps/maps101-popular-times-and-live-busyness-information/

Google Support. "Popular Times, Wait Times, and Visit Duration." https://support.google.com/business/answer/6263531?hl=en

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply